10 Tempat Terbaik untuk Museum Date Romantis di Jakarta, dari Seni hingga Sejarah

JNEWS – Museum date dapat menjadi perekat hubungan sepasang manusia. Museum zaman sekarang tidak selalu berisi kapak batu dan tulang, melainkan sudah beragam dari benda seni hingga kontemporer.

Kencan di museum ini dapat disesuaikan dengan minat pasangan. Namun beberapa museum hanya buka pada jam kerja sehingga harus riset dulu sebelum merayu si dia untuk menjelajahi museum.

10 Tempat Terbaik untuk Museum Date

Museum date bukan sekadar agar terlihat intelek di hadapan pacar. Jika pemilihannya tepat, museum yang berisi benda-benda atau karya-karya berharga dapat memberikan suasana yang tenang, damai, dan intim. Sedangkan museum modern yang berisi karya kontemporer akan menghadirkan koleksi yang bisa membuat terperangah berdua. Memori tersebut akan bertahan lama.

Untuk yang berada di Jakarta, berikut adalah 10 tempat terbaik untuk museum date.

1. Museum MACAN

Museum MACAN bukan memamerkan beraneka jenis macan.  MACAN adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Belakangan museum ini banyak direkomendasikan pencinta seni dari kalangan orang muda karena menerapkan konsep modern dan ramah difabel.

Dikutip dari laman Museum MACAN, ruang-ruang di museum ini diutamakan untuk pendidikan dan konservasi. Museum MACAN menyelenggarakan pameran seni kontemporer oleh perupa dari seluruh dunia.

2. MoJAMuseum

MoJA atau Museum of Jakarta juga banyak direkomendasikan oleh kawula muda karena unik, pop, dan playful. Museum ini menyajikan seni dalam bentuk interaktif dan dilengkapi dengan spot foto. Asiknya, pengunjung bebas membawa kamera sendiri asal tidak membawa tripod dan peralatan lighting agar tidak mengganggu pengunjung lain.

Baca juga: MoJA Museum: Museum Bergaya Kekinian di Jakarta yang Digandrungi Kawula Muda

3. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia atau GNI adalah museum seni rupa modern dan kontemporer yang dikurasi dengan serius di bawah naungan Kemdikbudristek. Hasil karya para maestro Indonesia dan manca negara bisa ditemui di GNI.

Uniknya, gedung museum ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang megah sehingga nyaman untuk berjalan pelan-pelan sambil menyelami makna di balik karya seni. GNI juga aktif mengadakan pameran temporer.

4. Museum Nasional

Museum Nasional masih tutup sementara sejak tertimpa musibah kebakaran. Dari akun Instagram @museumnasionalindonesia diketahui bahwa setidaknya penutupan dilakukan sampai akhir tahun 2023 dengan harapan tahun 2024 sudah dibuka kembali.

Museum Nasional adalah museum terbesar di Indonesia sehingga tidak boleh dilewatkan untuk museum date jika sudah buka nanti.

Baca juga: Museum Nasional Indonesia: Sejarah, Profil, dan Panduan Wisatanya

5. Museum Mandiri

Museum Mandiri berisi peralatan perbankan bersejarah milik Bank Mandiri. Museum ini luas dan adem sehingga nyaman untuk berjalan-jalan berdua sambil membayangkan masa depan menjadi bankir kenamaan. Di sini juga ada kafe dengan harga terjangkau sehingga museum date di sini tetap ada acara traktiran.

6. Magic Art 3D Museum

Museum ini ada di kawasan Kota Tua, yang juga terdapat beberapa museum terkenal lainnya. Museum ini menyajikan karya tiga dimensi yang dibagi menjadi 17 zona dan beberapa spot foto. Ada pula beberapa ruang tambahan yang seru, antara lain ruang laser, labirin rumah kaca, ruang ilusi dan sebagainya.

7. Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta adalah nama resmi Museum Fatahillah. Museum Fatahillah berisi benda-benda peninggalan masyarakat Belanda yang pernah tinggal di Batavia, sejarah perkembangan Batavia, serta peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan Padjajaran. Yang perlu diperhatikan adalah museum ini selalu ramai pengunjung di akhir pekan, baik perorangan maupun rombongan.

8. Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih di kawasan Kota Tua, koleksi di museum ini tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan luas dan megahnya bangunan. Namun di sini ada kegiatan menarik, yaitu membuat pottery. Pengunjung dapat membeli paket belajar pottery seharga Rp50.000. Jika ingin komplet hingga dibakar, maka harus menambah Rp75.000.  Ini bisa untuk reka adegan film Ghost.

9. Museum Bank Indonesia

Satu lagi museum yang ada di kawasan Kota Tua adalah MuBI. Di sini pengunjung dapat melihat sejarah uang dan BI sendiri. Di ruang pamer juga diperlihatkan replika emas batangan besar-besar. Jangan lupa berdoa agar kelak setelah hubungan sah bisa punya uang dan emas batangan yang banyak. Ruang pamer MuBI tertata rapi dan sangat nyaman untuk pengunjung.

10. Art: 1 New Museum

Museum ini dilengkapi dengan ruang pamer, institusi seni dan kafe. Koleksi yang dimiliki adalah karya seniman modern kontemporer. Suasana seni sangat terasa sejak dari luar bangunan dengan berbagai seni instalasi. Pengunjung akan betah berlama-lama melihat setiap koleksi. Karena ada kafe, maka museum date di sini tidak akan kelaparan.

Itulah daftar museum terbaik untuk mengadakan kencan. Museum date merupakan alternatif yang menyenangkan untuk menambah bahan pembicaraan agar hubungan tetap hangat dan tidak membosankan.

Exit mobile version