Pakar Keuangan Bagi 3 Tips Beli Properti di Tahun 2023

Ilustrasi gambar tips beli properti

Asian young couple standing and hugging together looking happy in front of their new house to start new life. Family, age, home, real estate and people concept.

Mempunyai rumah tetap adalah impian bagi sebagian orang. Sayangnya, keinginan tersebut seringkali seiring dengan kebingungan akan segi finansial. Terlebih harga rumah yang melambung tinggi setiap tahunnya. Lalu, tips beli properti yang seperti apa sih yang dibutuhkan?

Founder Finansialku Melvin Mumpuni memberikan tips terkait resolusi keuangan, khususnya membeli properti.

“Pertama, menurut saya adalah kita sehatkan dulu nih kondisi keuangan kita. Apapun kondisi yang akan terjadi di negara kita, kalau kitanya sudah siap dan aman secara keuangan, kita jadi jauh lebih tenang,” kata Melvin dalam keterangan resmi, Jumat (13/1/2023).

Baca juga: Ucapan Alhamdulillah Pintu Pembuka Keberkahan

Kemudian ia juga membeberkan sebuah framework untuk memprioritaskan keuangan, yakni piramida perencanaan keuangan.

Piramida paling bawah, disebut sebagai fondasi keamanan keuangan meliputi cash flow, dana darurat, pinjaman, dan manajemen risiko. Bentuknya pun beragam, seperti rekening, deposito, emas, RDPU, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, dan asuransi kesehatan.

Jika fondasi keamanan keuangan tersebut telah terpenuhi, barulah menuju tahap investasi.

“Tapi saran saya pertama adalah kita harus sehat dulu secara keuangan. Karena kalau sudah sehat secara keuangan, kita lebih pede mau beli rumah,” kata Melvin, menekankan.

Tips kedua, Melvin menyarankan untuk mencari dan memanifestasikan rumah.

“Biasanya orang itu takut untuk buka harga atau bahkan di aplikasi HP-nya itu lebih banyak aplikasi online shop, daripada aplikasi untuk beli rumah. Believe it or not, ada rumah dengan harga tertentu yang bikin penasaran, coba deh kita datengin aja. Iseng (aja datangi dulu), lalu kita memanifestasikan,” terang Melvin.

Baca juga: 7 Hobi Ekstrem untuk Pacu Adrenalin yang Seru Banget

“Kalau teman-teman melakukan manifestasi, mendatangi rumah contoh yang menarik untuk dibeli, dan membayangkan setiap sudut ruang di rumah tersebut, kamu sudah membayangkan untuk melakukan sesuatu di mana pikiran kamu sudah masuk di situ (untuk memiliki rumah). Itu namanya manifestasi. Believe it or not, kalau kamu bermanifestasi, kamu tuh bisa menuju ke sana. Itu adalah the law of attraction,” kata Melvin.

Lebih lanjut, tips ketiga Melvin menyarankan untuk menghitung dan mensimulasikan DP dan cicilan.

Dengan cara tersebut, orang akan semakin dekat kepada mimpinya untuk memiliki rumah. Kemudian, tips beli properti keempat dari Melvin yaitu melakukan tahapan-tahapan pembelian rumah sesuai dengan action plan.

“Pastikan kamu ngerti hitungannya dan rutin investasi setiap bulan, jangan bolong-bolong dan konsisten aja. Kalau sudah, lalu di-review berkala sebulan sekali. Terus, beli deh rumah atau propertinya. Jadi se-simple itu,” ujar Melvin.

Baca juga: 3 Cara Ajak Anak Berkreasi Jadi Content Creator

Exit mobile version