Mudahkan Pengunjung MotoGP Mandalika, Kemenkop Terbitkan Katalog UMKM

 

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) resmi menghadirkan katalog produk-produk UMKM yang akan meramaikan ajang MotoGP Mandalika pekan depan di Nusa Tenggara Barat.

Adapun katalog tersebut berisi informasi tentang jenis, harga produk, kontak, media sosial juga marketplace dari UMKM unggulan. Penerbitan tersebut jadi upaya untuk mempermudah dan mengenalkan produk-produk UMKM dari berbagai stakeholder yang membina.

Penmbuatan katalgo sendiri hasil kolaborasi KemenkopUKM dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia (BI), Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, serta stakeholder lainnya.

BACA JUGA : Tak Hanya MotoGP, Lenovo Juga Bakal Ramaikan Balap F1

“Katalog tersebut terbagi menjadi dua, pertama Katalog Produk UKM Unggulan yang terdiri dari kategori automotive, merchandise dan souvenir, serta healthy product. Kedua ialah Katalog Festival Kuliner Mandalika yang menampilkan produk UKM unggulan kategori food and beverages,” kata Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman.

Sirkuit Mandalika MotoGP

Hanung mengatakan, katalog juga sudah dilengkapi QR CODE yang akan mempermudah pengunjung MotoGP Mandalika mendapatkan informasi berbagai produk UMKM yang difasilitasi beberapa kementerian/lembaga dan stakeholder lainnya.

QR CODE disediakan dalam bentuk standing banner dan stiker di beberapa lokasi, diantaranya Pelabuhan Bangsal, Eks Bandara Selaparang, Taman Sangkareang, Islamic Center, Pelabuhan Gili mas, Bandara BIZAM, Eks BLK Internasional, RS mandalika, Parkir Timur, Parkir Barat, Kuta Beach Mandalika, Pasar Senggigi, STIP – BRIDA, serta lokasi dalam sirkuit.

“Jumlah UKM yang difasiltasi oleh KemenKopUKM, Kemenparekraf, BI dan Pemda NTB mencapai 1.256 UKM dengan rincian, KemenKopUKM menyiapkan 70 UKM non kuliner yang terdiri dari kategori automotive sebanyak 27 UKM, kategori merchandise dan suvenir sebanyak 38 UKM dan kategori healthy product sebanyak 5 UKM. Sementara itu UKM Food and Beverages dari KemenKopUKM akan ada sebanyak 45 UKM,” ucapnya.

BACA JUGA : Pertamina Kurasi UMKM Lokal yang Bakal Menempati Booth di MotoGP Mandalika

Sementara dari Kemenparekraf, menutur Hanung, menyiapkan 300 UKM dalam bentuk planogram yang berada di Bandara BIZAM serta 10 food truck di Beach Park Mandalika.

Bank Indonesia juga menyiapkan 83 UMKM di area dalam sirkuit Mandalika, serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB bersama Grab sekitar 45 UKM kuliner.

Exit mobile version