“Pahlawan Warga” Aksi Nyata Masyarakat Hadapi Pandemi COVID-19

Grab meluncurkan gerakan apresiasi “Pahlawan Warga” sebagai bagian dari kampanye “BERSATU untuk Indonesia”. Kampanye ini mengajak masyarakat berjuang dengan aksi nyata meringankan beban sesama selama pandemi COVID-19 ini.

Dalam menjalankan aksi ini, Grab menggandeng Narasi untuk menominasikan Pahlawan Warga pilihan masyarakat. Caranya dengan membagikan foto dan cerita nyata melalu akun media sosial Narasi di Instagram dan Twiiter.

BACA JUGA : Pentingnya UMKM Bersiap Hadapi Ekonomi Global

Kategori yang bisa dinominasikan sebagai Pahlawan Warga dalam kampanye ini adalah :

Pembimbing

Individu, organisasi atau komunitas yang gigih mengedukasi dan meningkatkan kesadaran tentang protokol kesehatan, vaksin, dan informasi layanan kesehatan terkait COVID-19.

Penggerak

Orang-orang yang secara individual atau kolektif secara aktif mengorganisir upaya untuk membantu warga di lingkungan sekitar yang membutuhkan bantuan; memberikan makanan dan obat-obatan untuk pasien yang dikarantina atau siapapun yang membutuhkan, mencarikan rumah sakit, tempat isolasi mandiri dan tenaga medis serta membantu warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Di Balik Layar

Orang yang selama ini tidak terlihat, bahkan cenderung terlupakan namun dengan segala keterbatasannya melakukan pekerjaan dan pelayanan dalam penanganan pandemi tanpa pamrih seperti pengemudi ambulans dan mobil jenazah, petugas pemakaman, petugas pemulasaran jenazah COVID-19, petugas kebersihan di rumah sakit darurat, petugas vaksin, dan lain-lain.

Menurut Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, aksi ini merupakan wujud keterlibatan aktif Grab dalam penanganan pandemi. Ditambahkan Neneng, Grab melihat masyarakat Indonesia memiliki sifat sejati, yaitu bergerak saling membantu ketika menghadapi kesulitan.

“Dalam semangat peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini, keluarga besar Grab Indonesia mengajak semua untuk memberikan penghormatan bagi para Pahlawan Warga yang telah berdampak nyata. Dari akar rumput mereka menginspirasi kita, untuk selalu memberi lebih. Mengingatkan kita bahwa yang terbaik yang kita miliki adalah satu sama lain.” kata Neneng.

BACA JUGA : Serap Resep Dongkrak Bisnis UMKM di Tengah Pandemi ala Gojek

Gerakan apresiasi Pahlawan Warga berlangsung dari 17 Agustus 2021 hingga 12 September 2021, melibatkan sejumlah tokoh seperti Najwa Shihab (Jurnalis), Alissa Wahid (Aktivis Sosial), Andy F. Noya (Jurnalis dan Pendiri benihbaik.com) dan Ndorokakung (Pegiat Media Sosial) sebagai tim penilai untuk memilih tujuh belas Pahlawan Warga paling menginspirasi.

Selain itu Grab berkolaborasi dengan dua kreator Indonesia; animator Wahyu Ichwandardi [@pinotski] dan ilustrator Asmara Wreksono [@miund], untuk membuat karya seni visual digital di media sosial yang merefleksikan kebersamaan warga di tengah pandemi.

Kolaborasi ini berguna untuk mendorong masyarakat ikut berpartisipasi dalam menominasikan Pahlawan Warga versi mereka. Pengumuman terpilihnya tujuh belas Pahlawan Warga akan berlangsung pada 26 September 2021, dan disiarkan virtual secara langsung di akun media sosial Grab Indonesia dan Narasi [Instagram dan Youtube]. Grab akan memberikan apresiasi berupa uang tunai kepada para “Pahlawan Warga” terpilih.

Exit mobile version