Obelix Hills Yogyakarta: Destinasi Viral untuk Nikmati Sunset

Obelix Hills Yogyakarta

Obelix Hills merupakan salah satu destinasi yang memperkuat keistimewaan pariwisata Yogyakarta. Di Yogyakarta, wisatawan tak harus jauh-jauh pergi ke pantai untuk melihat sunset yang syahdu. Pandangan lepas tanpa penghalang gedung dan pepohonan untuk menanti sang mentari bergulir juga bisa dinikmati dari perbukitan tak jauh dari kota.

Destinasi ini sudah viral sejak beberapa waktu lalu. Para pemburu senja menasbihkan destinasi wisata ini sebagai salah satu spot terbaik untuk mengucapkan selamat bertemu lagi pada matahari bersama orang-orang terkasih. Tapi di manakah lokasinya? Bisakah Google Map membimbing hingga lokasi?

Obelix Hills Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Fasilitas

Sumber: IG @obelixhills

Pada laman resmi Obelix Hills ada pesan agar pengunjung mengambil jalur Tebing Breksi ketika menggunakan Google Map. Apakah itu berarti ada jalur lain? Bagaimana jika tersesat? Bagaimana jika Google Map ngotot menunjuk jalur selain Breksi? Persoalan tersebut akan diluruskan di bawah ini.

1. Lokasi Obelix Hills

Alamat Obelix Hills adalah Klumprit 1 & 2, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Jarak dari Tugu (pusat kota Yogyakarta) ke objek ini sekitar 22 km.

Lokasi tersebut dekat dengan objek wisata terkenal lainnya, yaitu Tebing Breksi, Candi Ijo, Watu Langit, Candi Abang, Ratu Boko, Rumah Dome Teletubbies dan masih banyak lagi. Daerah seputar Candi Prambanan ke arah selatan kaya akan peninggalan bersejarah dan bentang alam yang menarik.

Banyaknya objek wisata di sekitar area Obelix Hills akan memudahkan wisatawan membuat rencana liburan yang efisien, yaitu sekali jalan dapat mengunjungi beberapa objek wisata sekaligus.

Baca juga: Opsi Baru Saat Liburan, Ini 5 Rekomendasi Wisata Horor di Yogyakarta

2. Rute ke Obelix Hills

Bagi yang belum pernah ke Obelix Hills, rute untuk sampai lokasi dari arah Jogja maupun Solo harus diperhatikan agar tidak salah mengambil jalan. Lokasi ini berada di atas tebing kapur sehingga rute mana pun yang dipilih akan menanjak dan berkelok-kelok. Karena itulah, lokasi ini disebut berada di lantai 3 Jogja, bukan lagi lantai 2 seperti istilah setempat untuk lokasi yang tinggi.

Agar pengemudi masih bisa tersenyum, ikuti pengaturan Google Map seperti yang disarankan pengelola. Jika menggunakan Google Map dari arah Yogyakarta, maka jangan lupa untuk mengatur rute sebagai berikut: titik keberangkatan di Yogyakarta – Tebing Breksi – Obelix Hills. Jika langsung mengatur Yogyakarta – Obelix Hills, Google Map akan memilihkan rute tersingkat namun dengan tanjakan yang terlalu tajam.

Rincian rute jika dari arah Yogyakata adalah dari traffic light Candi Prambanan belok kanan untuk masuk Jl Prambanan – Piyungan sejauh 3,5 km. Ikut Google Map atau arus bus pariwisata belok kiri untuk masuk jalan beton menuju Tebing Breksi. Jalan ini cukup lebar tapi macet jika musim lliburan. Dari Tebing Breksi naik lagi melewati Candi Ijo dan Watu Langit, lalu jalan akan menyempit, naik turun dan berkelok-kelok hingga tiba di tujuan.

3. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Obelix Hills dibedakan menjadi:

Spot foto ada yang berbayar, ada yang gratis. Untuk makanan dan minuman juga bayar tersendiri berdasarkan pesanan.

4. Fasilitas yang Bisa Dinikmati

Sumber: IG @obelixhills

Ada banyak fasilitas menarik yang ditawarkan antara lain:

  1. Sunset yang indah jika cuaca terang, lalu cahaya matahari akan digantikan oleh taburan kelap-kelip lampu perkotaan. Sesungguhnya, pemandangan sangat bagus dari sini sepanjang hari. Hanya saja jika siang panas, maka jangan lupa membawa payung atau topi.
  2. Banyak spot foto berupa bangku-bangku yang gratis. Spot foto yang berbayar adalah yang latar belakangnya paling bagus. Tarifnya Rp25.000 tiap spot.
  3. Spot foto dengan lantai kaca Rp25.000 per orang.
  4. The Swings (ayunan langit) dengan tarif Rp50.000 untuk kapasitas maksimal 3 orang. Untuk ayunan yang sendiri, cukup bayar Rp30.000. Ayunan ini hanya buka sampai sore karena alasan keselamatan.
  5. Eagle Nest (jaring untuk foto santai di tebing) Rp15.000 per orang.
  6. Spot Casa Mexicana dengan warna-warni cerah Rp10.000 per orang.
  7. Pilihan restoran prasmanan dan ala carte bekerja sama dengan Pulen Kopi Ponti.
  8. Ada toko oleh-oleh bekerja sama dengan Bakpia Juwara Satoe.
  9. Jeep tour dari Obelix ke Candi Ijo dan sekitarnya dengan kapasitas maksimal 5 orang. Tarif jeep mulai Rp500.000 tergantung rute yang dilewati dan negosiasi dengan pengemudi jeep. Tour ini tidak dikelola oleh Obelix Hills.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Kekinian yang Harus Didatangi bareng Keluarga

Waktu terbaik untuk datang ke Obelix Hills adalah sore hari dan bukan pada musim hujan, lalu pulang pada malam hari. Ada perasaan riang ketika turun di malam hari, bagai kunang-kunang menghampiri cahaya. Jika belum pernah ke sini, hindari datang pada malam hari karena penerangan jalan ketika naik tanjakan kurang memadai.

Demikianlah ulasan tentang Obelix Hills adalah destinasi wisata viral yang menyediakan banyak spot selfie, dan tempat terbaik menikmati sunset di Jogja.

Exit mobile version