Berbagai Gerakan Seru untuk Olahraga di Rumah

Menjaga kesehatan tubuh memerlukan pola hidup yang sehat seperti makan makan bergizi dan berolahraga. Namun, terkadang kamu tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga terutama di luar rumah, bukan? Pernah mencoba olahraga di rumah belum?

Ya, dengan tingkat kesibukan yang tiada henti membuat kamu semakin malas untuk keluar rumah dan jarang berolahraga. Akan tetapi, olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu, lho. 

Solusi agar kamu tetap olahraga meskipun tidak sempat keluar adalah olahraga di rumah. Olahraga di rumah tidak memakan waktu terlalu lama, bahkan kamu bisa melakukannya hanya 10 hingga 20 menit saja.

Berikut Berbagai Gerakan Seru untuk Olahraga di Rumah

Jogging

Jogging tidak hanya dilakukan di lapangan besar yang membuat kamu harus bepergian jauh. Namun, kamu bisa melakukan jogging di teras rumah atau memanfaatkan tempat lebih lapang untuk melakukan kegiatan ini. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli treadmill dan manfaatkan sepanjang halaman rumah untuk arena jogging.

Baca juga: Olahraga Kardio Jadi Senjata Rahasia Lawan Kanker

Bridge 

Beberapa orang masih tidak familiar dengan gerakan olahraga di rumah ini. Bridge adalah salah satu gerakan yoga yang menyerupai jembatan berguna untuk melatih otot sekitar pinggul dan otot bagian paha. Caranya sangat mudah dan hanya memerlukan media lantai rumah saja. 

Kamu hanya perlu berbaring terlentang dengan posisi lutut ditekuk, kaki rata di permukaan lantai, dan rentangkan tangan di samping tubuh. Kemudian, dorong kaki kamu dan kencangkan bagian inti lalu angkat bagian bawah kamu dari lantai sampai pinggul terentang sepenuhnya. Selanjutnya, tekan glutes kamu bagian atas. Perlahan kembali ke posisi awal dan ulangi lagi. 

Push Up

Gerakan ini sudah sering didengar oleh semua orang dan salah satu olahraga di rumah yang paling mudah untuk dilakukan. Gerakan ini bisa kamu lakukan di mana saja dan hanya bermodal lantai serta alas lantai (kamu bisa menggunakan karpet atau alas yoga). 

Gerakan Push Up dimulai dari posisi tidur telungkup dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan. Kemudian, dorong badan ke atas dengan kekuatan bertumpu di tangan. Posisikan badan dan kaki tetap lurus. 

Selanjutnya, kamu bisa turunkan badan tanpa menyentuh lantai. Ingat badan jangan menyentuh lantai dan jaga badan serta kaki tetap lurus. Lakukan gerakan tersebut berulang, paling tidak sampai hitungan 60 atau lakukan gerakan tersebut berulang sampai 1 menit.

Sit Up

Gerakan olahraga di rumah ini dilakukan untuk mengencangkan otot perut. Gerakannya sangat mudah, hal yang harus dilakukan dilakukan adalah berbaring dengan posisi kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai.

Jika kamu kesusahan untuk menjaga kakimu tidak terangkat, kamu bisa minta bantuan orang lain atau menggunakan kursi untuk menahan kakimu. Posisikan tangan lurus ke depan atau silangkan tangan di depan dada atau posisikan tangan ditekuk dan posisi telapak tangan di belakang kepala. Kemudian, angkat tubuh bagian atas hingga kamu menyentuh lutut lalu turunkan ke posisi semula. Ulang gerakan tersebut semampu tubuhmu atau paling tidak hitung sampai hitungan 60. 

Wall-sit

Gerakan olahraga di rumah selanjutnya adalah kamu bisa melakukan gerakan Wall-sit. Sesuai dengan namanya, gerakan ini hanya menggunakan dinding sebagai media olahraga. 

Gunakan area dinding yang agak luas dan berdiri tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Kemudian, kamu harus menurunkan badan dengan menekuk lutut agar kamu berada pada posisi duduk di kursi selama tiga detik dan berdirilah kembali. Lakukan secara berulang. 

Baca juga: Green Living: Gaya Hidup untuk Hadapi Krisis dan Cintai Bumi

Nah, itu tadi beberapa gerakan untuk olahraga di rumah. Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan dengan makan makanan bergizi namun juga melakukan olahraga ringan untuk membentuk gaya hidup yang sehat. 

Gerakan-gerakan tersebut sangat mudah dan tidak memakan waktu lama, jadi pastikan kamu memiliki waktu sebentar untuk berolahraga di sela kesibukan. 

Exit mobile version