Panduan Belanja Oleh-Oleh Khas Manado: Tempat dan Tip Terbaik

JNEWS – Berkunjung ke Kota Tinutuan saat liburan maupun melakukan perjalanan dinas, rasanya tidak lengkap apabila tidak membeli sejumlah oleh-oleh khas Manado. Ada banyak variasi oleh-oleh yang bisa dibeli, mulai dari kue kering tradisional, kue basah, hingga kain batik motif Manado.

Kota Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Dikutip dari Zona Utara, kota ini memiliki 11 kecamatan dan 87 kelurahan serta desa. Kota yang dijuluki Kota Tinutuan ini terletak di Teluk Manado Tua dan dikelilingi oleh deretan gunung serta pesisir pantai yang sebagian telah direklamasi.

Selain memiliki panorama alam pesisir pantai yang indah dan taman laut terbesar, kota ini memiliki oleh-oleh khas Manado yang tidak boleh dilewatkan untuk dibeli. Oleh-oleh tersebut, beberapa di antaranya merupakan adaptasi dari kudapan bangsa Eropa yang pernah menjajah Indonesia. Sebut saja klappertaart dan panada.

Klappertaart Manado dibuat dengan resep autentik turun temurun yang banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh. Ada pula kudapan tradisional panada berisi pampis ikan tongkol pedas yang mudah ditemui di pasar maupun supermarket, hingga halua kenari yang terbuat dari kacang kenari dicampur gula kelapa, santan serta daun pandan.

Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Khas Manado

Bagi yang berencana berlibur ke kota ini, berikut rekomendasi tempat jualan oleh-oleh khas Manado. Kualitas produk yang dijual terbaik dan harganya pun relatif terjangkau.

Panduan Belanja Oleh-Oleh Khas Manado: Tempat dan Tip Terbaik

1. Toko Manado Souvenir

Toko Manado Souvenir merupakan salah satu toko oleh-oleh yang sudah berdiri sejak lama di kota ini. Di toko ini pengunjung bisa menemukan aneka oleh-oleh khas Manado mulai dari kacang goyang, halua kenari, bagea katu Amurang, keripik pisang, dodol, ikan roa, klapertaart, dan masih banyak makanan lainnya.

Selain aneka kuliner, Toko Manado Souvenir juga menjual kain Kerawang khas Gorontalo, kain motif manguni, gantungan kunci, kaus lokal hingga hiasan rumah. Toko ini memiliki dua cabang, yang utama ada di kawasan Tikala Kumaraka dan satunya di bandara.

Alamat:

Baca juga: 7 Tempat Terbaik Menikmati Bubur Manado Langsung di Kota Tinutuan

2. UD Kawanua

Masih di kawasan Tikala Kumaraka dan berjejer dengan Toko Manado Souvenir, ada UD. Kawanua yang bisa dijadikan pilihan untuk membeli oleh-oleh khas Manado.

Di toko ini menjual lebih spesifik ke kain batik Manado, kaus Bagaya Manado dengan gambar maupun tulisan bahasa Manado, hiasan dinding, hiasan meja berbentuk ikan dan kapal laut, ada juga gantungan model Tarsius. Untuk kuliner, toko ini menjual klappertaart, abon cakalang, ikan roa, cakalang pedas, kalua hingga kacang goyang.

Alamat:  Jl. B.W.Lapian No.33, Tikala Kumaraka, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Buka mulai dari pukul 9.00-21.00 WITA.

3. Grand Merciful Building

Berlokasi di Ruko Wanea Plaza, Grand Merciful Building merupakan pusat oleh-oleh khas Manado yang menjual banyak produk mulai dari suvenir, makanan, minuman, aksesori, hingga pernak-pernik.

Menariknya, di tempat ini pengunjung bisa mencicipi aneka jenis produk makanan sebelum membelinya. Untuk membuat suasana lebih kental nuansa Kota Manado, dihadirkan suguhan musik Kolintang yang dibawakan secara langsung.

Adapun produk yang bisa ditemui di Grand Merciful Building antara lain bagea kenari, sagu keju, bangket, sirup salak, sirup nanas, halua mente, manisan pala, dodol pala, pia, kue kipas, abon ikan cakalang, kaus dengan motif khas Sulawesi Utara, kain Bentenan, kain Pinawetengan, dan masih banyak lainnya.

Alamat: Ruko Wanea Plaza Blok G, H.1-H.10, I, Jl. Sam Ratulangi 383, Manado, Sulawesi Utara.

4. Swalayan Lokal

Tidak sulit menemukan oleh-oleh khas Manado karena di beberapa supermarket lokal pun menjualnya dengan harga cukup bersaing dengan toko oleh-oleh. Berikut dua supermarket lokal legendaris yang menjual aneka oleh-oleh.

Golden

Golden merupakan salah satu supermarket legendaris di Kota Manado. Supermarket ini memiliki dua cabang, yang pertama di kompleks Pasar 45 dan satunya di Ruko Boulevard. Untuk membeli aneka oleh-oleh bisa mendatangi cabang Ruko Boulevard yang relatif lebih lengkap.

Golden Swalayan cabang Ruko Boulevard letaknya sangat strategis yakni di pusat kota. Pengunjung bisa menemukan aneka kudapan tradisional mulai dari kacang goyang, sagu keju, halua kenari, kue kipas, sambal ikan roa, keripik pisang goroho, dodol, bagea katu, bagea kenari, dan lain-lain.

Alamat: Ruko Boulevard, Jl. Piere Tendean No.5, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Jumbo Pasar Swalayan

Satu lagi swalayan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan menyediakan aneka kebutuhan hingga oleh-oleh yaitu Jumbo Swalayan. Letak swalayan ini termasuk di pusat kota dan dilalui oleh angkutan umum.

Di Jumbo, pengunjung bisa membeli aneka kudapan seperti kacang goyang, keripik pisang goroho, halua kenari, sagu keju, bangket, kue kipas, bagea katu, dodol Amurang dan lain-lain.

Alamat: Jl. Suprapto No.1, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

5. Pasar Tradisional

Di pasar tradisional juga menjual aneka makanan untuk oleh-oleh, tetapi lebih spesifik ke cakalang fufu dan ikan roa yang belum diolah. Ikan cakalang fufu diolah dengan cara dibumbui, dijepit dengan kerangka bambu dan diasapi. Proses masaknya kurang lebih 4 jam dan didinginkan selama 2 jam.

Membeli cakalang fufu di pasar tradisional biasanya lebih fresh karena baru diantarkan oleh penjualnya. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk membeli ikan ini adalah di pinggir Jalan Raya Tanawangko. Dua ruas jalan tersebut berdiri tenda-tenda penjual ikan cakalang. Ada yang masih diasapi dan ada pula yang telah selesai dimasak.

Tip Belanja Oleh-Oleh Khas Manado

1. Siapkan Bujet

Berlibur tentunya harus menyisihkan bujet untuk membeli aneka oleh-oleh. Agar tidak boncos, sebaiknya membeli menyesuaikan bujet saja. Untuk beli di toko oleh-oleh maupun pasar swalayan, harganya pastinya sudah pas. Namun, apabila ingin membeli cakalang fufu di pasar, harganya masih bisa ditawar.

2. Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja tentu saja penting karena terkait dengan bujet yang disediakan. Oleh-oleh khas Manado sangat bervariasi, jadi pilihlah aneka kudapan atau suvenir.

Sedikit tip untuk belanja oleh-oleh, ada baiknya belilah makanan yang tahan lama seperti kacang goyang, halua kenari, sambal ikan roa maupun keripik pisang goroho. Kalaupun ingin klappertaart, pastikan tiba di tujuan langsung disantap atau dimasukkan ke dalam kulkas.

Tanggal kedaluarsa untuk kudapan tahan lama tersebut cukup panjang, jadi sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga maupun teman-teman.

3. Pengemasan dan Berat Oleh-Oleh

Pengemasan oleh-oleh harus diperhatikan agar tidak mudah terbuka saat masuk bagasi atau pecah. Di tempat oleh-oleh hingga pasar swalayan, disediakan jasa pengemasan.

Tak kalah penting, perhatikan juga berat dari oleh-oleh. Jangan sampai, beratnya melebihi ketentuan bagasi.

4. Tentukan Tujuan Tempat Belanja

Deretan rekomendasi di atas bisa dijadikan acuan untuk tempat belanja oleh-oleh. Apabila sudah membuat daftar belanja, langsung tentukan mau beli di toko mana supaya bisa menghemat waktu perjalanan.

Baca juga: 8 Makanan Khas Manado yang Wajib Dicicipi dan Lokasi Terbaik untuk Menikmatinya

Ulasan di atas bisa dijadikan panduan terbaik saat berlibur ke Kota Tinutuan dan ingin membeli oleh-oleh khas Manado. Selamat berlibur!

Exit mobile version