Pantai Goa Langir: Permata Tersembunyi di Sawarna

JNEWS – Desa Wisata Sawarna tidak asing lagi di kalangan wisatawan pencinta wisata bahari. Desa ini memiliki sejumlah pantai yang eksotis dengan pemandangan alam menakjubkan. Di antara pantai yang populer seperti Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Layar, ada satu yang masih jarang dikunjungi yaitu Pantai Goa Langir.

Dikutip dari website Desa Wisata Banten, terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, desa wisata ini sangat mengandalkan potensi alam dan kearifan lokal pedesaan. Ditambah bentangan pantai yang panjang, banyaknya gua, kerajinan hingga kuliner lezat, membuat desa ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Di antara jejeran pantai yang indah, Pantai Goa Langir memang masih kurang dikenal. Namun jangan salah, pesona pantai dengan pasir berwarna putih kecokelatan tak kalah memukau dibandingkan pantai lainnya. Tidak heran apabila pantai ini disebut surga tersembunyi di Sawarna.

Pesona di Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir
Sumber: Sultan TV

Pantai Goa Langir termasuk pantai yang masih alami dan sedikit pengunjung. Hal ini membuat pantai tersebut menjadi tempat favorit sebagian wisatawan yang menginginkan liburan jauh dari keramaian. Kendati demikian, berlibur ke tempat ini bisa menikmati pesona alam dan melakukan beragam aktivitas. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pantai dengan Pasir Putih Kecokelatan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pantai Goa Langir memiliki pasir putih kecokelatan. Ditambah dengan air laut kebiruan, membentuk lanskap alam yang indah. Apalagi saat matahari terbenam, pemandangan langit berwarna jingga sangat indah berpadu dengan birunya lautan.

2. Ada Banyak Goa

Pantai ini memiliki sejumlah gua yang unik dan bisa dikunjungi. Mulai dari Goa Langir seperti nama pantainya, Goa Kanekes, Goa Seribu Candi hingga Goa Harta Karun.

Apabila ingin menjelajahi gua-gua tersebut, harus berhati-hati. Karena ada beberapa gua yang aksesnya mesti menaiki anak tangga yang cukup curam.

Namun, ada juga gua-gua lain yang terletak di dekat pintu masuk maupun dekat bibir pantai. Jadi, gua ini bisa dijadikan pilihan apabila tidak ingin menaiki anak tangga yang curam.

Baca juga: Panduan Liburan ke Pantai Sawarna: Aktivitas, Akomodasi, dan Kuliner Lokal

Aktivitas Seru di Pantai Goa Langir

Berada di pantai ini, wisatawan bisa melakukan sejumlah aktivitas seru yang akan menambah pengalaman terbaik selama liburan.

1. Berkemah

Di Pantai Goa Langir tersedia area khusus berkemah. Jadi, bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini, bisa membawa perlengkapan berkemah dan mendirikan tenda di area yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Beberapa area yang bisa digunakan seperti di bawah pepohonan, dekat dinding bebatuan, di bibir pantai. Namun tidak disarankan untuk mendirikan tenda di dekat air laut. Karena di waktu tertentu, air laut bisa pasang.

2. Memancing

Tidak banyak pengunjung membuat pantai ini asyik untuk dijadikan spot memancing. Sediakan alat pancing apabila akan berlibur ke sini.

Adapun lokasi pemancingan terletak di bibir pantai. Jadi, sebaiknya membawa joran pancing yang cukup panjang agar bisa melempar kailnya ke bagian tengah laut.

3. Panjat Tebing

Masih banyak yang belum tahu kalau pantai ini memiliki fasilitas panjat tebing yang bisa dicoba oleh wisatawan. Pantai ini dikelilingi dengan tinggi 30 sampai 70 meter yang merupakan tebing batuan karst, sehingga dindingnya kerap digunakan untuk olahraga panjat tebing.

Melakukan aktivitas ini sebaiknya sudah berpengalaman. Bagi pemula, disarankan untuk didampingi oleh yang berpengalaman dan menggunakan perlengkapan standar.

4. Main Pasir

Memiliki hamparan pasir putih kecokelatan yang bersih membuat pantai ini cocok untuk mengajak anak-anak bermain. Mulai dari lempar bola, membuat bangunan dari pasir hingga lari-larian.

Namun, apabila ingin santai sambil menikmati embusan angin pantai, cukup bawa tikar atau alas sambil rebahan di atas pasir putih.

Panduan ke Pantai Goa Langir

Sumber: Traveloka

1. Lokasi dan Jam Buka

Pantai Goa Langir buka 24 jam. Wisatawan bisa mengunjunginya baik pagi, siang, sore atau malam. Dengan begitu, liburan ke pantai ini pun bisa menyesuaikan dengan jadwal wisatawan. Misal ingin menikmati sunset, bisa datang pukul 16.00 atau 17.00. Ingin melihat sunrise, berkemah adalah pilihan terbaik.

Untuk lokasinya, pantai ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Jika datang dari Kota Serang, jarak tempuhnya sekitar 159 kilometer atau 3 jam 35 menit untuk tiba di pantai ini.

2. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Goa Langir sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Tidak ada pembedaan harga baik hari biasa maupun akhir pekan.

Berikut adalah harga tiket masuk pantai penting diketahui sebelum berwisata ke tempat ini:

Tambahan informasi, harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Alangkah baiknya, apabila datang dengan membawa bujet yang lebih sehingga bisa dialokasikan untuk harga tiket yang mengalami perubahan tiba-tiba.

3. Rute

Untuk rute menuju ke pantai ini ada beberapa yaitu rute timur, barat, dan rute dari Kota Bandung.

Rute timur

Titik awalnya dari Jakarta, lalu ke jalur Cibadak, Cikidang atau bisa juga melalui Cijeruk. Rute ini akan menghubungkan ke daerah Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu, perjalanan dilanjutkan ke kota Cisolok lalu tiba di Sawarna.

Rute barat

Titik awal dari Jakarta lalu ke Pandeglang. Perjalanan dilanjutkan ke Saketi hingga Malingping. Dari Malingping, lanjut ke Bayah lalu ke Sawarna. Di jalur barat ini juga bisa memilih jalur dari Jakarta ke Cilegon, lanjut ke Anyer. Dari Anyer, teruskan perjalanan hingga tiba di Labuan hingga ke Sawarna.

Dari Bandung

Dari Bandung ke Cianjur, lalu Sukabumi. Dari Sukabumi lanjut ke Cibadak hingga Pelabuhan Ratu. Seperti rute timur, perjalanan ke Cisolok lalu tiba di Sawarna.

Baca juga: 13 Pantai Pasir Putih di Indonesia yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Provinsi Banten memang surganya wisata bahari, seperti Pantai Goa Langir yang terletak di Desa Wisata Sawarna. Berkunjung ke pantai ini jangan lupa siapkan bujet dan perlengkapan liburan agar bisa menikmati pesona alam serta melakukan berbagai aktivitas seru di atas.

Exit mobile version