Mudah Dilakukan, Ini 3 Kunci Jaga Performa Motor

Bengkel motor

 

Sepeda motor sudah menjadi moda transportasi andalan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi bagi yang tinggal di perkotaan, motor sudah dianggap pendukung mobilitas paling tepat.

Namun demikian, tak jarang pemilik motor yang abai dengan perawatannya sehingga membuat performa mesin menjadi loyo. Padahal, kondisi tersebut justru menjadi kerugian tersendiri.

Yamaha memberikan tiga langkah mudah untuk menjaga kondisi motor tetap prima yang tentunya berdampak pada performa makin terjaga, yakni :

Service Rutin

Service motor terkadang kurang mendapat perhatian dari pemiliknya. Salah satunya, pengendara merasa motornya masih dalam kondisi yang baik–baik saja, namun sebenarnya ada komponen-komponen yang bergerak, yang menimbulkan gesekan bahkan menghasilkan panas.

BACA JUGA : Tips Buat Kurir Pengguna Skutik, Begini Cara Bikin CVT Awet

Maka seharusnya motor perlu mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Kondisi yang sering terjadi adalah ketika komponen sudah mengalami keausan atau malfungsi, dan saat itu pengendara baru menyadari dan melakukan perbaikan. Sebenarnya kondisi tersebut bisa dicegah dengan service berkala setiap 2000-3000 km atau 2-3 bulan pemakaian mana yang dicapai terlebih dahulu.

Selain menjaga performa motor tetap baik service berkala juga mencegah biaya perbaikan yang lebih besar karena setiap melakukan servis berkala konsumen otomatis akan mendapatkan 7 standart pemeriksaan (SP7) dan 21 item pengerjaan service berkala

Memperhatikan Kondisi

Motor memiliki banyak komponen yang saling terhubung. Jika salah satu komponennya rusak, maka kerusakan tersebut akan memengaruhi kinerja komponen lainnya.

Sebagai contoh, konsumsi bahan bakar yang boros dan tarikan mesin berat menjadi salah satu efek samping dari menumpuknya kotoran di filter udara. Filter udara berfungsi untuk menyaring berbagai partikel asing dari udara, sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih.

Lakukan penggantian saringan bahan bakar setiap 12.000 Km atau sesuai rekomendasi Teknisfi Yamaha. Serta, kuras tangki bahan bakar setiap 50.000 Km atau sesuai dengan rekomendasi Teknisi Yamaha agar sepeda motor kamu tetap makismal dan irit bahan bakar.

Pilih Oli yang Tepat

Pengguna sepeda motor juga harus rutin melakukan penggantian oli mesin. Pemilihan jenis oli berkualitas dan menyesuaikan dengan tipe motornya pun penting untuk memastikan kinerja mesin selalu prima.

BACA JUGA : 6 Tips Aman Motoran di Musim Hujan

“Jika tiga Langkah tersebut sudah dijalankan dengan baik dan sesuai prosedur, maka sepeda motor anda akan lebih maksimal untuk digunakan,” kata Hasan Service Advisor Yamaha Flagship Shop Jakarta.

 

Exit mobile version