Kuliner Jalanan Jakarta: Menjelajahi Warung Nasi Rames Terbaik

Jakarta sebagai ibu kota dengan masyarakat multi etnis, memiliki sejumlah kuliner daerah lezat yang mudah ditemui di tiap sudut kota, salah satunya nasi rames. Hidangan ini menjadi favorit sebagian besar masyarakat karena isi piringnya komplit, mulai dari nasi, sayur, dan lauk-pauk.

Menu nasi ini sering disebut juga dengan nasi campur. Memang keduanya tidak ada perbedaan, hanya penyebutan saja tetapi untuk isi piringnya sama.

Asal Usul Nasi Rames

Tidak ada sejarah yang jelas tentang asal usul dari mana nasi rames ini. Namun, menu nasi ini  diduga berasal dari Pulau Jawa. Bahkan dari beberapa sumber mengatakan, nasi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Informasi yang beredar di masyarakat, ada yang mengatakan bahwa rames berasal dari akronim dua kata yaitu ora mesti dalam bahasa Jawa, artinya tidak pasti, tidak harus. Sementara, dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasi rames adalah nasi dengan berbagai lauk-pauk.

Menu nasi ini tidak ada padanan lauk dan sayur yang wajib. Tidak seperti menu lainnya yang harus dipadankan dengan lauk tertentu agar lebih lezat. Di nasi rames, penjual bebas untuk memadukan aneka lauk dan sayur, kurang lebih seperti penyajian makanan ala warteg.

Hidangan nasi ini juga bisa ditemui di berbagai daerah Indonesia lainnya. Contohnya, nasi rames khas Bali dengan cita rasa pedas dan rempah yang kuat. Ada juga di Jawa Barat yang identik dengan cita rasa gurih dan tentunya lalapan sebagai pelengkap menu.

Untuk di Jakarta sendiri, menu ini menjadi favorit warga ibu kota karena variasi sayur dan lauknya sangat beragam. Sehingga, dengan seporsi nasi rames, kebutuhan gizi harian bisa tercukupi.

Lantas, apa saja rekomendasi warung nasi rames terbaik di Jakarta? Berikut ulasannya.

6 Rekomendasi Warung Nasi Rames Terbaik di Jakarta

Kuliner Jalanan Jakarta: Menjelajahi Warung Nasi Rames Terbaik

1. Warung Nasi Rames Pak Kumis

Rekomendasi pertama ada Warung Nasi Rames Pak Kumis. Seporsi menu nasi ini bisa membuat pengunjung kenyang karena porsinya jumbo dengan sajian sayur dan lauknya yang lengkap.

Untuk segi rasa, dari berbagai review yang ada di Google Review, rata-rata pengunjung mengatakan bahwa makanannya enak dan kaya rasa, di mana bumbu masakannya bervariasi tidak seperti warteg pada umumnya.

Harganya pun murah, meriah, bikin kenyang. Untuk seporsi paket nasi, lauk dan sayur, harga rata-rata Rp12.000. Untuk lalapan dan teh tawar gratis bagi yang makan di tempat. Beberapa menu rekomendasi di warung ini adalah kepala kakap merah, ayam bakar, untuk pecinta pedas bisa mencoba ayam geprek sambal dadak.

Alamat: Jl. Masjid Al-Makmuriyah No.8, RT.1/RW.8, Pejaten Timur, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Buka mulai pukul 5 subuh sampai 7 malam.

Baca juga: 5 Warung Makanan Terdekat Terminal Pulo Gebang, Murah dan Enak

2. Warteg Gang Mangga

Tempat makan ini termasuk kategori warteg legendaris karena sudah ada sejak tahun 1978. Salah satu menu favorit pengunjung adalah nasi rames. Untuk variasi menu dipajang di dalam etalase, jadi pengunjung bisa langsung memilih lauk dan sayur favorit.

Beberapa menu favorit pengunjung antara lain oseng usus, perkedel, semur, teri kacang, cumi, udang balado, telur balado, hingga pete. Warung yang dibuka selama 24 jam ini terjamin kebersihan dan kenyamanannya.

Untuk harga tak perlu dikhawatirkan. Beberapa harga menu antara lain udang balado Rp12.000, perkedel Rp3.000, ati ampela Rp6.000, kentang balado Rp3.000. Walaupun harga seporsinya lebih mahal dibandingkan dengan warteg lainnya, tetapi sangat sepadan dengan rasanya.

Alamat: Jl. Kemurnian V No.1C, RT.15/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

3. Warteg Warmo

Satu lagi tempat makan nasi rames legendaris yang berlokasi di daerah Tebet yaitu Warteg Warmo. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1970, didirikan oleh kakak beradik asli Tegal. Saking terkenalnya warteg ini, beberapa tokoh ternama seperti Dahlan Iskan hingga Rhoma Irama pernah singgah makan di sini.

Variasi menu di warteg Warmo terbilang komplit dan disajikan di dalam etalase tiga rak dengan bentuk letter L. Mulai dari olahan ayam, ikan, sayur, seafood, daging dan aneka gorengan. Semua aneka lauk pauk dan sayur disajikan dalam keadaan masih hangat dan segar.

Harga seporsi dari nasi rames termasuk terjangkau. Seperti nasi putih Rp4.000, sayuran Rp3.000-Rp4.000, lauk ayam, daging atau ikan mulai dari Rp12.000.

Alamat: Jl. Tebet Timur Raya No.1D, RT.8/RW.10, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Buka 24 jam.

4. Warung Bali Pak Gede

Ingin mencoba nasi rames ala Bali? Warung Bali Pak Gede patut untuk dikunjungi. Tidak perlu khawatir, karena menu lauk pauk di sini semuanya halal. Lokasi warung makan ini cukup strategis yakni berada di bawah stasiun MRT Haji Nawi. Bagi para pekerja atau yang tengah melakukan perjalanan, tidak perlu repot mencari tempat makan enak, cukup ke warung ini saja.

Menu lauk pauk dan sayuran sangat beragam. Mulai dari nasi, ayam suwir bumbu betutu, ayam goreng, sate lilit khas Bali, lawar, kulit goreng, sambal embe, dan tentunya sambal matah. Untuk seporsi nasi, lauk dan sayuran, pengunjung cukup membayar Rp30.000. Salah satu menu yang paling disukai pengunjung adalah kulit goreng.

Untuk citarasanya tidak perlu diragukan lagi. Paduan gurih pedas dengan rempat yang berlimpah sangat terasa di aneka menunya. Sate ayam seporsi isi lima tusuk dengan daging yang juicy. Sedangkan untuk ayam, dimarinasi dengan bumbu kuning rempah, kemudian dibakar dan disajikan dengan sambal matah atau sambal embe.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.33D, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Buka mulai pukul 9 pagi sampai 8 malam.

5. Warteg Modern Kuliner Rasa

Di Warteg Modern Kuliner Rasa kurang lebih ada 35 jenis menu yang dimasak dan dirotasi setiap hari. Pengunjung tidak bakal bosan dengan menu harian nasi rames di warung makan ini.

Ada beberapa menu andalan di warung ini yang jarang ditemui di tempat lain, seperti ayam pandan, pete udang, dan cumi goreng tepung. Warung ini nyaman dan bersih. Untuk penyajiannya seperti prasmanan yang dijejerkan di atas meja.

Soal harga, di Warteg Modern Kuliner Rasa menyediakan beberapa paket dengan harga ekonomis seperti paket karyawan telur Rp18.000 (nasi, 1 telur, 1 sayur, 1 tahu atau tempe, sambal), paket vegetarian dan vegan Rp18.000 (nasi, 3 sayur dan sambal), paket A Rp23.000 (nasi, 1 lauk, 1 sayur, sambal), paket B Rp28.000 (nasi, 1 lauk, 2 sayur, sambal), paket C Rp33.000 (nasi, 2 lauk, 1 sayur, sambal) dan paket D Rp38.000 (nasi, 2 lauk, 2 sayur, sambal).

Alamat: Danau Sunter Utara Raya, Blok. E No.4A, RT.4/RW.18, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara.

Buka mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam.

6. Warung MJS

Mau mencoba nasi rames dengan masakan Jawa, Warung MJS atau Mbah Jingkrak Setiabudi bisa dijadikan pilihan. Warung ini memiliki konsep restoran ala Jawa dengan ornamen antik seperti keris, radio antik, lampu antik, miniatur sepeda ontel, dan patung Loro Blonyo yang dipajang di sudut warung, juga penggunaan kursi dan meja material kayu.

Penyajian menunya pun sangat kental nuansa Jawa yakni di atas kompor tembikar dan dialas dengan daun pisang. Pilihan menu sangat beragam dan khas masakan rumahan Jawa. seperti oseng daun pepaya, sayur pare, sop iga, orek tempe, ayam panggang dan lain-lain.

Menu khasnya yang bisa dicicipi seperti bakmi godhog, tempe mendoan, bakmi goreng. Untuk minumannya, ada variasi teh manis, lemon tea, jus buah, bandrek, wedang uwuh, wedang secang, es tape ketan, dan lain-lain.

Tak hanya lauk dan sayuran saja yang bervariasi, nasinya juga disajikan dengan beberapa pilihan seperti nasi merah, nasi putih, dan nasi hijau yang merupakan campuran nasi uduk dengan pandan.

Dengan konsep warung yang asri bahkan ada kolam kecil, harga menunya cukup terjangkau. Untuk lauk telur mulai dari Rp8.000-Rp13.000, lauk ayam Rp30.000-Rp33.000, bebek Rp39.000, lauk ikan Rp22.500-Rp50.000, lauk daging Rp26.000-Rp58.000, lauk sayur Rp18.500-Rp24.400 dan aneka minuman Rp10.000-Rp34.700.

Alamat: Jl. Setiabudi Tengah No. 11, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Buka mulai 11 siang sampai 9 malam.

Baca juga: Wisata Jakarta Surga Kuliner: Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Ibu Kota

Demikian ulasan deretan warung makan nasi rames terbaik di Jakarta. Beberapa tempat di atas memiliki area parkir yang kecil, jadi sebaiknya datang menggunakan transportasi umum atau motor.

Exit mobile version