7 Negara Paling Aman di Dunia untuk Traveler Perempuan

JNEWS – Memilih destinasi yang tepat sangat penting bagi para traveler perempuan. Kriteria utama sering kali adalah keamanan. Berdasarkan laporan Vision of Humanity, dalam Global Peace Index, beberapa negara paling aman di dunia menawarkan lingkungan yang kondusif untuk solo traveler perempuan.

Negara-negara ini tidak hanya menjamin perlindungan dari kejahatan, tetapi juga menyediakan pengalaman budaya yang kaya dan pemandangan alam yang menakjubkan.

7  Negara Paling Aman di Dunia untuk Dijelajahi, oleh Traveler Perempuan Sekalipun

Keinginan untuk menjelajah dunia sendirian sebagai perempuan bisa menjadi tantangan jika tidak mengetahui keamanan suatu tempat. Mempelajari tentang keamanan di berbagai negara membantu dalam merencanakan perjalanan yang tidak hanya memuaskan dari segi pengalaman tetapi juga aman.

Artikel ini akan membahas tujuh negara yang dinilai sangat aman, menjadikannya pilihan ideal untuk mereka yang ingin bertualang sendiri tanpa kekhawatiran.

Negara Paling Aman di Dunia untuk Traveler Perempuan

1. Iceland

Iceland dinobatkan sebagai negara paling aman di dunia menurut Global Peace Index selama 15 tahun berturut-turut. Negara Nordik ini memiliki populasi yang relatif kecil, yakni sekitar 382.000 orang. Tingkat kejahatan di sana sangat rendah.

Kondisi tersebut dikaitkan dengan standar hidup yang tinggi, populasi yang tidak terlalu banyak, sikap sosial yang kuat melawan kejahatan, kepercayaan tinggi terhadap kepolisian, serta minimnya ketegangan antar kelas sosial dan ekonomi. Di Iceland, militer dan polisi pun tidak membawa senjata api, hanya tongkat yang dapat diperpanjang dan semprotan merica.

Bagi solo traveler perempuan, Iceland menawarkan lingkungan yang sangat kondusif untuk menjelajah dengan sangat aman. Beberapa destinasi populer yang dapat dikunjungi misalnya Reykjavik, Blue Lagoon, Golden Circle, Vik, Jokulsarlon Glacier Lagoon, Akureyri, dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Negara Paling Indah di Dunia dan Keunikannya

2. Denmark

Denmark dikenal sebagai salah satu negara paling aman di dunia, sekaligus yang paling bahagia. Di Denmark, warganya merasa aman setiap saat, baik siang maupun malam, termasuk anak-anak.

Negara ini memiliki tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat terhadap kesejahteraan sosial. Dua kualitas ini sangat berkontribusi pada perasaan aman dan bahagia yang dirasakan oleh warganya.

Bagi solo traveler wanita, Denmark menawarkan lingkungan yang sangat mendukung untuk menjelajah dengan rasa aman yang tinggi. Keamanan yang terjaga dan layanan sosial yang memadai memberikan kenyamanan lebih selama berada di negara tersebut.

Beberapa destinasi wisata yang populer untuk dikunjungi traveler perempuan di Denmark adalah Kopenhagen, Aarhus, Odense, Skagen, Bornholm, Roskilde, dan lain sebagainya.

3. Irlandia

Irlandia dikenal sebagai negara paling aman di dunia sejak 2021, dan melonjak dari peringkat 11 ke peringkat 3 pada tahun 2022, dan bertahan di tahun 2023.

Tingkat kejahatan di kota-kotanya rendah. Ancaman kekerasan budaya atau terorisme juga sangat minim. Namun, yang perlu diwaspadai lebih lanjut justru kondisi alamnya. Tebing yang curam dan jalan-jalan pedesaan yang berliku harus dihadapi dengan hati-hati, terutama saat hujan mendadak atau di area tanpa sinyal seluler.

Beberapa destinasi wisata populer di Irlandia yang cocok dikunjungi traveler perempuan seperti Dublin, Cork, Ring of Kerry, Killarney National Park, dan masih banyak lagi.

4. New Zealand

New Zealand, atau Selandia Baru, berada di peringkat keempat sebagai negara paling aman di dunia. Sama seperti Iceland, New Zealand memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Meski pencurian masih perlu diwaspadai, terutama di area wisata, risiko keseluruhan tetap minimal.

Berbeda dengan Australia, New Zealand tidak memiliki hewan mematikan. Penduduk New Zealand umumnya berpikiran terbuka dan memiliki undang-undang yang mencegah pelanggaran kebebasan berbicara atau berekspresi. Seperti di Iceland, polisi di New Zealand juga tidak membawa senjata api pribadi.

Bagi solo traveler wanita, New Zealand menawarkan keamanan yang tinggi dan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam tanpa khawatir. Queenstown, Rotorua, Auckland, Abel Tasman National Park, Fiordland National Park, dan Wellington hanya beberapa tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi traveler perempuan yang ingin menjelajah Selandia Baru sendirian.

5. Austria

Austria kembali menduduki peringkat kelima sebagai negara paling aman di dunia. Meskipun terdapat kekhawatiran akan demonstrasi kekerasan akibat ketidakstabilan sosial, hal tersebut relatif mudah dihindari.

Di luar itu, Austria merupakan negara yang sangat aman untuk dikunjungi. Kejahatan serius jarang terjadi, meskipun tetap perlu berhati-hati terhadap upaya pencopetan. Negara ini juga belum mengalami tindakan terorisme besar dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk solo traveler perempuan, Austria menawarkan berbagai destinasi wisata yang aman dan menarik. Sebut saja seperti Wina, Salzburg, Innsbruck, Hallstatt, hingga Danau Neusiedl. Destinasi-destinasi ini memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan budaya Austria tanpa kekhawatiran.

6. Singapura

Singapura menduduki peringkat keenam dalam daftar negara paling aman di dunia Global Peace Index (GPI) tahun 2023. Menurut laporan Gallup tahun 2018, penduduk Singapura merasakan tingkat keamanan pribadi yang tinggi dan memiliki pengalaman positif dengan penegak hukum yang lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

Singapura punya tingkat kejahatan terendah di dunia, yang mungkin disebabkan oleh hukuman berat yang diberikan bahkan untuk kejahatan kecil. Pemerintah dan polisi di Singapura mengontrol ketat kepemilikan senjata api, sehingga kejahatan yang bersifat kekerasan dan konfrontatif sangat jarang terjadi di negara ini.

Sebagai negara kota, Singapura juga berada di peringkat kedua sebagai kota paling aman di dunia menurut Safe Cities Index dari Economist Intelligence Unit (EIU). Pada tahun 2019, Singapura menempati peringkat pertama untuk keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi, kedua untuk keamanan digital, dan kedelapan untuk keamanan kesehatan.

Untuk solo traveler perempuan, Singapura menawarkan beberapa destinasi wisata yang aman dan menarik. Misalnya seperti Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Orchard Road, Sentosa Island, hingga Chinatown dan Little India. Singapura adalah pilihan yang ideal bagi solo traveler perempuan yang mencari petualangan kota yang aman dan seru.

7. Portugal

Portugal menduduki peringkat ketujuh dalam daftar negara paling aman di dunia. Sejak tahun 2014, ketika negara ini berada di peringkat ke-18, Portugal telah membuat kemajuan yang signifikan.

Berbeda dengan Iceland dan New Zealand, di Portugal polisi bersenjata. Namun, kinerja polisi yang meningkat telah berhasil menurunkan tingkat kejahatan di negara tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Portugal juga mengalami kebangkitan ekonomi yang signifikan, dengan tingkat pengangguran menurun dari lebih dari 17% menjadi di bawah 7%. Portugal secara konsisten masuk dalam daftar negara terbaik untuk pensiun, yang tidak terlepas dari tingkat keamanannya yang tinggi.

Di Portugal, traveler perempuan bisa menjelajah ke Lisbon, Porto, Sintra, Algarve, Madeira, dan beragam destinasi wisata populer lainnya sendirian dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Ini Dia 5 Negara Terbesar di Dunia – Ada Indonesia Nggak Ya?

Memilih untuk berkelana ke negara paling aman di dunia merupakan langkah bijak bagi solo traveler perempuan. Keamanan, keindahan, dan keramahan penduduk setempat di tujuh negara ini menjamin pengalaman yang menyenangkan dan tanpa rasa cemas. Selamat menjelajah dan menikmati kebebasan dengan ketenangan pikiran!

Exit mobile version