Nasi Kandar: dari Penang hingga Populer di Indonesia

JNEWS – Kalau di Indonesia ada nasi Padang, dari Penang ada nasi kandar. Hidangan khas, yang baru-baru ini mulai populer di Indonesia, merupakan sejenis kuliner Malaysia, tepatnya dari Penang.

Jika dilihat penampakannya, hidangan ini mirip dengan nasi rames, yakni menggabungkan nasi dengan aneka lauk pauk. Namun, tetap ada yang berbeda. Keunikan utamanya terletak pada kuah kari yang melimpah, serupa banjir yang menggenangi nasi. Menurut TasteAtlas, hidangan ini dikenal sebagai salah satu kuliner kebanggaan Kota Penang.

Namun, ternyata ada fakta menarik terkait asal-usul hidangan ini. Ternyata, sajian ini tidak asli dari Malaysia, melainkan dari India. Bagaimana ceritanya ya?

Asal-usul dan Ciri Khas Nasi Kandar

Warisan UNESCO di Pulau Penang

Di awal abad ke-19, orang-orang India membawa nasi kandar ke Malaysia. Mereka menjual hidangan ini dengan cara unik, yaitu dengan memikulnya menggunakan batang bambu.

Cara penjualan inilah yang kemudian memberikan nama pada hidangan ini. Nasi adalah jenis makanan pokok mayoritas warga Benua Asia—termasuk India, Malaysia, dan Indonesia. Sementara ‘kandar’ arti harfiahnya adalah bahu.

Para pedagang nasi ini, dikenal sebagai mamak, adalah imigran Tamil beragama Islam. Mereka berkeliling menjajakan dagangannya di pelabuhan dan jalan-jalan, menawarkannya kepada buruh dan pekerja bangunan. Para pedagang memikul dua wadah besar berisi nasi dan berbagai lauk pauk.

Hidangan ini dengan cepat menjadi favorit di kalangan pekerja imigran di pelabuhan. Tidak salah, karena dengan seporsi nasi ini, perut pun bisa terpuaskan dalam sekejap. Dalam satu porsinya terdapat beragam kombinasi lauk seperti ayam, ikan, terung, dan okra balado.

Saat itu, hanya dengan hanya lima sen, para pekerja dapat menikmati satu porsi nasi, menjadikannya santapan yang sangat populer. Murah dan kenyang.

Pada tahun 1970-an, restoran yang khusus menyajikan hidangan ini mulai muncul. Lauk-pauk disajikan langsung kepada pembeli, sehingga pembeli dapat memilih lauk kesukaan masing-masing. Umumnya terdapat 40 hingga 50 pilihan lauk disediakan. Harga seporsinya tergantung pada lauk yang dipilih.

Namun, keistimewaan hidangan nasi ini tidak hanya terletak pada variasi lauknya, tetapi juga pada kuah dari berbagai olahan yang disiramkan ke atas nasi, memberikan rasa yang khas dan memikat. Sudah begitu, sangat berlimpah sampai banjir di piring.

Baca juga: Warisan UNESCO di Pulau Penang: Menyelami Keunikan George Town

Warung Nasi Kandar di Penang

Saat ini, nasi kandar tersedia mulai dari gerai pinggir jalan hingga restoran mewah. Tak hanya populer sebagai menu sarapan, hidangan ini juga cocok untuk dinikmati saat makan siang atau makan malam.

Bagi yang berencana berlibur ke Pulau Penang, mencoba sajian khas ini adalah suatu keharusan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat di Penang di mana bisa ditemukan nasi kandar yang lezat.

1. Nasi Kandar Deen Maju

Nasi Kandar Deen Maju di Penang dikenal luas oleh penduduk setempat karena menawarkan hidangan berkualitas dengan harga yang ramah di kantong. Berlokasi di Jalan Gurdwara, kedai ini selalu ramai dengan antrean panjang pengunjung yang menantikan giliran untuk menikmati hidangannya.

Di tempat ini, tersedia beragam pilihan lauk, mulai dari ayam goreng tepung yang renyah hingga ayam ros yang kaya rasa. Ayam ros merupakan ayam yang dimasak dengan pasta tomat, santan, dan campuran bumbu seperti garam masala, jinten, dan cabai.

Setiap porsi nasi disajikan lengkap dengan lauk pilihan, telur ceplok, okra, dan kuah kari yang membangkitkan selera. Untuk menambah kelezatan, cobalah menambahkan sambal nyor atau sambal kelapa.

Alamat kedai ini ada di 170, Jalan Gurdwara, George Town, Pulau Penang, Malaysia, buka setiap hari dari pukul 12.30 hingga 21.30.

2. Nasi Kandar Line Clear

Kedai Line Clear berlokasi strategis, tak jauh dari pusat kegiatan wisata dan berbagai penginapan ramah bagi backpacker. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat populer untuk bisa mencicipi hidangan nasi khas Penang ini. Kedai ini bahkan pernah dikunjungi oleh Anthony Bourdain, seorang celebrity chef.

Selain pilihan ayam dan daging, hidangan udang yang disajikan dengan kuah kari kental merupakan salah satu menu yang paling diminati oleh mereka yang datang ke kedai ini. Keistimewaan lain dari kedai ini yang buka selama 24 jam non-stop setiap hari, memungkinkan siapa saja untuk menikmati hidangannya kapan saja diinginkan.

Bagi yang tertarik untuk mengunjungi, Nasi Kandar Line Clear berlokasi di samping 161 & 177 Penang Road, George Town, Pulau Penang, Malaysia.

3. Nasi Kandar Kayu

Nasi Kandar Kayu, dengan cabang-cabangnya yang tersebar di seluruh Malaysia, adalah salah satu destinasi kuliner terkenal di Penang yang sangat direkomendasikan. Berawal dari sebuah kedai kecil pada tahun 1974, restoran ini telah berkembang menjadi salah satu ikon dalam daftar restoran Penang Heritage Cuisine.

Restoran ini menawarkan cita rasa nasi kandar yang autentik, sesuai dengan resep asli yang telah lama dijaga. Pengunjung dapat menikmati berbagai pilihan menu, termasuk ayam goreng, cumi, udang, serta pencuci mulut seperti roti tissue.

Dengan lokasi di 15, Lebuh Nipah 6, Bukit Jambul, Bayan Lepas, Pulau Penang, Malaysia, kedai ini buka 24 jam setiap hari, menyediakan kesempatan bagi siapa saja untuk menikmati kelezatan hidangannya kapan saja.

Baca juga: Kuliner Jalanan Jakarta: Menjelajahi Warung Nasi Rames Terbaik

Di Indonesia sendiri, hidangan nasi ini sudah bisa ditemukan di banyak restoran, mulai dari Jakarta hingga kota-kota lainnya.

Dengan sejarahnya yang panjang dan keunikan dalam penyajiannya, nasi kandar tidak hanya menawarkan kelezatan tetapi juga mengajak para penikmatnya pada perjalanan kuliner yang lebih kaya.

Exit mobile version