Pangkas Waktu Pengantaran Paket, Peran Smart Point di Cigudeg, Bogor

jne pangkas waktu pengantaran paket di Bogor dan sekitarnya berkat smart point di cigudeg

Para karyawan Smart Point (SP) Cigudeg, JNE Bogor.

JNEWS – Smart Point (SP) Cigudeg, JNE Cabang Utama Bogor, telah sukses memangkas waktu pengantaran paket ke para pelanggan setia JNE menjadi lebih cepat sekitar 6 jam, sehingga para pelanggan diuntungkan karena paket semakin cepat sampai.

SP Cigudeg yang berlokasi di Jalan Raya Leuwisadeng No. 88, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berdiri pada Juni 2019. SP Cigudeg didirikan, awalnya karena terjadinya penumpukan paket kiriman saat musim puncak kiriman (high season) seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Bahkan karena jauhnya jarak yang ditempuh, beberapa kurir JNE ada yang harus menginap di rumah warga agar kiriman sampai dengan cepat dan tepat waktu. Sebagai gambaran, wilayah Kabupaten Bogor cukup luas dan juga letak geografisnya banyak yang masih daerah hutan dan pegunungan.

Dan ternyata cara tersebut efektif untuk mempercepat kiriman, dibandingkan dengan para kurir harus berangkat dari gudang di Karadenan. Alhasil JNE Bogor memutuskan untuk membuat gudang khusus di kawasan Cigudeg tersebut.

Sebelum adanya SP Cigudeg, sambung PJS Koordinator SP Cigudeg Zulkarnaen Lubis, para kurir harus menyiapkan kiriman jam 08.00 pagi di gudang Karadenan yang dilanjutkan dengan menyiapkan runsheet (daftar pengantaran) dan menentukan rute pengantaran ke alamat penerima paket (mapping dan routing) yang biasanya rampung sekitar jam 12 siang.

Baca juga: Berpikir Solutif ala Kurir Teladan JNE Kuningan

“Setelah makan siang para kurir biasanya mulai berangkat menuju area delivery masing-masing yang membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dan kemudian baru melakukan proses delivery ke para customer. Jadi SP bisa memangkas waktu sekitar 6 jam,” ujar Zulkarnaen kepada JNEWS, Senin (19/2/2024).

Pada awal berdirinya, ada sekitar 15 karyawan yang bekerja di SP Cigudeg. Namun seiring berjalannya waktu kini sudah mempekerjakan 28 karyawan yang mayoritasnya adalah kurir motor dan mobil.

Adapun kiriman yang ada di SP Cigudeg berasal dari gudang Karadenan dan paket-paket tersebut akan diantar kelima kecamatan, yaitu Kecamatan Jasinga, Cigudeg, Sukajaya, Nanggung dan Kecamatan Leuwisadeng.

Diungkapkan Ksatria yang mulai bergabung di JNE sejak 2015 ini, ada beberapa area pengantaran yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi, yaitu Desa Malasari dan Desa Koleang serta Desa Cileuksa yang berbatasan langsung dengan Desa Curug, Kabupaten Tangerang.

“Perjalanan dari SP Cigudeg ke desa-desa tersebut sekitar 3 jam dengan kondisi jalan masih berbatu, melewati hutan pinus, perkebunan sawit hingga hutan karet. Para kurir tetap semangat dan kerja keras agar paket kiriman sampai dengan cepat dan tepat waktu,” bebernya.

Luas SP Cigudeg sendiri saat ini cukup memadai dan mampu menampung ribuan paket perharinya. Begitu juga area parkirnya mampu menampung puluhan unit kendaraan roda dua dan roda empat, termasuk 1 unit truck CDD Long.

“Seluruh tim di SP Cigudeg terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan. Dan sekarang tengah bersiap menyambut lonjakan kiriman menjelang bulan Ramadhan. Semoga JNE semakin maju dan berkembang serta terus mengantarkan kebahagiaan bagi para pelanggan setianya,” tutup Zulkarnaen. *

Baca juga: Langkah Mudah Mengirim Paket COD dengan JNE

Exit mobile version