Panduan Wisata Pantai Batu Karas: Daya Tarik, Aktivitas Seru, dan Tip Liburan

JNEWS – Keindahan Pantai Batu Karas berhasil menjadi magnet wisata bahari bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Memiliki ombak yang cukup besar, pantai ini kerap dijadikan arena surfing oleh surfer lokal maupun mancanegara. Bahkan populer sebagai tempat untuk belajar surfing bagi para pemula.

Dikutip dari website resmi Kabupaten Pangandaran, pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Adapun jarak tempat wisata ini kurang lebih 7,7 km dari wisata alam Green Canyon, dengan waktu tempuh sekitar 14 menit menggunakan kendaraan. Sedangkan dari Pantai Pangandaran, jaraknya kurang lebih 33 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Dibandingkan dengan Pantai Pangandaran, kawasan Batu Karas memang relatif lebih sunyi tetapi masih asri dan alami. Beberapa fasilitas akomodasi seperti hotel dan penginapan yang berada di dekat pantai, membuat tempat ini cocok untuk pasangan pengantin baru yang ingin bulan madu.

Daya Tarik Pantai Batu Karas

Panduan Wisata Pantai Batu Karas: Daya Tarik, Aktivitas Seru, dan Tips Liburan
Sumber: Disparbud Jabar

Pantai Batu Karas merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Jawa Barat. Menikmati matahari berwarna jingga di petang hari yang perlahan tenggelam di balik horizon, menjadi salah satu daya tarik utama dari pantai ini.

Tak hanya itu saja, pesona alamnya yang memukau membuat pantai ini dijadikan setting novel Rapijali karya Dee Lestari yang terkenal. Untuk lebih mengenal Pantai Batu Karas, berikut sejumlah daya tariknya yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum berkunjung.

1. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai memang tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam. Hal ini berlaku juga di Pantai Batu Karas. Panorama saat pagi dan petang menjelang malam sangat dinantikan oleh pengunjung.

Terlebih saat matahari tenggelam, pemandangannya begitu ‘magis’. Langit yang berwarna jingga dipadu air laut kebiruan, ditambah siluet para peselancar yang tengah ‘menunggangi’ ombak dengan papan surfingnya. Pemandangan ini sulit untuk ditemui di pantai lainnya.

Baca juga: 6 Daya Tarik Pantai Pangandaran yang Tetap Memukau dari Dulu Hingga Sekarang

2. Menikmati Keindahan Laut dari Bukit

Di sekitar pantai ini ada beberapa bukit yang bisa didaki. Di atas bukit tersebut, wisatawan bisa melihat langsung Samudra Hindia yang berwarna biru dan sangat menawan. Bukit ini juga menjadi spot terbaik untuk memotret matahari tenggelam.

3. Ombak Besar tetapi Bersahabat

Pantai yang berada di selatan Pulau Jawa dikenal memiliki ombak yang cukup ganas. Hal tersebut disebabkan karena ada pertemuan langsung dengan Samudra Hindia. Tapi, berbeda di Pantai Batu Karas, sepanjang pantai tersebut terkenal aman dari risiko tenggelam atau terseret ombak.

Aktivitas Menarik di Pantai Batu Karas

Dengan daya tarik di atas, ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Batu Karas. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Surfing

Kendati memiliki air laut yang tenang, tetapi ombak di Pantai Batu Karas cukup menantang. Inilah yang membuat pantai tersebut populer di kalangan surfer.

Pantai ini ramai dikunjungi surfer yang ingin merasakan sensasi menaklukkan ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Karakteristik ombak di pantai ini sangat cocok untuk peselancar pemula dan menengah. Sedangkan untuk profesional, ombak di pantai tersebut mungkin akan terlalu mudah ditaklukkan.

Satu hal lainnya yang menjadi daya pikat pantai ini di mata peselancar adalah adanya teluk kecil. Kehadiran teluk tersebut membuat mereka tidak perlu mendayung terlalu jauh untuk bisa menuju titik awal gelombang.

Ada tiga spot favorit para peselancar yaitu Legok Pari, Karang, dan Bulak Pendek. Bagi peselancar profesional, biasanya memilih Bulak Pendek karena gelombangnya relatif tinggi dan panjang. Sedangkan bagi pemula, Legok Pari sangat cocok karena ombaknya tidak terlalu tinggi.

2. Memancing

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah memancing di laut. Untuk sampai ke lokasi spot pemancingan, cukup menyewa perahu. Apabila tidak membawa peralatan pancing, tidak perlu khawatir karena ada tempat penyewaan alat pancing di pantai ini.

3. Berkemah

Di Pantai Batu Karas tersedia area berkemah. Nama tempat kemahnya adalah Pantai Batu Nunggul atau dikenal dengan sebutan Hidden Beach Batu Karas. Lokasinya terletak di sebelah barat pantai. Berkemah di sini wisatawan akan disuguhkan pemandangan eksotis laut di pagi dan malam hari.

4. Kuliner Seafood

Berwisata di tempat ini jangan lewatkan mencicipi aneka kuliner seafood. Ada sejumlah warung yang menyajikan menu khas Sunda dan seafood seperti udang bakar, kerapu, kakap bakar hingga nasi liwet.

5. Berkunjung ke Konservasi Mangrove

Ingin wisata edukasi? Wisatawan bisa berkunjung ke kawasan konservasi mangrove di Dusun Sanghyang Kalang. Lokasinya tidak terlalu jauh, sekitar 1 km dari Pantai Batu Karas. Di kawasan tersebut, wisatawan bisa melihat pemandangan pohon-pohon mangrove di Sungai Cijulang.

Tip Berlibur ke Pantai Batu Karas

Dengan sederet daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini, menyusun rencana liburan tentunya akan lebih menyenangkan. Mulai dari bujet hingga akomodasi selama berlibur. Namun, agar liburannya lebih maksimal, berikut sejumlah tip yang bisa diterapkan.

Baca juga: 6 Pantai Terdekat dari Kota Bandung: Wisata Pantai Seru Tanpa Perlu Jauh-jauh

Pantai Batu Karas cocok dijadikan alternatif liburan bersama keluarga. Apalagi harga tiket masuknya pun bersahabat yakni Rp10.000 per orang dan fasilitasnya cukup memadai. Tentunya wisata bahari ini akan membuat pengalaman liburan menjadi tidak terlupakan.

Exit mobile version