Mudahkan Bisnis UMKM, Instagram Rilis Fitur Shopping

Fitur Shopping UMKM di Instagram

Fitur Shopping UMKM di Instagram

 

Instagram Shopping – Mulai hari ini, Instagram resmi meluncurkan fitur Shopping bagi semua akun bisnis UMKM serta kreator di Indonesia. Prosenya dilakukan secara bertahap guna memaksimalkan strategi pemasaran di Instragram.

Fitur Shopping ini juga sekarang tersedia di IGTV, memberikan opsi lebih banyak bagi pebisnis UMKM dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produknya.

Latara belakang yang membuat Instagram meluncurkan fitur Shopping sendiri lantaran secara global Indonesia menempati posisi kelima besar negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak di media sosial tersebut.

Langkah

Nah, untuk menggunakan fitur Shopping, pelau UMKM atau kreator pertama-tama harus membuat Toko melalui Commerce Manager. Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan guna mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.
2. Pilih Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping
3. Ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan. Oleh karena itu, proses peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama.
4. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.

Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Fitur Shopping Instagram

BACA JUGA : Cara Facebook Bantu UMKM Bersama Kemendag

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan.
2. Pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, besar kemungkinan akun tersebut masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.
3. Pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis.
4. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam postingan-postingan mereka.

Sejak Juli lalu, Instagram juga telah melakukan uji coba untuk tab Toko (Shop) di halaman navigasi utama Instagram. Dengan tab tersebut, pengguna akan semakin mudah dalam menemukan brand dan bisnis favorit mereka. Instagram akan segera meluncurkan tab Toko ini untuk semua pengguna di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Menggerakan Bisnis

Pieter Lydian, Country Director, Facebook di Indonesia, mengatakan Instagram menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini. Fitur Shopping yang diluncurkan secara bertahap mulai hari ini adalah kelanjutan dari komitmen kami dalam membantu UMKM dan kreator di Indonesia untuk terus ‘naik kelas’ dan meraih sukses, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Kami akan terus berinovasi, menghadirkan produk, pelatihan, dan platform yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna kami di Indonesia untuk menemukan dan berinteraksi dengan teman, keluarga, dan bisnis favorit mereka,” ujar Pieter.

BACA JUGA : Apa Keuntungan Layanan JNE Online Booking?

Fitur Shopping IGTV

Sementara itu, Yasa Singgih, Founder dan CEO Men’s Republic, mengatakan sejak awal, Instagram telah menjadi bagian penting dari perjalanan bisnis Men’s Republic. Sebagai platform global, Instagram membuka peluang bagi bisnis kami untuk dikenal oleh masyarakat luas, bahkan hingga ke mancanegara hanya dalam kurun waktu dua tahun sejak bisnis kami berdiri.

“Kami turut menyambut baik kehadiran fitur Shopping untuk semua bisnis di Indonesia. Bagi kami fitur Shopping sangat membantu dalam mempercepat proses penjualan produk dengan lebih tersistematis berkat integrasi langsung antara Instagram sebagai platform di mana calon pembeli dapat menemukan bisnis kami” katanya.

Kegiatan jual-beli memang telah menjadi salah satu aktivitas penting bagi pengguna di Instagram. Data internal Instagram (2019) menunjukkan bahwa 90% pengguna mengikuti setidaknya satu akun bisnis di Instagram.

Pengguna menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi dan mengeksplor minat mereka terhadap sebuah produk dari akun bisnis, dan bahkan dari akun figur publik atau kreator favorit mereka. Postingan konten kreator dapat mendorong pengguna untuk menghubungi, bahkan berbelanja produk dari bisnis-bisnis yang ditampilkan dalam postingan para kreator.

Exit mobile version