TV Digital Wajib Untuk 14 Wilayah Ini Mulai 5 Oktober

rekomendasi TV murah untuk menangkap siaran TV Digital

Rencana pengentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) ke TV Digital terus bergulir. Seperti diketahui, sebelum Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) akan mematikan siaran TV analog dalam tiga tahap.

Ketiga tahapan tersebut yakni mulai 30 April 2022, 25 Agustus 2022, dan yang terakhir pada 2 November 2022. Namun kabarnya tahapan tersebut sudah tergantikan menggunakan pemusatan daerah-daerah yang sudah siap bermigrasi dari analog ke TV digital.

Rencananya, dari informasi terbaru, Kominfo mengumumkan bila penghentian siaran TV analog akan dilakansana pada 14 wilayah yang ada di Jabodetabek mulai 5 Oktober 2022.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (PP Postelsiar), pada Pasal 72 angka 8 menyatakan bahwa migrasi penyiaran teresterial teknologi analog ke digital atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO) harus diselesaikan paling lambat dua tahun sejak diundangkan. Dengan begitu, maka migrasi TV analog ke TV digital itu paling lambat terjadi pada 2 November 2022.

Sebelum itu, Kominfo tengah mempersiapkan, salah satunya dengan membuka seleksi penyelenggara multipleksing siaran TV digital teresterial.

BACA JUGA : Ini Jadwal dan Daftar Wilayah Migrasi TV Analog ke TV Digital Tahap 1

Untuk daftarnya sendiri sebagai berikut ;

1. Kota Administrasi Jakarta Pusat
2. Kota Administrasi Jakarta Utara
3. Kota Administrasi Jakarta Barat
4. Kota Administrasi Jakarta Selatan
5. Kota Administrasi Jakarta Timur
6. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
7. Kabupaten Bekasi
8. Kabupaten Bogor
9. Kota Bekasi
10. Kota Bogor
11. Kota Depok
12. Kabupaten Tangerang
13. Kota Tangerang
14 Kota Tangerang Selatan

Menurut Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti, Jabodetabek dinilai siap melaksanakan ASO karena memenuhi beberapa hal.

“Pertama, di wilayah tersebut terdapat siaran TV analog yang akan dihentikan siarannya,” ujarnya.

BACA JUGA : Setelah Harga Naik Pertalite Dibilang Lebih Boros, Benarkah Demikian?

Selain itu, Jabodetabek telah beroperasi siaran TV digital pada cakupan siaran analog sebagai penggantinya. Terakhir, pemerintah telah membagikan bantuan Set Top Box (STB) kepada rumah tangga miskin di 14 daerah tersebut.

Exit mobile version