Surga Tersembunyi di Nusa Tenggara Barat: Pantai-Pantai yang Belum Banyak Dikunjungi

JNEWS – Nusa Tenggara Barat adalah provinsi yang kaya akan pantai dengan pemandangan alam yang memukau, warna laut biru tosca dilengkapi dengan pasir putih halus. Menurut data BPS, Provinsi NTB memiliki luas 20.153,20 km2 dan luas perairan pesisir mencapai 29.159 km2 dengan garis pantai sepanjang 2.332,80 km2.

Dengan luas tersebut, NTB memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah. Sebagai provinsi kepulauan, wilayah NTB terbagi menjadi dua pulau besar yakni Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok serta ratusan pulau-pulau kecil yang disebut gili.

Kedua pulau ini sama-sama memiliki wisata air yang menakjubkan. Pantai di Nusa Tenggara Barat seperti surga tersembunyi di bumi. Kondisi alamnya masih alami, bersih, kadar polusi rendah dan terawat membuat wisatawan betah mengunjungi provinsi ini.

Beberapa pantai yang sudah terkenal hingga mancanegara antara lain Pantai Kuta Lombok, Pantai Selong Belanak, Pantai Pink, Pantai Mawi hingga Pantai Senggigi. Selain pantai-pantai tersebut, ternyata Nusa Tenggara Barat masih menyimpan sejumlah pantai dengan pemandangan eksotis yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

5 Rekomendasi Pantai di Nusa Tenggara Barat yang Belum Ramai Dikunjungi Wisatawan

pantai Nusa Tenggara Barat

1. Pantai Telawas

Berkunjung ke Sirkuit Mandalika, bisa singgah ke Pantai Telawas. Memang pantai ini tidak sepopuler Pantai Kuta Mandalika, tetapi pesona pantai ini bisa disandingkan dengan Raja Ampat.

Dilihat sekilas, pantai ini memang mirip dengan Raja Ampat, tetapi dalam ukuran kecil. Keberadaan batu-batu karang yang menjulang tinggi membentuk gili kecil yang mengelilingi. Jadi, tidak salah memang menyebut pantai ini miniatur Raja Ampat.

Selain dikelilingi gili kecil, pantai ini memiliki bebatuan karang yang memesona. Apalagi letak batu karang tersebut membentuk pola-pola yang cantik di sepanjang garis pantai.

Namun, wisatawan harus ekstra hati-hati saat berada di tempat ini, apalagi yang ingin mengambil foto di batu-batu karang. Pasalnya, di beberapa titik batunya agak bergoyang. Apalagi ketika ombak datang bisa mengempaskan air cukup banyak. Jadi, apabila ingin swafoto, sebaiknya mencari spot yang aman.

Berkunjung ke tempat ini, sediakan bekal karena tidak ada yang berjualan di pantai ini, perkampungan pun cukup jauh. Menuju ke Pantai Telawas membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Bandara Internasional Lombok dan sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram.

Alamat: Prabu, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang

Baca juga: Wisata Budaya di Nusa Tenggara Barat: Mengunjungi 5 Desa Adat yang Masih Asli

2. Pantai Semeti

Pantai Semeti yang berada di Lombok Tengah kerap disebut sebagai Pantai Krypton. Hal ini disebabkan karena formasi bebatuan dan karang yang mengelilinginya meruncing serta berlapis menyerupai dinding kristal yang ada di Planet Krypton di serial DC Superman. Menariknya, ada beberapa formasi karang yang bentuknya mirip piramida yang mencuat dari permukaan laut.

Selain memiliki pemandangan bebatuan dan karang laiknya Planet Krypton, pantai ini memiliki pasir putih yang halus seperti di Pantai Kuta Lombok. Air lautnya pun jernih seperti kaca berwarna hijau kebiruan.

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Mawi dan Pantai Telawas. Wisatawan bisa berkendara kurang lebih 2,5 jam dari Kota Mataram. Apabila dari Bandara Internasional Lombok bisa memilih rute Jalan Selong Belanak, ikuti jalan ke arah selatan hingga menemukan Jalan Pantai Mawi.

Menuju pantai ini, jalurnya cukup terjal dan berliku. Oleh karena itu kenakan alas kaki anti selip agar tidak terpeleset karena harus melewati tebing karang. Untuk fasilitas masih kurang, jadi siapkan bekal cukup untuk ke pantai ini.

Alamat: Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang

3. Pantai Tunak

Pantai Tunak masih jarang diketahui wisatawan. Letak dari pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Tunak yang terkenal di Lombok Tengah.

Ada legenda yang menyebutkan bahwa kawasan Gunung Tunak ini pernah dikuasai oleh beberapa kerajaan besar. Pantai Tunak pun bisa dikenal dengan adanya sebuah batu yang berdiri kokoh menjulang tinggi, muncul di lautan lepas pantai.

Daya tarik utama dari Pantai Tunak adalah posisinya langsung menjorok ke Samudra Hindia, diapit berbagai bukit seperti Takar Akar, Kelor, Bungkulan. Pemandangan eksotis inilah yang tidak dimiliki oleh pantai lain di Nusa Tenggara Barat. Apalagi masih sedikit yang berkunjung ke pantai ini, berasa seperti pantai pribadi.

Lokasi pantai ini terletak sejauh kurang lebih 85 km dari Kota Mataram. Namun, dari Pantai Kuta Lombok, hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan mobil.

Sama seperti dua pantai sebelumnya, fasilitas di pantai ini sangat minim. Oleh karena itu, bawalah perbekalan yang cukup saat berkunjung ke pantai ini.

Alamat: Mertak, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Harga tiket masuk: Rp2.000 untuk parkir motor.

4. Pantai Nambung

Nambung adalah nama dusun yang letaknya ada di perbatasan Lombok Barat. Di dusun ini ada Pantai Nambung yang memiliki pesona berupa barisan bukit-bukit hijau dan pasir putihnya yang melengkapi keindahan dari pantai ini.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah air terjun asin yang berada di pinggir pantainya. Air terjun ini berasal dari ombak pasang yang menabrak karang besar di dekatnya. Lalu, air tersebut mengalir ke bawah hingga membentuk seperti air terjun pada umumnya.

Pasir putih di Pantai Nambung tidak seperti pasir putih biasanya. Namun memiliki ukuran seperti merica sehingga dinamakan pasir merica. Selain itu, pantai ini pun menjadi kawasan pengolahan rumput laut yang masih aktif hingga sekarang.

Pantai ini memiliki bibir pantai yang cukup luas dan pemandangan laut lepas yang memanjakan mata. Karena letaknya berbatasan dengan Samudera Hindia, maka pantai ini memiliki ombak besar dan bergulung. Di titik perbatasan tersebut kerap menjadi lokasi surfing.

Menuju lokasi air terjun, wisatawan harap berhati-hati karena mesti melewati karang-karang besar yang licin. Namun, bisa juga menggunakan perahu untuk menuju lokasi air terjun tersebut dengan membayar Rp10.000/orang.

Alamat: Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

5. Pantai Tebing

Pantai Tebing berada di Lombok Utara memiliki pemandangan berupa bukit tebing yang menjulang tinggi dan hamparan pasir hitam di sepanjang bibir pantai membuatnya nampak begitu unik dan eksotis.

Tebing dengan tekstur berlekuk tersebut tercipta dari erupsi dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas pada tahun 1257 silam. Endapan dari awan yang membawa berbagai material dan bertemunya dengan dinginnya air laut kemudian terlontar ke arah daratan sehingga terbentuklah bukit di Pantai Tebing ini.

Menuju pantai ini akan menempuh jarak kurang lebih 46 km dari Kota Mataram dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit. Kemudian dari jalan utama ke pantai, jaraknya kurang lebih 400 meter dan jalurnya masih berupa tanah.

Fasilitas di pantai ini masih minim dan belum ada pihak pengelola, sehingga untuk memasuki area pantai ini masih gratis.

Alamat: Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Pantai Losari Makassar: Destinasi Pantai Eksotis di Indonesia Timur

Pantai-pantai di Nusa Tenggara Barat tersebut memang tidak terlalu ramai layaknya pantai lain yang sudah populer di NTB. Itulah yang membuatnya banyak diminati dan dimanfaatkan oleh wisatawan yang mencari ketenangan serta ingin menikmati alam.

 

Exit mobile version