Mudahkan Difabel Belanja Online, Tokopedia Sediakan Fitur Voice Over

Tren penjualan batik di Tokopedia

Tren penjualan batik di Tokopedia

 

Memudahkan konsumen dengan kebutuhan khusus, yakni tuna netra, dalam memenuhi kebutuhan berbalanja online dengan gampang tanpa ribet, Tokopedia resmi meluncurkan fitur baru yakni voice over.

Dengan adanya layanan tersebut, pada penyandang difabel tak lagi direpotkan saat akan melaukan transaksi online. Engineering Manager Tokopedia Ferico Samuel mengatakan, keberadaan voice over diharapkan bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk kaum difabel dalam memenuhi kebutuhannya.

“Khususnya kepada difabel, akses digital dalam beragam kebutuhan menjadi lebih mudah. Apalagi, selama pandemi Covid-19, mobilitas masyarakat ke luar rumah menjadi berkurang dan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, difabel pun banyak mengandalkan layanan digital,” kata Ferico.

BACA JUGA : Cara Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

Ide untuk meluncurkan fitur voice over sendiri dijelaskan sudah ada pada Februari 2021. Dimana awalanya Ferico menemukan ada banyak keluhan yang ditemukan para difel untuk mengakses layanan di Tokopedia saat akan melakukan transaksi atau belanja.

Berangkat dari hal tersebut, Tokopedia mencoba untuk melakukan inovasi-inovasi sampai pada akhirnya mencoba fitur voice over ke dalam platform e-commercenya yang sekaran sudah bisa dimanfaatkan.

Menurut Ferico, dengan adanya fitur tersebut pengguna akan mendapatkan informasi berupa suara dari perangkat yang mendeskripsikan konten-konten di aplikasi Tokopedia. Misal seperti masuk ke aplikasi, fitur voice over akan memberi tahukan melalui suara menu yang ada.

“Kemudian saat pengguna ingin berbelanja, fitur tersebut akan memberikan informasi detail seperti deskripsi produk dan harganya,” katanya.

Nantinya, Tokopedia akan kembali memberikan inovasi dengan mengembangkan lebih banyak lagi fitur dan fasilitas yang dapat memudahkan difabel dalam mengakses platform. Contoh seperti fitur pemindai gambar.

Menurut dia, sudah banyak disabilitas netra yang menggunakan aplikasi voice over tersendiri di gadget mereka. Namun dengan fitur tersebut, difabel akan semakin jelas mendapatkan informasi tentang barang yang akan dibeli.

BACA JUGA : Seller Mau Penjualan Naik? Cobain Aja Fitur Keanggotaan Tokopedia

“Dulu sebelum dioptimatisasi, melalui voice over, disabilitas netra hanya akan mendengar ‘tombol bisa ditekan. Buka kurung. 5 tutup kurung’. Dengan fitur ini, voice over akan berbunyi ‘rating barang 5. Ada 400 komentar dari seribu pembeli’. Informasi yang lebih jelas itu akan membuat teman tuna netra lebih nyaman dan mudah dimengerti,” ujar Ferico.

Saat ini, fitur voice over sendiri sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android. Langkah tersebut dikejar untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Exit mobile version