Model Kerudung Terbaru Tren 2024 yang Patut Dicermati

Menjelang akhir tahun, tren mode yang diprediksi akan booming di tahun 2024 sudah mulai bermunculan. Sebagai negara Islam terbesar di dunia, Indonesia menjadi ‘kiblat’ fashion busana muslim. Salah satu yang dinanti adalah model kerudung terbaru.

Untuk perempuan muslim, mengenakan kerudung yang tepat baik dari segi warna, bahan dan gaya akan melengkapi penampilan semakin paripurna. Bahkan di acara tertentu, sering mewajibkan dress code kerudung untuk warna tertentu.

Sekarang ini ada beberapa jenis kerudung yang kerap digunakan oleh perempuan muslim Indonesia. Mulai dari kerudung segi empat, pashmina, kerudung instan, khimar, bergo.

Dari segi bahan pun turut menentukan kenyamanan selama penggunaannya. Misalnya bahan viscose premium, kain ini lembut, dingin dan mampu menyerap keringat dengan baik. Mengapa demikian? Karena bahan ini seratnya terbuat dari kombinasi semi sintetis dan kapas alami. Namun sebaliknya, memilih bahan tidak tepat bisa membuat rambut semakin lepek.

Di tahun 2023, warna yang tren adalah hijau sage. Sedikit flashback, warna ini semakin booming ketika Lebaran 1444 H. Sebagian besar umat muslim beramai-ramai mengenakan warna sage ini mulai dari baju koko, dress, kaftan hingga kerudung.

Apakah warna ini akan kembali menjadi tren di tahun 2024? Agar lebih jelas, berikut adalah ulasan model kerudung terbaru untuk tren 2024 yang bisa dijadikan panduan penampilan.

Model Kerudung Terbaru Tren 2024

Model Kerudung Terbaru Tren 2024 yang Patut Dicermati

1. Gaya Clean Hijab

Ini adalah istilah untuk menyebut gaya hijab yang tidak ribet tetapi rapi. Gaya clean hijab ini memang sudah ada sejak lama, tapi mulai ngetren sejak beberapa tahun belakangan ini. Cara menggunakan gaya ini dengan mengenakan kerudung berwarna polosan dan tanpa aksesori apa pun.

Gaya dengan clean hijab cocok untuk berbagai acara mulai dari ke kampus, kerja, pesta, atau santai. Di tahun 2024, gaya ini diprediksi masih akan ngetren.

Baca juga: Tutorial Hijab Pashmina ala Selebriti

2. Warna-Warna Earth Tone

Tahun lalu masih didominasi dengan warna pastel seperti hijau sage, hijau mint, olive, mocca, peach, pink pastel dan masih banyak lainnya. Namun, untuk tahun depan tren warna kerudung tahun 2024 akan didominasi dengan warna earth tone.

Beberapa contoh warna earth tone antara lain cream, maroon, mustard, abu-abu, khaki, cokelat, biru, merah dan lain-lain. Untuk memaksimalkan penampilan, bisa padukan dengan outfit warna earth tone juga. Ini akan menimbulkan kesan hangat dan netral serta memberikan aura semangat.

3. Motif Garis dan Bunga

Tahun 2023, tren busana hingga kerudung adalah warna polos atau plain simpel. Perempuan muslim kerap padu padan busana bagian atas-bawah dan kerudung dengan satu warna maupun warna kombinasi tapi polosan tanpa ada motif.

Berbeda dengan tahun 2024, prediksi tentang motif sudah mulai terlihat saat peragaan busana bergengsi tahunan yakni Jakarta Fashion Week 2024 pada bulan Oktober silam. Rata-rata brand pakaian muslim seperti Ria Miranda, Buttonscarves, Benang Jarum, Kami., naPocut memiliki motif dua motif sama yang muncul pada koleksi yang ditampilkan. Motif tersebut adalah bunga dan garis.

Contohnya Benang Jarum yang membawakan koleksi bertajuk “The Amona Series”. Seperti namanya, koleksi ini menampilkan sebuah kemewahan dan keanggunan. Dari 24 looks, desain yang diusung adalah perpaduan antara motif floral klasik, garis geometri yang berani dan tentu saja monogram yang merupakan ciri khas Benang Jarum.

Makna dari motif bunga dan garis ini akan memberikan sebuah nuansa baru, segar, dan energik dalam menyambut tahun yang penuh harapan.

4. Bahan Kerudung Katun Voal dan Rayon

Di pasaran ada banyak macam bahan kerudung yang dijual. Seperti yang diulas di atas, bahan ini akan memengaruhi kenyamanan dari penggunanya. Untuk tahun depan diprediksi ada dua bahan kerudung yang akan tren lagi yakni katun voal dan rayon.

Bahan kerudung katun voal adalah bahan yang terdiri dari 100% serat katun. Jadi, tekstur dari bahan ini ringan dan lembut. Kendati lembut, tapi tidak licin sehingga mudah untuk dibentuk saat dikenakan. Selain itu, kerudung dengan bahan ini pun nyaman dikenakan untuk beraktivitas karena kepala tidak akan terasa panas.

Selain katun voal, bahan rayon juga diprediksi akan jadi tren. Bahan ini terdiri dari serat alami atau buatan dengan tekstur yang halus dan lembut. Dengan tekstur tersebut, kain ini terasa “dingin” saat dikenakan serta mampu menyerap keringat.

5. Model Kerudung Instan dan Segi Empat

Tahun 2023, ada sejumlah model kerudung instan yang booming. Mulai dari bergo, pashmina hingga segi empat. Di tahun 2024, diprediksi kerudung instan ini pun akan menjadi tren lagi.

Kerudung instan dengan model segi empat masih akan menjadi favorit di kalangan perempuan muslim. Namun, di tahun 2024, akan muncul model instan segi empat dengan aksen tambahan seperti lipatan di bagian dahi hingga aksen bunga. Penempatan aksen ini akan menambah dimensi visual pada kerudung dan terlihat lebih menarik.

Selain kerudung instan, kerudung segi empat yang merupakan everlasting model untuk kerudung masih akan menjadi tren. Tahun 2024, kerudung ini akan hadir dengan aksen rumbai atau fringe di sekitar tepian. Penambahan aksen ini akan membuat tampilan lebih menarik dan bisa digunakan di acara formal maupun non formal.

Baca juga: Tutorial Hijab Segiempat Simpel dan Cantik untuk Sehari-hari

Demikian ulasan model kerudung terbaru yang akan tren di tahun 2024 mulai dari gaya, bahan hingga motif. Ulasan tren di atas bisa dijadikan panduan dalam berbusana nantinya, tapi sebaiknya tetap menyesuaikan dengan kepribadian agar penampilan bisa lebih optimal.

Exit mobile version