9 Model Baju Batik Wanita untuk Segala Suasana

Model baju batik

Selama ini, baju batik cukup identik dengan kondangan maupun acara formal. Padahal, kain unik khas Indonesia ini cocok juga digunakan di berbagai suasana, lho. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak model baju batik yang kekinian dan terkesan keren serta cukup fleksibel untuk berbagai keperluan.

Batik merupakan sebuah kain yang ditulis dengan cairan lilin malam menggunakan alat bernama canting, hingga membentuk lukisan indah yang bernilai tinggi. Kementerian Perindustrian menjelaskan bahwa corak ragam batik mengandung banyak makna dan filosofi yang digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang di Indonesia. Bahkan, di tahun 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Menggunakan batik dalam berbagai keperluan menjadi salah satu cara publik menunjukkan rasa memiliki akan hasil budaya bangsa. Berikut beberapa referensi model baju batik wanita yang dapat dicoba untuk menghadiri berbagai suasana.

Model Batik Wanita untuk Berbagai Suasana

1. Kimono

Sumber: Tokopedia/Batik Universal

Baju batik dengan potongan kimono cocok digunakan oleh wanita di berbagai kesempatan. Umumnya, model baju batik kimono ini berbentuk outer yang simpel dan fashionable, ada yang panjang ada juga yang pendek. Baju ini juga cocok untuk digunakan oleh wanita berhijab, lho.

Motif dari kimono sendiri bermacam-macam, mulai dari motif tradisional hingga modern. Biasanya, jenis baju kimono ini kadang memiliki lengan tiga per empat yang lebar sehingga tidak akan mengganggu saat bergerak. Tetapi ada juga yang berlengan panjang. Padukan outer kimono dengan belt, kalung, dan aksesori lain agar lebih cantik.

Baca juga: Selain Deterjen, Ini 5 Cara Bikin Baju Harum Seharian

2. Blouse

Sumber: Tokopedia/Nayara.official

Blouse adalah salah satu model baju batik yang timeless. Tidak hanya nyaman untuk bekerja, batik dengan potongan blouse ini juga fleksibel untuk berbagai suasana dan acara.

Potongan blouse biasanya memang sederhana dan biasa saja. Namun, dengan pemilihan motif batik dan cara mix and match yang tepat, dapat membuat blouse menjadi lebih berkelas. Terlebih lagi, jika ada modifikasi tertentu, seperti misalnya kerah shanghai dan zipper di bagian depan baju, yang bisa menambah kecantikannya dan menjadi unik dari yang lain.

3. Asimetris

Sumber: Tokopedia/repose27

Model baju batik asimetris juga bisa dipilih untuk dikenakan di berbagai suasana. Umumnya berpotongan unik, yang tidak sama kiri dan kanan. Misalnya saja seperti panjang baju yang tidak sama pada sisinya.

Jenis ini banyak digandrungi oleh wanita dari berbagai kalangan. Potongannya yang unik membuat baju batik yang dikenakan tidak membosankan. Potongan asimetris pada bagian kanan dan kiri menambah estetika dari baju batik ini.

4. Baju Batik Model Balon

Sumber: Tokopedia/batikdomas

Baju batik dengan style lengan balon belakangan cukup populer di kalangan kawula muda. Pasalnya, model ini dipercaya dapat memberikan kesan feminin pada pakaian batik yang dikenakan.

Model balon merupakan gaya fashion yang dibuat lebar dan meruncing di bagian bawah lengan. Sementara itu, di bagian pinggang terdapat tali maupun belt yang membuat pakaian style balon menjadi tampak manis dan rapi.

5. Model baju batik modifikasi

Sumber: Tokopedia/EnC Collection

Batik modern dengan modifikasi pada bagian dada dan lengan juga cocok untuk digunakan wanita di berbagai kesempatan, lho. Model baju batik yang satu ini tidak jauh berbeda dengan baju batik formal lainnya.

Modifikasinya bisa dalam bentuk penggunaan lengan rempel atau kerah shanghai untuk menambah kesan anggun pada baju batik yang dipakai.

6. Rompi Batik

Sumber: Tokopedia/amirashopp

Jika bosan menggunakan pakaian dengan full batik, coba kombinasikan kemeja polos dengan rompi bermotif batik.

Model baju batik jenis ini dapat memberikan kesan elegan terhadap outfit yang dikenakan, lho. Kamu juga dapat menambahkan belt atau aksesoris lain untuk mempercantik tampilan. Gunakan celana polos atau rok model tutu untuk menambah estetika penampilanmu.

7. Blouse model kutubaru

Sumber: Tokopedia/toko batik fashion

Lagi-lagi, blouse menjadi salah satu outfit batik yang direkomendasikan untuk dikenakan di berbagai suasana. Cara pemakaiannya yang sederhana dan mudah membuat batik model blouse sering kali digandrungi oleh wanita.

Blouse model kutubaru adalah modifikasi dari model kebaya tradisional. Corak batik yang modern dan dipadukan dengan pants akan menjadikannya lebih fresh. Batik model ini cocok untuk kamu kenakan di acara kantor maupun mendatangi acara lainnya.

Baca juga: Kontribusi Industri Batik bagi Perekonomian Indonesia

8. Model Baju Batik Two Tone

Sumber: Tokopedia/OlenkaCloset

Jika sebelumnya baju yang dikombinasikan adalah model formal dengan aksen sederhana, maka mengenakan batik dengan memadukan dua corak adalah pilihan yang dapat dicoba.

Memadukan  motif batik tradisional dengan kain bermotif bebas ini menjadi pilihan yang menarik. Kombinasi keduanya dapat dibuat menjadi model baju batik blouse two tone dengan lengan kerut.

Aksen kerutan yang terdapat pada lengan dengan tali ini akan tampak cantik saat dikenakan. Dengan demikian, pakaian batik yang kamu kenakan akan terlihat lebih kekinian dan tidak membosankan. So, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

9. Oversized Batik

Sumber: Tokopedia/Domino Store 29

Last but not least, model baju batik wanita yang dapat dikenakan dalam berbagai suasana adalah oversized batik. Baju jenis oversized ini memiliki potongan sederhana yang lebar. Ukurannya yang cukup besar juga cocok digunakan untuk kamu yang sedang hamil.

Oversized batik ini umumnya dilengkapi dengan full button atau kancing di bagian depan, sehingga mudah dan nyaman dikenakan. Padukan baju batik model ini dengan celana runcing bernuansa cerah. Cantik bukan?

Itulah beberapa referensi model baju batik dari Tokopedia yang dapat kamu coba. Jadi, mana yang menjadi favoritmu?

Exit mobile version