Ini Dia 5 Negara Terbesar di Dunia – Ada Indonesia Nggak Ya?

Ini Dia 5 Negara Terbesar di Dunia - Ada Indonesia Nggak Ya?

Mana saja yang termasuk ke dalam negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya? Besarnya suatu negara memang dapat diukur melalui berbagai faktor, salah satunya adalah luas wilayah. Luas wilayah ini mencakup total area baik wilayah daratan dan perairan. Area ini telah ditentukan melalui batas internasional dan garis pantai.

Negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah berarti negara yang memiliki wilayah terluas baik wilayah daratan maupun perairan. Wilayah daratan merupakan total semua area daratan suatu negara yang ditentukan dalam batas internasional dan garis pantai. Sementara wilayah perairan merupakan jumlah luas wilayah air suatu negara yang meliputi waduk, danau, dan sungai yang ditentukan dalam batas-batas internasional dan garis pantai.

5 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Berikut adalah top 5 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah menurut Wisevoter.

Baca juga: Peringkat Negara Biaya Hidup Murah, Indonesia Nomor Berapa?

1. Rusia

Negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya yang pertama adalah Rusia. Negara ini memiliki luas permukaan sekitar 17.1M km2. Luas Rusia mencakup seperdelapan luas daratan bumi dengan populasi terbanyak di dunia.

Negara yang membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa Timur ini memiliki 11 zona waktu, lho. Beribu kota di Moskwa, Rusia memiliki beragam bahasa, termasuk bahasa asing seperti Jerman, Inggris, serta beberapa bahasa asli Rusia seperti Tatar, Chuvash, Karelian, dan masih banyak lagi.

Sebagai negara terluas, wilayah Rusia berbatasan dengan 14 negara. Wilayah lanskap negara ini pun beragam, mulai hutan tundra, kutub, semi gurun, taiga, subtropis, dan masih banyak lagi. So, tidak heran jika terdapat lebih dari 125.000 hewan dengan spesies berbeda yang berkembang biak di negara ini.

2. Kanada

Canada merupakan negara terbesar kedua di dunia berdasarkan wilayahnya. Dengan total area mencapai 10M km2, negara ini menjadi negara terbesar di Amerika Utara.

Wilayah perairan Kanada berbatasan dengan tiga samudera, yakni Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Arktik. Sementara wilayah daratan Canada hanya berbatasan dengan Amerika Serikat.

Seperti Rusia, wilayah lanskap Canada cukup bervariasi mulai dari pegunungan yang megah, dataran, lembah berhutan, hingga sungai dan danau.

3. Tiongkok

Selain menjadi negara terpadat di dunia, Tiongkok juga menjadi negara terluas ketiga di dunia setelah Rusia dan Kanada. Luas wilayah Tiongkok mencapai 9.7M km2, yang menempati hampir seluruh daratan Asia Timur. Luas tersebut mencakup sekitar seperempat dari luas daratan bumi.

Wilayah Tiongkok berbatasan langsung dengan Mongolia di sebelah utara, Rusia dan Korea Utara di timur laut, Laut Cina Timur dan Laut Kuning di sebelah timur, Laut Cina Selatan di sebelah tenggara, serta beberapa negara seperti Vietnam, Laos, Myanmar, India di sebelah barat daya, serta Afghanistan, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan di sebelah barat.

Keberagaman relief dan iklim negara ini telah menghasilkan salah satu rangkaian relung ekologi terluas di dunia, lho. Relung ekologi ini diisi oleh sejumlah spesies tumbuhan dan hewan. Tak heran jika Tiongkok masih menjadi rumah bagi sejumlah hewan tereksotis di dunia.

Sebagai negara dengan penduduk terpadat di dunia, Tiongkok merupakan negara multinasional yang terdiri dari banyak etnis dan bahasa. Etnis Han merupakan kelompok terbesar yang ada di Tiongkok.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara terbesar keempat di dunia berdasarkan luas wilayahnya, yakni 9.4M km2. Total area negara ini mencapai dua pertiga dari ukuran benua Afrika, lho.

Wilayah Amerika Serikat memiliki bentang alam yang beragam. Wilayah negara ini terdiri dari dua rangkaian pegunungan besar, yakni Rocky Mountain di bagian barat serta pegunungan Appalachia di bagian timur.

Negara yang terkenal dengan julukan Negeri Paman Sam ini memiliki 50 negara bagian. Meskipun demikian, Amerika Serikat tdak memiliki bahasa nasional selain bahasa Inggris. Bahasa Inggris digunakan oleh mayoritas penduduknya untuk berkomunikasi.

5. Brazil

Brazil merupakan negara terluas kelima di dunia dengan luas wilayah mencapai 8.5M km2. Negara yang wilayahnya hampir mencakup setengah dari benua Amerika Selatan ini berbatasan dengan setiap negara yang ada di benua tersebut, kecuali Chili dan Ekuador.

Daerah lembah Amazone merupakan area terbesar di negara Brazil, di mana area ini mencapai 49% total area negara Brazil. Wilayah ini sebagian besar ditutupi oleh hutan tropika yang lebat, sehingga memiliki curah hujan yang tinggi.

Baca juga: Indonesia Negara Nomor 2 Paling Positif, Ini Cara untuk Selalu Positif Setiap Hari (Riset Gallup)

Nah, itulah top 5 negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya menurut Wisevoter. Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa Indonesia menduduki ranking ke-14 sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Negara Indonesia memiliki total area daratan dan perairan sebesar 1.9M km2. Urutan luas wilayah tersebut berada di bawah Mexico dengan total area 2M km2.

Exit mobile version