Maknyus! Ini Dia 5 Nasi Pecel Enak di Surabaya

rekomendasi nasi pecel kuliner surabaya

Berkunjung ke daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya, tidak lengkap tanpa menyantap sepiring nasi pecel. Ya, nasi pecel bisa dibilang merupakan makanan khas daerah Jawa Timur. Sesuai namanya, nasi pecel merupakan salah satu jenis makanan dengan bahan pokok nasi yang menjadi salah satu kuliner Surabaya wajib kamu kunjungi.

Biasanya seporsi nasi pecel berisikan berbagai macam sayuran, seperti tauge, kacang panjang, daung singkong dan lainnya yang disiram dengan bumbu kacang yang dihaluskan. Menyantap nasi pecel makin mantap apabila menggunakan topping peyek dan lauk lainnya. Semuanya biasanya disajikan di atas piring dengan menggunakan alas daun pisang.

Nah, daripada berlama-lama menerangkan soal nasi pecel, mending kita langsung saja simak rekomendasi nasi pecel Surabaya yang bisa kamu santap ketika berada di sana.

Baca Juga: 5 Kuliner Kaki Lima di Jakarta yang Wajib Kamu Sambangi

1. Nasi Pecel Bu Djoyo

nasi pecel bu djoyo (foto: Instagram)

Rekomendasi nasi pecel Surabaya yang pertama adalah Bu Djoyo atau Bu Joyo. Tempat makan ini bisa dibilang sudah tersohor di kalangan masyarakat Surabaya. Konon warung makan yang buka dari jam 6 pagi sampai jam 10 siang ini sudah buka sejak tahun 1950 dan hingga kini masih terjaga cita rasanya. Yang khas dari Bu Djoyo adalah siraman bumbu pecelnya yang pekat dengan rasa yang pedas. Ada berbagai macam menu pendamping, seperti telur asin, paru, dan empal. Harga seporsi nasi pecel di tempat ini mulai dari Rp9.000.

Lokasi: Jl. Pandegiling No.318A, Wonorejo, Kec. Tegalsari, Surabaya

2. Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin (foto: Instagram)

Seperti Bu Djoyo, Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin ini juga sudah ada sejak 1950. Sang pemilik, yakni Boeyatin meneruskan usaha dari sang ibu. Ada dua macam bumbu yang bisa kamu pilih, yakni pedas dan tidak pedas. Selain diisi dengan berbagai macam sayuran, Pecel Ponorogo Hj Boeyatin ini juga terkenal dengan berbagai macam lauk pauk, seperti aneka sate, telur, daging ayam, hingga daging sapi. Harganya juga masih terbilang terjangkau, yaitu di bawah Rp20.000.

Lokasi: Jl. Ketabang Kali, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya

3. Pecel Madiun Bu Kus

Pecel Madiun Bu Kus (foto: Instagram)

 

Rekomendasi nasi pecel di Surabaya berikutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pecel Madiun Bu Kus. Yang unik dari pecel di tempat kuliner di Surabaya ini adalah selain menggunakan bumbu kacang, nasi pecelnya juga disiram kuah lodeh. Makin mantap lagi dengan topping serundeng, oseng tempe dan sambal tahu, membuat lahap siapapun yang melahapnya. Kamu bisa memilih beberapa jenis lauk, seperti paru, empal goreng, dan lainnya. Harga seporsi di sini mulai dari Rp18.000.

Lokasi: Jl. Barata Jaya XX No.110, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya

Baca Juga: 5 Gudeg Jogja Enak dengan Rasa Lezat dan Otentik

4. Pecel MM Bu Endang

Pecel MM Bu Endang (foto: Instagram)

Buat kamu yang mencari menu sarapan, kamu bisa dateng ke Pecel MM Bu Endang. Tempat kuliner Surabaya yang satu ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 11 siang. Meski tempatnya sederhana, Pecel MM Bu Endang punya rasa yang tidak kalah enak dari restoran besar. Untuk harganya sendiri dijamin murah dengan pilihan sayur dan porsi yang melimpah, seperti daun singkong, bendoyo, timun, dan lain-lain.

Lokasi: Mojo, Gubeng, Jl. Manyar Kertoarjo No.114, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Surabaya

5. Depot Pecel Tambak Bayan

Depot Pecel Tambak Bayan (foto: Instagram)

Kuliner Surabaya berikutnya adalah Depot Pecel Tambak Bayan yang juga sudah melegenda di kawasan Surabaya. Tempat ini terkenal dengan menu nasi campur, tapi kamu juga bisa kok memesan nasi campur pecel. Siraman bumbu kacangnya dijamin bikin kamu lahap, ditambah lagi dengan berbagai macam topping yang bisa kamu pilih, di antaranya tahu bacem, tahu bumbu kuning, empal daging, pindang telur, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Pasar Besar Wetan No.5, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya

Baca Juga: 5 Kuliner Bandung Legendaris yang Musti Dicoba

Exit mobile version