Daya Tarik Aktivitas Pantai Drini: Berenang, Memancing, atau Hanya Bersantai

Panorama memukau di Pantai Drini sangat populer di kalangan wisatawan lokal. Bagaimana tidak, lokasi ini ini menawarkan pengalaman wisata yang alami dan bersih hingga aktivitas yang menarik. Wisata air ini terletak di Kelurahan Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta ini. 

Keindahan Pantai Drini tidak perlu diragukan lagi. Daya tariknya yang terkenal yaitu pulau karang yang berada di tengah area, seakan membelah dua sisi pantainya. Pemandangan alamnya masih sangat alami dengan warna biru kehijauan laut dan pasir putih serta morfologi pulau karang dan tebing turut menghiasi.

Ombak laut yang cukup tenang di satu sisi ditambah dengan keragaman biota laut yang ada menambah kenyamanan pengunjung untuk menghabiskan waktu di pantai ini. Jika tertarik, kamu bisa menemukan berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan di sini.

Mengenal Pantai Drini

Daya Tarik Aktivitas Pantai Drini: Berenang, Memancing, atau Hanya Bersantai

Sebelum itu, kamu perlu mengenai seluk beluk area ini. Adapun, jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 61 km atau 2-3 jam perjalanan. Jalan menuju pantai ini cukup baik untuk dilalui bus besar, mobil, ataupun sepeda motor. 

Tak hanya itu, destinasi wisata ini juga dilengkapi juga dengan fasilitas seperti tempat parkir, toilet umum, tempat ibadah, penginapan, warung makan, hingga toko suvenir. 

Tahukah kamu? Penamaan Pantai Drini berasal dari nama tumbuhan yaitu santigi (Pemphis acidula) atau disebut oleh masyarakat sekitar dengan drini. Tumbuhan ini dipercaya oleh masyarakat sebagai penangkal ular berbisa. Namun, sayangnya, saat ini sudah tidak ada lagi pohon drini yang tumbuh dan tersisa pandan laut (Pandanus tectorius) yang memenuhi area pantai ini.

Baca juga: 5 Pantai Gunung Kidul yang Menjadi Surga Snorkeling

5 Aktivitas Menarik di Pantai Drini

Di sisi timur, tebing-tebing berdiri dengan megah seolah menguasai laut dan terlihat tenang. Sementara, di sisi barat, mata akan dimanjakan oleh warna-warninya deretan perahu bercadik yang tertambat. 

Dua sisi pantai yang berbeda membuat aktivitas yang dilakukan di sini menjadi beragam. Selain keindahannya, letak geografis dan besarnya ombak sisi pantai ini menjadi pilihan tepat bagi para nelayan untuk menangkap ikan, sehingga Pantai Drini pun dijuluki sebagai kampung nelayan tradisional. 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan di sini, mulai dari bersantai, berenang, hingga memancing. Orang dewasa bahkan anak-anak dapat bermain air dan berenang di sisi timur. Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan juga yaitu berkeliling menggunakan kano. Bersantai sembari mendayung kano menyusuri Pantai Drini akan sangat menyenangkan.

1. Eksplorasi Pulau Karang

Bagian tengah pantai yakni pulau karang yang membelah memiliki akses yang menghubungkan antara pantai dengan pulau tersebut. Satu hal yang menarik dari akses jembatan ini dapat dilihatnya sekumpulan pasir hitam yang kontras dengan pasir putih di sana. 

Di pulau karang ini, konon ada sungai bawah tanah yang membawa pasir hitam hingga akhirnya terakumulasi. Terdapat tangga beton yang tersedia di pulau karang untuk para pengunjung mencapai puncak dari pulau tersebut. Pemandangan Pantai Drini secara lebih luas dapat dinikmati saat menaiki puncak pulau ini.

2. Spot Foto Bagus

Pasir putih dan bersih di Pantai Drini membuat aktivitas seru lainnya yang dapat dilakukan oleh para pengunjung, terutama anak-anak. Sembari menikmati pemandangan pantai yang indah, pengunjung juga dimanjakan dengan spot-spot untuk berfoto, mulai dari jembatan menuju Pulau Drini, di dekat kapal nelayan, hingga di atas tebing.

3. Memancing

Hal yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah kegiatan memancing. Daya Tarik pantai ini adalah lokasinya yang tepat untuk memancing dan dijadikan mata pencaharian oleh para nelayan. Salah satu spot memancing di sini adalah Kedung Caron. 

Di spot ini, banyak terkumpul beberapa jenis ikan yang bisa dipancing. Selain itu, pengunjung bahkan bisa mencoba pengalaman memancing di tengah laut dengan menggunakan kapal nelayan. Harga sewanya dibanderol mulai Rp400.000 sampai Rp500.000.

Waktu yang tepat untuk memancing di Pantai Drini ialah sore hari, ketika ikan-ikan mencari makanan di lokasi pendaratan kapal. Biasanya umpan untuk memancing ikan jenis caru maupun layur yaitu ikan teri. Untuk kondisi air laut yang cocok, ikan baronang atau candukan dapat dipancing dengan umpan rumput laut.

4. Kulineran 

Terasa kurang apabila selesai memancing tidak mencicipi kuliner yang ada di sini. Banyak pedagang dan warung makan yang tersedia dengan bermacam-macam menu olahan seafood yang menggugah selera. Hidangan laut yang disajikan tentunya masih fresh dan nikmat.

5. Berkeliling dengan Kano

Aktivitas lain yang bisa dinikmati di Pantai Drini adalah bermain kano. Dengan berkano, kamu dapat menjelajahi pantai dengan cara yang lebih menyenangkan. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga kamu dapat berkeliling tepian pantai dengan kano secara tenang. 

Jika tertarik, kamu dapat menemukan penyewaan kano di sekitar Pantai Drini dengan biaya sekitar Rp50.000 per orang. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang menarik, terutama karena tidak semua pantai menyediakan penyewaan kano seperti yang ada di Pantai Drini. Menikmati pemandangan alam dari atas kano adalah pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Baca juga: Menilik Mitos dan Berbagai Ritual Sakral di Pantai Parangtritis

So, itulah deskripsi Pantai Drini dan berbagai aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Pantai Drini menjadi destinasi favorit yang wajib dikunjungi wisatawan saat pergi ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemandangan dan bentang alamnya yang indah lengkap dengan fasilitas yang tersedia sangat sayang untuk dilewatkan.

Exit mobile version