Ragam Oleh-oleh Khas Makassar, Mulai dari Kain Tenun Sampai Kopi Toraja

minuman sirup DHT

Berkunjung ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, selain mampir ke tempat-tempat wisata, juga tak kalah asik berburu kuliner. Ada banyak ragam kuliner yang bisa kamu cicipi di kota tersebut, seperti Cotto Makassar, Es Pisang Hijau, dan ragam hidangan seafood yang bisa kamu temui di lokasi wisata Pantai Losari.

Nah, sama halnya ketika kita berlibur ke kota lainnya, berlibur ke Makassar tidak afdol kalau pulangnya tidak membawa oleh-oleh. Oleh-oleh khas Makassar sangat beragam, mulai dari souvenir sampai kuliner. Kalau kamu penasaran oleh-oleh rekomendasi apa saja sih yang bisa kamu bawa pulang dari Makassar, simak informasinya berikut ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan Wajib Bawa Pulang

Otak-otak Ikan

Kamu mungkin berpikir, untuk apa sih harus membawa pulang oleh-oleh makanan otak-otak ikan, toh di sini juga ada. Ya memang makanan ini bisa kamu temui di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Kota Jakarta sendiri. Tapi, kamu musti cobain deh otak-otak ikan tenggiri khas Makassar. Dijamin bikin ketagihan. Otak-otak ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar ini memiliki tekstur dagingnya yang lembut dan rasa yang gurih. Ada banyak brand otak-otak ikan di Makassar, tapi yang paling terkenal adalah Otak Otak Ibu Elly.

Sirup DHT

Oleh-oleh khas Makassar berikutnya adalah sirup DHT. Meski memiliki gambar beranekan macam buah-buahan, sirup DHT ini sebenarnya memiliki rasa dan aroma pisang ambon. Sekilas sih rasanya mirip sirup Tjampolay yang dijual di Jawa Barat. Tidak ada yang tahu persis singkatan DHT, tapi ada yang bilang konon singkatan “Dari Hasil Tangan”.  Sirup DHT punya warna merah. Cara minumnya bisa langsung dicampur dengan air dingin atau untuk campuran lainnya.

Minyak Tawon

Sudah sampai Makassar sih sayang kalau tidak membeli minyak gosok cap Tawon atau biasanya orang-orang menyebutnya minyak tawon yang asli. Mengapa? Karena minyak tawon sendiri sudah banyak yang palsu. Jadi, mending kalau sudah di Makassar, kamu bisa beli yang asli. Ciri khas minyak tawon yang asli bisa dilihat pada kemasan, di mana warna sablon yang jelas dan juga ada gambar hologram. Untuk khasiatnya sendiri, banyak yang mengatakan minyak tawon punya berbagai macam khasiat, seperti meringankan nyeri persendian, mengobati keselo, wasir, hingga penyakit pernapasan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Terlaris di Pesona JNE

Kain/Sarung Tenun Bugis

Buat kamu pecinta jenis kain-kainan dari seluruh wilayah Indonesia, tak lengkap apabila tidak mengkoleksi kain atau sarung tenun khas Bugis. Yang menarik dari kain tenun ini adalah corak warnanya yang unik dan menarik. Bahannya sendiri sangat nyaman dipakai, tidak bikin gerah. Harganya sendiri sangat beragam, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung dari tebal tidaknya bahan. Pas banget nih buat kamu yang muslim dipakai menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

Kopi Toraja

Oleh-oleh khas Makassar berikutnya ini sangat cocok bagi kamu pecinta kopi. Siapa sih yang tidak kenal denga kopi Toraja? Jangan ngaku pecinta kopi kalau tidak tahu kopi yang satu ini. Ada tiga jenis pilihan biji kopi, seperti Arabica, Robusta, dan Special Blend. Sekadar informasi, kopi Toraja memiliki karakteristik body yang tebal namun dengan tingkat keasaman yang rendah. Jadi, pas banget nih buat kamu yang memiliki asam lambung, jangan khawatir ketika mencicipi kopi Toraja.

Nah, itu dia tadi beberapa contoh rekomendasi oleh-oleh khas Makassar. Buat kamu yang tidak ada rencana pergi ke Makassar, jangan khawatir. Kamu tetap bisa kok membeli oleh-oleh khas Makassar dari rumah saja. Caranya adalah dengan mengunjungi situs Pesona Nusantara atau Pesona JNE. Situs ini menjual beragam oleh-oleh dari penjuru Nusantara.

Baca Juga: 5 Gudeg Jogja Enak dengan Rasa Lezat dan Otentik

Exit mobile version