Mumpung Libur, Singkirkan Bau Tak Sedap pada Freezer

Bersihkan kulkas

 

Freezer pada lemari es kerap digunakan untuk menyimpan makanan mentah agar lebih tahan lama, seperti daging, ikan, atau frozen food, dan lainnya.

Namun dibalik kebiasaan tersebut, tanpa disadari lama-kelamaan bisa membuat ruang freezer menjadi kotor dan menimbulkan bau yang tak sedap. Karena itu, baiknya dilakukan pembersihan.

Selain aroma yang tak sedap, bila dibiarkan dalam jangka wakty yang lama berisiko membuat makanan yang ada di dalamnya juga nampak tidak sehat untuk diolah.

BACA JUGA : 5 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Bikin Wajah Glowing

Nah, bagi yang ingin membersihkan freezer, hari minggu atau saat libur menjadi waktu yang tepat. Tapi tak bisa asal, karena ada beberapa langkah-langkahnya, yakni ;

1. Kosongkan freezer

Pertama, pastikan freezer dalam kondisi kosong. Untuk pemilik wajib mengeluarkan semua simpanan makanan yang ada di dalam agar bisa dialokasikan ke wadah lain sebagai sarana sementara.

2. Buang yang tak layak

Bila ditemui ada makanan atau minuman yang sudah rusak atau tak layak konsumsi di dalam freezer, baiknya jangan diperhatankan. Bisa jadi sumber masalah atau bau yang tak sedap dikarenakan hal itu, bahkan bisa ikut merusak makanan lainnya.

BACA JUGA : Samsung Luncurkan Kulkas Bespoke French Door Pertama

3. Hilangkan freezer burn

Biasanya pada sejumlah makanan akan terdapat freezer burn atau kristal es yang menempel. Bersikan dengan air, dan pastikan makanan tertutup dengan rapat karena biasanya hal ini terjadi akibat bungkusan yang tidak benar.

4. Bersihkan bagian dalam

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat pasta dari air hangan dan soda kue. Setelah itu, gunakan untuk menggosok bagian dalam freezer dengan lembut. Bila bau masih ada, gunakan bubuk kopi dengan diletakan pada sebuah mangkuk, tutup, dan diamkan sementara.

Exit mobile version