Keindahan Pantai di Indonesia: 12 Destinasi Bak Maldives

JNEWS – Keindahan pantai di Indonesia, terutama di Bali dan Lombok, sudah terkenal hingga ke mancanegara. Sebenarnya, banyak pantai indah yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Namun berhubung reputasi Bali sudah dikenal sebagai destinasi wisata dunia, maka pantai-pantai di sanalah yang lebih dulu terkenal.

Dikutip dari laman WorldAtlas, Indonesia memiliki pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada, yaitu sepanjang 99,083 km. Namun Indonesia memiliki keunggulan yaitu terletak di negara tropis sehingga pantai-pantai Indonesia memiliki lebih banyak keaneragaman hayati dan pemandangannya bisa dinikmati lebih lama. Laman tersebut memajang foto Pantai Pink di Pulau Komodo untuk mewakili pantai-pantai di Indonesia.

12 Pantai di Indonesia Bak Maldives

Maldives terletak di Samudra Hindia yang memiliki iklim tropis mirip Indonesia sehingga banyak pantai di Indonesia yang keindahannya bisa disandingkan dengan Maldives.

Berikut adalah 12 pantai di Indonesia yang keindahannya tak kalah dengan Maldives.

Keindahan Pantai di Indonesia: 12 Destinasi Bak Maldives

1. Pantai Nihiwatu di Nusa Tenggara Timur

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia. Pantai ini tidak pernah keluar dari 100 pantai terbaik di dunia, hanya saja posisinya bergeser tergantung pembuat peringkat. Nihiwatu pernah menduduki peringkat ke-17 dunia dan terbaik di Asia.

Pantai ini benar-benar indah, bersih, dan favorit para peselancar dunia. Namun sayang, Nihiwatu adalah pantai pribadi yang hanya boleh dinikmati oleh para tamu Nihi Resorts.

2. Pantai Melasti di Bali

Bali memiliki banyak pantai menarik yang sebagian berupa private beach dan sebagian lagi merupakan pantai umum. Melasti ini istimewa karena selain indah, terdapat beberapa private beach yang sempat viral. Meski demikian, ada juga bagian yang juga bisa dinikmati wisatawan umum dengan bebas. Pantainya bersih, pasirnya putih, air lautnya bewarna biru cerah, dan akses jalan mulus.

Waktu terbaik berkunjung ke Melasti adalah bulan Juni-Juli ketika Indonesia musim kemarau sementara Australia sedang mengalami musim dingin. Saat itu mataharinya akan bersinar terang tetapi hawanya tidak terlalu panas.

3. Pantai Pink di Nusa Tenggara Barat

Pantai Pink sangat terkenal di dunia karena warna pantainya memang berwarna pink akibat percampuran koral merah (foraminifera) dan pasir kristal putih. Pantai yang memiliki nama asli Pantai Tangi ini terletak di ujung selatan Pulau Lombok. Pantai ini bersih, ombaknya tenang dan tidak ada pedagang asongan. Pengunjung dapat berenang atau snorkeling.

Baca juga: Surga Tersembunyi di Nusa Tenggara Barat: Pantai-Pantai yang Belum Banyak Dikunjungi

4. Pantai Batu Berlayar di Kepulauan Bangka Belitung

Sesungguhnya sulit memilih pantai terindah di provinsi ini karena begitu banyaknya pilihan. Pantai paling terkenal adalan Tanjung Tinggi yang merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Namun jika ingin benar-benar menikmati keindahan pantai yang masih alami dan tidak penuh pengunjung, maka Pantai Batu Berlayar adalah pilihan terbaik. Pantai di Pulau Batu Berlayar ini dapat dicapai dalam 10 menit menggunakan perahu dari Pulau Kepayang.

5. Pantai di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan berada di Laut Sulawesi yang terdiri dari beberapa pulau. Pantai yang terkenal keindahannya dan dijuluki Maldives di Kalimantan adalah pantai yang terdapat di Pulau Derawan dan Maratua. Air di wilayah ini sebening kristal dengan pasir yang putih.

Landmark Derawan ada di Pulau Derawan. Sedangkan vila-vila eksklusif seperti di Maldives banyak terdapat di Pulau Maratua.

6. Pasir Timbul Raja Ampat di Papua

Sesuai namanya, pantai yang putih bersih ini hanya timbul jika air surut. Air di sekitarnya sangat bening sehingga pengunjung dapat melihat hingga ke dasar laut. Pengunjung dapat snorkeling di sekitar pantai yang kaya dengan kelompok-kelompok ikan hias dan terumbu karang berwarna-warni. Untuk sampai di Pasir Timbul, wisatawan dapat menyewa perahu dari Waisai.

7. Pantai Mandel di Sulawesi Tengah

Letaknya yang cukup jauh tak membuat turis asing mengunjungi pantai ini. Pantai Mandel terletak di Kepulauan Banggai yang memiliki banyak perairan indah, seperti Pantai Oyama, Pantai Poganda dan Danau Paisu Pok. Pantai ini memiliki pemandangan yang menakjubkan karena perpanduan yang kontras antara warna laut yang biru menyala dan pekat serta pasir yang putih bersih.

8. Pantai-pantai di Kepulauan Kei Kecil, Maluku

Kepulauan ini terkenal di luar negeri karena dikelilingi pantai yang indah dengan air yang biru jernih dan pasir putih. Ada Pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat dengan garis pantai hingga 3-5 km. Ada Pantai Ngurtavur yang unik karena terdapat daratan pasir sejauh 2 km membelah laut. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat burung pelikan.

Desa Ngilngof yang berada di tepi pantai memiliki sejumlah homestay yang dianugerahi homestay terbaik di ASEAN Tourism Award 2023-2025. Pasir di Kepulauan Kei terkenal sebagai pasir terhalus di dunia.

9. Pantai Iboih dan Rubiah di Aceh

Dua pantai di Pulau Sabang atau Weh ini harus disebutkan semua karena letaknya tidak terlalu jauh dan sama-sama indah. Lautnya jernih dan pasirnya putih sehingga menyenangkan untuk snorkeling dibarengi koloni ikan hias yang berwarna-warni. Ada pula dolphin trip untuk melihat lumba-lumba dari dekat di habitatnya dengan menyewa perahu. Pantai-pantai ini dapat menjadi destinasi wisata keluarga.

10. Pantai-Pantai di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat

Pantai-pantai Mentawai terkenal sebagai surganya para peselancar dunia. Lautnya yang biru biru, pasirnya yang bersih dan ombak yang berguling membuat kepulauan di Samudra Hindia ini memesona.

Pantai-pantai yang sangat layak untuk berada di daftar pantai di Indonesia yang paling indah, antara lain pantai di Pulau Awera, Sipora, Siberut, dan Pototoga. Perlu diketahui bahwa kadang pasir pantai di Pulau Awera berwarna pink seperti Pantai Pink di NTB.

11. Pantai-Pantai di Pulau Karimunjawa

Pulau yang terletak di utara Jepara, Jawa Tengah, ini memiliki beberapa pantai yang indah dengan air yang jernih dan pasir putih. Namun ada pula pantai yang dapat dinikmati dari tebing sambil merenung. Warga Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh ke Lombok, apalagi ke Maldives. Bahkan di Karimunjawa sudah ada bandara untuk pesawat komersial. Pantai-pantai yang cantik tersebut antara lain Pantai Bobby, Tanjung Gelam, Sunset Beach, Batu Topeng, dan Anora.

12. Tomini Bay di Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo

Teluk Tomini meliputi 3 provinsi karen merupakan teluk terbesar di Indonesia. Teluk ini memiliki pantai berwarna biru jernih dan pasir yang putih sehingga merupakan lokasi snorkeling dan diving yang seru. Ikan-ikan hias dapat terlihat dari atas perahu saking jernihnya. Di sini juga terdapat beberapa biota laut endemik.

Baca juga: Panduan Liburan ke Negara Maldives: Tips dan Trik untuk Wisatawan Pertama Kali

Ulasan tentang 12 pantai yang keindahannya setara dengan Maldives di atas hanya mewakili sebagian kecil dari keindahan pantai di Indonesia. Dengan pengelolaan yang profesional, pantai-pantai di Indonesia akan dapat melampaui Maldives di masa mendatang.

Exit mobile version