Mau Modal Rp 2 Miliar ? Siapkan Ide Gebrakan Usaha Terbaik

Diplomat Success Challenge XI (DSC)

Diplomat Success Challenge XI (DSC)

Hadiah Modal Usaha – Kompetisi wirausaha tersbesar di Indonesia atau Diplomat Success Challenge XI (DSC) segera merampungkan tahapan roadshow yang dilakukan sebagai sosialisasi. Seperti diketahui, kompetisi ini menantang masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda untuk berwirausaha dan gerakan #bikingebrakan di tengah pandemi Covid-19.

Ajang yang diinisiasi oleh Wismilak fondation ini telah bergulir sejak Agustus lalu dan akan memasuki tahap berikutnya dengan hadiah hibah modal usaha sebesar Rp 2 miliar. Selain itu juga disertai pendamipingan, serta masuk dalam jaringan wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN)

Sebagai salah satu program dan kompetisi wirausaha terbesar yang telah berlangsung lebih dari 1 dekade penyelenggaraannya, tahapan roadshow DSC XI di tahun 2020 ini berjalan hampir 80% secara virtual untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi dan pembatasan sosial yang berlaku.

Setelah tahapan roadshow selesai, para peserta akan melewati tahap seleksi hingga menjadi finalis yang berkesempatan mendapatkan hibah modal usaha Rp 2 miliar rupiah.

BACA JUGA : Monitor Portabel Pintar Buat Profesional, Gamers, dan Penikmat Hiburan

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra menyatakan, “Tahapan roadshow memang selalu kami gelar sebagai langkah aktif sosialisasi DSC XI. Tidak sekadar jemput bola menjaring peserta dari berbagai daerah, tapi juga memberikan edukasi untuk memperkuat kultur kewirausahaan di Indonesia.”

meski format roadshow dilakukan secara pertama kalinya dalam bentu virtual, tapi Edric mengatakan bila jangkauan DSC XI lebih luas kebanyak daerah dalam durasi yang hanya 2 bulan. Tercatat ada 30 kota bersama 20 local partner, 23 incubator dan 46 kampus.

Tahapan roadshow yang telah berlangsung sejak peluncuran DSC XI pada Agustus 2020, saat ini mendapat antusiasme tinggi dari para calon peserta, dan akan dilaksanakan hingga 19 Oktober 2020 nanti. Materi-materi dengan tema seputar literasi dan pengembangan wirausaha yang disajikan melalui format livestreaming dan webinar juga mendapatkan atensi yang luar biasa dari masyarakat.

Hingga saat ini, total yang telah mengirimkan ide bisnis mengikuti DSC XI telah mencapai 6.045 proposal, dan jumlah ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga batas akhir pendaftaran di tanggal 19 Oktober 2020 nanti.

Pada tahapan roadshow, DSC XI bekerja sama dengan 20 local partner, 23 incubator dan 46 kampus di 30 kota, antara lain; Batam, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, Blitar, Tulungagung, Jepara, Salatiga, Kediri, Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Yogyakarta, Solo, Ngawi, Surabaya, Malang, Denpasar, Pontianak, Manado, Banjarmasin, Makassar, Samarinda. Kerja sama ini diharapkan mendukung sosialisasi mengenai kompetisi dan program DSC XI secara keseluruhan.

Selain dengan kampus dan inkubator, DSC XI juga berkolaborasi dengan MarkPlus Institute untuk menggelar sesi seminar virtual (webinar) dengan menghadirkan pembicara dari kalangan pendiri atau CEO Startup terkemuka di Indonesia. Seri webinar ini membahas seluk beluk merintis dan membangun bisnis, mulai dari membuat model bisnis, mendapatkan mentor yang sesuai, memasarkan produk atau bisnis, hingga strategi mendapatkan permodalan dari investor.

Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan seputar wirausaha, para pembicara yang terlibat juga membagikan pengalamannya bertahan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang dapat membangkitkan motivasi serta menjadi inspirasi bagi para wirausahawan untuk jangan takut berbisnis atau memulai bisnis.

Submit Ide #BikinGebrakan

Buat yang masih ingin ikutan, jangan khawatir karena pendaftaran DSC XI masih terbuka lebar bagi wirausahawan, baik yang baru memiliki ide bisnis yang masih berupa konsep, ataupun bagi bisnis yang sudah berjalan. Pendaftaran program DSC XI pada tahun 2020 ini telah dimulai sejak 19 Agustus 2020 dan batas pendaftaran ide bisnis akan berakhir di tanggal 19 Oktober 2020.

BACA JUGA : Mudahkan Bisnis UMKM, Instagram Rilis Fitur Shopping

Para calon peserta dapat langsung mendaftar di situs diplomatsukses.com, registrasi dan login untuk menjadi user, dan selanjutnya bisa langsung mendaftarkan ide bisnis dengan mudah lewat format proposal yang telah disediakan.

Setelah tahapan roadshow, gelaran DSC XI akan berlanjut ke tahap 1.000 Terbaik di mana 1.000 proposal yang terpilih akan melalukan presentasi singkat mengenai ide bisnisnya melalui vlog pitch. Dilanjutkan dengan proses Audisi Nasional di mana 150 proposal terbaik dari sesi vlog picth akan kembali diseleksi.

Dari 150 tersebut, akan terpilih 25 finalis yang akan mengikuti tahapan inkubasi dan mengikuti market challenge selama 10 hari. Terakhir tahapan presentasi final dengan melakukan pitching proposal bisnis di depan para dewan komisioner untuk memenangkan total hibah modal usaha Rp 2 miliar.

Exit mobile version