Pantai Karang Bolong: Formasi Karang yang Menakjubkan

JNEWS – Bagi pencinta wisata bahari, salah satu pantai yang populer, unik, dan menarik dikunjungi adalah Pantai Karang Bolong. Lokasi pantai ini masih di dalam kawasan Pantai Anyer.

Dari namanya, bisa tergambar keunikan yang dimiliki pantai ini. Jadi, ada sebuah tebing karang besar yang tengahnya berlubang dan ditumbuhi banyak pohon. Itulah yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Karang Bolong.

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan pohon-pohon kelapa yang berjejer di tepi sehingga tercipta panorama alam yang menakjubkan. Di area pantai terbagi menjadi dua bagian yakni area bebatuan karang dan area berpasir. Di area karang, sekilas hampir mirip dengan Tanah Lot Bali.

Mitos Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong: Formasi Karang yang Menakjubkan

Selain memiliki pemandangan yang memesona, konon pantai ini memiliki mitos yang dipercaya turun temurun. Dari cerita yang beredar, pantai ini pernah digunakan sebagai tempat wiridan, pertapaan atau semedi bagi seseorang yang ingin mencari kedamaian sepenuhnya dari Sang Pencipta. Dulu Prabu Pangeran Suryadilaga diyakini pernah menggunakan Pantai Karang Bolong untuk melakukan meditasi dan mengembangkan ilmunya.

Namun, di lain cerita, awal mulanya pantai ini bernama Pantai Karang Suraga. Nama tersebut diambil dari seorang pertapa yang pernah melakukan pertapaan hingga akhir hayatnya di pantai itu. Tapi, ada juga yang berpendapat bahwa nama tersebut mengacu pada fungsinya sebagai tempat untuk refleksi spiritual pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sayangnya, sebagian orang justru memanfaatkan pantai tersebut untuk hal-hal negatif. Mereka melakukan berbagai ritual tertentu dengan tujuan mencari kekayaan.

Nama pantai ini pun berubah seiring meningkatnya kunjungan dari masyarakat sekitar. Oleh pengunjung pantai menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Karang Bolong.

Baca juga: Rekomendasi Hotel di Anyer dengan View ke Laut

Daya Tarik Pantai Karang Bolong

1. Karang Bolong yang Ikonik

Terlepas dari mitos yang diceritakan turun temurun, terbentuknya karang bolong bisa dijelaskan secara ilmiah.

Menurut ahli geologis, lubang yang ada di tebing tercipta karena terjadinya kikisan air laut yang berlangsung dalam kurun waktu cukup lama. Namun, ada juga versi lain yang menyebutkan lubang tersebut muncul karena imbas letusan dahsyat Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Spot favorit karang besar dengan lubang di bawahnya ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan diameter 50 meter. Dengan ukuran tersebut, lubang tersebut terlihat unik dan eksotis. Apalagi ditambah dengan pepohonan rindang yang tumbuh di atasnya.

Menariknya, apabila cuaca dalam kondisi baik dan tidak tertutup kabut, pengunjung bisa melihat Anak Gunung Krakatau yang termasyhur. Selain itu, dengan sedikit naik ke lubang melalui tangga di samping kanan, pengunjung bisa menikmati keindahan lanskap laut lepas dan Pantai Carita.

2. Adanya Gua Pantai

Pantai ini juga menyimpan keunikan lainnya yaitu gua. Lokasi gua tersebut terletak tepat di bawah tebing batu. Area di dalam gua tidak terlalu luas dan dalam. Namun, yang membuat unik dan menarik adalah lekukan batuan yang terbentuk alami di dalamnya.

3. Gardu Pandang

Pantai Karang Bolong memiliki sebuah gardu pandang. Struktur dari gardu ini mirip gazebo dan terletak di atas sebuah tebing yang berada di bibir pantai. Tebing ini terpisah dari tebing-tebing lainnya dan agak lebih menjorok ke arah laut. Sayangnya, untuk bisa ke gardu hanya bisa dilakukan saat air pantai surut.

4. Aktivitas Menarik di Pantai

Berkunjung ke pantai tentunya tidak bisa dipisahkan dengan berbagai aktivitas menarik. Di pantai ini, pengunjung bisa melakukan aktivitas berikut ini yang seru dan menyenangkan.

Banana Boat

Jenis aktivitas yang umum dilakukan di pantai adalah bermain air. Namun, di Pantai Karang Bolong, pengunjung bisa menyewa banana boat untuk mendapatkan pengalaman lebih seru. Perlu diperhatikan, bermain air di pantai ini harus hati-hati karena ombaknya cukup besar di waktu tertentu.

Pengunjung perlu membayar tambahan untuk bisa menikmati banana boat. Selain itu, tersedia juga tempat penyewaan pelampung anak dan ban.

Naik ke Atas Tebing

Aktivitas seru lainnya yang tidak kalah menarik adalah naik ke tebing. Pantai Karang Bolong memiliki sejumlah tebing tinggi dan bisa dinaiki. Ada akses berupa anak tangga dengan pembatas di kanan kiri. Dengan waktu menempuh waktu 10-15 menit saja pengunjung sudah bisa mencapai puncak tebing.

Suasana di atas puncak sangat teduh dan udaranya sejuk. Hal ini disebabkan karena adanya pepohonan besar yang melingkupinya. Puncak tebing sangat cocok dijadikan tempat untuk swafoto.

5. Fasilitas

Fasilitas di pantai ini sudah dilengkapi dengan prasarana yang memadai. Mulai dari area parkir luas, toilet, musala, kamar mandi, gazebo hingga warung makan.

Panduan Wisata ke Pantai Karang Bolong

1. Lokasi dan Rute

Dari Kota Serang menuju pantai ini jaraknya 50 km, apabila dari Jakarta jaraknya 140 km. Namun, tidak sulit untuk menemukan pantai ini karena berada di tepi jalan raya. Lokasi tepat pantai ini ada di Jalan Raya Karang Bolong yang menghubungkan antara Carita dan Anyer.

Tersedia beberapa rute yang bisa dipilih untuk ke pantai ini. Rute yang paling populer adalah titik awalnya Jakarta. Dari Jakarta dilanjutkan ke Cilegon Barat dengan menggunakan jalan tol Jakarta Merak. Keluar dari tol, perjalanan dilanjutkan menuju Anyer. Tiba di Anyer jaraknya 18 km atau 35 menit menuju Pantai Karang Bolong.

2. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk bisa menikmati aktivitas dan pemandangan alam di pantai ini, pengunjung wajib membayar tiket masuk. Biayanya bervariasi, mulai dari biaya per orang hingga kendaraan. Berikut rinciannya:

Jam buka Pantai Karang Bolong setiap hari mulai Senin-Minggu, selama 24 jam. Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini saat musim panas. Pada akhir pekan atau hari libur nasional, biasanya jumlah pengunjung akan melonjak drastis.

Baca juga: Panduan Liburan ke Pantai Sawarna: Aktivitas, Akomodasi, dan Kuliner Lokal

Pantai Karang Bolong merupakan destinasi wisata komplit yang menawarkan pemandangan alam memesona, aktivitas seru hingga fasilitas memadai. Sangat cocok untuk dijadikan tujuan untuk liburan keluarga maupun acara kumpul bersama lainnya.

Exit mobile version