Moral COD di Balik Film Pendek Skor Kosong Kosong JNE

Film Pendek Skor Kosong Kosong JNE COD

Belakangan ini mulai marak soal pembayaran Cash on Delivery alias COD, pada sistem transaksi toko online. Keberadaan COD yang seharusnya memudahkan, justru seakan menjadi bumerang lantaran masih minimnya pemahaman konsumen.

Ujung-ujungnya, transaksi COD pun malah menjadi masalah buat kurir yang secara tugas hanya punya kewajiban mengantar barang saja. Contoh kasus seperti ibu-ibu yang memaki kurir COD, bahkan sampai ada yang ditodong pistol lantaran barang yang dibeli konsumen salah.

Lepas dari kasus-kasus viral yang mengundang ragam perhatian masyarakat belakang tersebut, JNE selama Ramadhan kemarin sebenarnya sudah memberikan edukasi soal transaksi COD.

BACA JUGA : Ketentuan COD di Shopee dan Tokopedia, Jangan Sampai Salah

Informasi ini dituangkan JNE dalam film pendek berjudul Skor Kosong Kosong pada episode terakhir. Film tersebut menceritakan seorang kurir JNE yang mengantarkan paket COD kepada konsumen wanita yang ternyata masih belum memiliki kepahaman matang soal konsep bayar ditempat.

Dalam film berdurasi kurang dari 10 menit itu terlihat seorang wanita kurang dalam membayar transaksi dan menawar harga kepada kurir JNE dengan janji akan melunasi saat ada uang. Nampak kurir tersebut kebingungan menjawab konsumennya.

Apalagi konsumen wanita tersebut terus memaksa. Namun kurir JNE tersebut akhirnya menjelaskan soal prosedur COD yang mengharuskan konsumen untuk membayar sesuai tarif yang dibelanjakan dan kekeh menerangkan kesepakatannya.

Tapi balik lagi, konsumen tersebut justru kesal dan tetap meminta hutang dulu kepada kurir. Bahkan setelah dijelaskan lagi, justru konsumen tersebut tambah kesal dan ingin membatalkan pesanan, padahal pada konsep COD tidak bisa berhutang.

BACA JUGA : JNE dan Dewa Selling Hadirkan Kemudahan Pelaku UMKM untuk COD

Sampai akhirnya kakak dari konsumen tersebut datang menghampir adiknya dan membantu menjelaskan konsep COD kepada adiknya sehingga membuat kurir JNE akhirnya berhasil mengantarkan paket kepada konsumen.

Agar lebih klimaks dan paham, bisa langsung ditonton juga videonya dalam tayangan kanal Youtube JNE. Terselip beberapa pesan moral menarik lainnya yang ada dalam film singkat JNE tersebut.

 

Exit mobile version