135 Ide dan Tip Memilih Nama Instagram yang Bagus untuk Bisnis Kecil

JNEWS – Nama Instagram yang bagus sangat penting untuk bisnis kecil. Nama dapat membuat sebuah usaha makin besar karena mudah diingat atau mudah dicari. Instagram menerapkan algoritma tertentu sehingga bisnis yang masih kecil harus mempertimbangkan banyak aspek dalam pemilihan nama.

Dikutip dari laman UMKM, pemilihan nama bisnis di Instagram harus memperhatikan tujuan pembuatan akun, apakah untuk branding atau untuk berjualan. Selain itu pemilik usaha harus memeriksa legalitas, melakukan riset kata kunci, dan memeriksa kemungkinan adanya konotasi negatif.

Di bawah ini adalah nama-nama Instagram yang bagus berdasarkan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih nama tersebut.

Panduan Memilih Nama Instagram yang Menarik dan Mudah Diingat

Cara Menemukan Font Tersembunyi di Instagram

Dalam Instagram. terdapat nama profil dan username yang saling terkait. Nama profil merujuk ke merek aslinya, yang digunakan para pencari akun tersebut sebagai bentuk konfirmasi. Sedangkan username lebih bermanfaat untuk pencarian.

Nama profil dan username boleh berbeda tetapi tetap harus mengandung unsur nama mereknya, sehingga tidak dianjurkan untuk benar-benar berbeda karena akan membingungkan konsumen. Berikut adalah langkah-langkah membuat nama Instagram yang bagus dan mudah diingat.

  1. Umumnya, merek yang memiliki rasa percaya tinggi atau benar-benar unik menggunakan nama brand sebagai nama profil dan username tanpa perlu memberi embel-embel lainnya terkait dengan jenis usaha yang dijalani.
  2. Nama-nama Instagram yang tujuan utamanya adalah untuk berjualan langsung atau mempromosikan suatu kegiatan harus dikaitkan dengan jenis usaha atau kegiatannya agar memberikan hasil yang maksimal. Misalnya: Gamis Murah Solihah atau Oleh-Oleh Jogja Piknik.
  3. Jika nama Instagram yang diincar sudah ada yang sama atau mirip, bisa menambahkan jenis produk atau bisnis untuk membedakannya.
  4. Hubungan nama dan jenis produk atau kegiatan harus diperjelas agar orang dapat dengan mudah menemukannya di mesin pencarian tanpa menyebut nama brand tertentu.
  5. Gunakan nama yang singkat dan mudah diingat, terutama jika menggunakan bahasa asing. Misalnya, CFC atau Hokben.
  6. Pada produk daerah dapat menggunakan nama-nama yang terdengar akrab. Misalnya: Jadah Mbak Anik atau Soto Bu Pujo.
  7. Periksa konotasi nama yang sudah dipilih. Kadang nama tersebut terlihat bagus, tetapi ternyata di daerah tertentu artinya kurang menyenangkan.

Baca juga: Pentingnya Username Instagram yang Sesuai dengan Branding Bisnis Kecil

Nama Profil Instagram dengan Branding yang Kuat

Merek-merek yang sangat kuat di dunia didominasi oleh nama-nama yang singkat dan mudah diingat. Nama tersebut tidak harus berhubungan dengan jenis usaha yang dijalankan, tetapi selalu ada filosofi mendalam di balik nama tersebut.

Berikut adalah nama profil merek-merek yang kuat, yang dapat dijadikan sumber ide untuk membuat nama Instagram yang bagus.

1. Nama Instagram Produk Teknologi

Berikut adalah 21 nama Instagram yang hanya menggunakan merek di industri otomotif, elektronika, perbankan atau komunikasi:

Apple, Canva, CNN, Facebook, Google, Honda, IKEA, Indomie, Instagram, Krisbow Indonesia, Maspion, MITOCHIBA, POLYTRON, Rinso Indonesia, Samsung, Spotify, Tesla, Tiktok, Toyota, Twitter, XL.

2. Produk Makanan dan Minuman

Berikut adalah 14 nama Instagram yang bagus dan hanya menggunakan merek pada produk makanan dan minuman:

Beng-Beng, CFC Indonesia, Cheetos Indonesia, Dua Kelinci, Greenfields ID, Hokben, Kapal Api, Kiranti, Kopiko, MIXUE INDONESIA, Nabati Indonesia, Nextar, SilverQueen Indonesia, Sour Sally.

3. Produk Perawatan Tubuh

Berikut adalah 10 nama Instagram yang bagus dan hanya menggunakan merek pada produk perawatan tubuh:

AZARINE, GOBAN, Mineral Botanica official, Mustikaratuid, PIXY Indonesia, Sari Ayu Martha Tilaar, Purbasari Indonesia, Sido Muncul, SOMETHINC, Tolak Angin Official,

4. Produk Fashion

Berikut adalah 18 nama Instagram yang bagus dan hanya menggunakan merek pada pakaian dan aksesoris:

3SECOND, ASICS, Buccheri Indonesia, COTTONINK, Dagadu Djogja, EXECUTIVE, Legue Indonesia, Mules, Nevada Indonesia, Pithecanthropus Bali, Sejauh Mata Memandang, Skaters, Specs Indonesia, SukkhaCitta, Terry Palmer, Ventela, WADEZIG!, Wakai Indonesia.

Nama Username Instagram Sesuai Jenis Usaha atau Kegiatan

Banyak brand besar yang masih merasa perlu menggunakan username yang terhubung dengan jenis usahanya agar selalu tertangkap algoritma Instagram. Selain itu, ada kebutuhan untuk membuka akun lain sebagai cabang usaha mereka.

Umumnya masyarakat yang tidak memiliki preferensi terhadap suatu merek akan melakukan pencarian berdasarkan jenis usaha atau produk. Cara ini sangat efektif bagi usaha-usaha baru atau UMKM.

Berikut adalah beberapa username yang dapat dijadikan sumber ide untuk membuat username sendiri yang lebih bagus.

1. Username Produk Teknologi

Berikut adalah 20 username di industri otomotif, elektronika, perbankan atau komunikasi:

@applemusic, @bca_sekuritas, @blubybcadigital, @djarumbeasiswaplus, @facebookmarketplace, @facebookgaming, @gojekpromo, @goodlifebca, @grabfoodid, @honda.community, @hondaisme, @id.photobook, @instagramforbussiness, @miyakoindonesia, @pbdjarumofficial, @philipslightingid, @polygonbikesid, @qwordsdotcom, @samsungmobile, @sharpcookingclub.

2. Produk Makanan dan Minuman

Berikut adalah 27 username di bidang makanan dan minuman:

@bakpiajuwarasatoe, @bakpiaku, @bakpiakurniasari.official, @bakpiatugujogja, @campinaicecream, @dkriukchicken, @esteh.indonesia, @estehpoci, @estehnyanusantara, @excelsocoffee, @fore.coffee, @gudegyudjum, @indofood.icecream, @indomie_nigeria, @jamu_iboe, @kecap_indofood, @kecapabc.id, @kopijanjijiwa, @kopikenangan.id, @kopimantapabc, @olivefriedchicken.kak, @rocketchickenofficial, @roma.biskuitkelapa, @sambal_abc, @sariroti_rotinyaindonesia, @tehbotolsosroid, @tehcelupsosro.

3. Produk Perawatan Tubuh

Berikut adalah 12 username di bidang perawatan tubuh:

@avoskinbeauty, @azarinecosmeticsofficial, @blpbeauty, @erha.dermatology, @erha_acneact, @imploracosmetics, @moz5salon, @natashaskincare, @purbasarimakeupid, @scarlett_whitening, @skintific, @wardahbeauty.

4. Produk Fashion

Berikut adalah 13 username di bidang pakaian dan aksesori:

@alleira_batik, @ardilesportwear, @ardilesrunning, @batikkerisonline, @btbatiktrusmi, @eagleshoes, @eigeradventure, @hijabchic, @lea_jeans, @logojeans, @riantybatik, @swallowfoodware, @sandalswallowid.

Baca juga: Tips Membuat Desain Feed Instagram yang Menarik Calon Pembeli untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

Panduan langkah demi langkah untuk memilih nama Instagram yang bagus dan mudah diingat untuk bisnis kecil atau UKM yang disertai 135 sumber ide di atas dapat menjadi inspirasi untuk membuat nama akun sendiri. Dari contoh-contoh di atas dapat dilihat pola-pola merek yang sudah sukses untuk disesuaikan dengan bisnis yang sedang dibangun.

Exit mobile version