Pantai Klayar: Keindahan Surga Tersembunyi di Pantai Selatan Jawa

Pantai Klayar adalah salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Hamparan pasir putih bersih, ombak laut jernih yang menyisir tepian, hingga bukit-bukit yang mengelilingi Pantai Klayar tak jarang membuat pengunjung tak juga merasa puas untuk menikmati keindahannya.

Apalagi, jarak dari pusat Kota Pacitan menuju Pantai Klayar hanya sekitar 35 km. Lokasi tepatnya berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Padahal, kondisi jalan yang akan ditemui ialah deretan anak tangga yang kecil, beberapa kerusakan jalan dan tikungan tajam. Namun, semua itu sebanding dengan keindahan yang disajikan di sini.

Laut biru dan pasir putih menjadi kombinasi gambaran tepi laut yang didambakan banyak wisatawan. Pemandangan tersebut dapat dinikmati di Pantai Klayar ini. Pengunjung yang datang ke sini tiap tahunnya tidak banyak karena memang perjalanan yang cukup menanjak dan berliku. 

Lantas, seperti apa sih keunikan Pantai Klayar yang keindahannya bak surga tersembunyi di sisi selatan Jawa itu? Simak ulasannya berikut ini.

Keindahan dan Keunikan Pantai Klayar 

Pantai Klayar: Keindahan Surga Tersembunyi di Pantai Selatan Jawa

Sensasi nyata dari hamparan air laut yang biru dengan pasir putih ditambah batu karang yang mempesona tersaji di Pantai Klayar ini.

1. Seruling Samudera

Pantai Klayar memiliki fenomena unik yang disebut sebagai seruling samudera. Hal ini disebabkan karena di sini, ada banyak lubang berukuran kecil yang dapat menyemburkan air cukup tinggi. Fenomena ini diiringi dengan munculnya bunyi seperti seruling.

Namun, hal tersebut bukan suatu keanehan atau hal-hal berbau mistis. Adapun, suara seruling tersebut datang dari deburan ombak yang menjulang melalui celah lubang yang mengikuti angin sehingga menghasilkan suara yang indah. 

Baca juga: 10 Pantai Selatan Pulau Jawa yang Sarat dengan Mitos tetapi Sangat Indah

2. Pantai Pasir Putih

Meskipun memiliki batu karang yang dominan, Pantai Klayar juga memiliki sejumlah area dengan pasir putih yang lembut. Ini memberikan kontras yang menarik antara batu karang dan pasir.

Klayar mempunyai hamparan pasir putih yang panjang, pasirnya sangat kecil dan halus untuk dilihat dan dilalui. Bentang alam pesisir didominasi oleh geologi morfologi pantai yang dipengaruhi oleh struktur geologi dan uplift aktif dari laut selatan.

3. Tebing Air Terjun

Air terjun di Pantai Klayar yang bermuara dekat tebing adalah salah satu ciri khas yang membuat pantai ini menarik. Air terjun ini memiliki karakteristik yang unik karena airnya langsung mengalir dari atas tebing menuju laut. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa air terjun ini tidak selalu ada sepanjang tahun, tergantung pada musim hujan dan kondisi aliran air.

Air terjun ini sering disebut sebagai “air terjun setan” atau “air terjun mandul”. Nama-nama ini mengacu pada fenomena di mana air terjun ini tampak mengalir ke atas, yaitu dari laut menuju tebing, saat ombak besar menerjang tebing dan memantulkan air laut kembali ke atas.

4. Batu Karang 

Batu karang unik di sini adalah salah satu daya tarik utama dari pantai ini. Ada beberapa batu karang dengan bentuk yang menarik dan khas di sekitar Pantai Klayar. 

Satu di antaranya adalah batu karang yang sering disebut sebagai “Gajah” karena bentuknya yang menyerupai gajah dengan belalainya yang menjorok ke laut. Batu karang ini memberikan sentuhan artistik yang luar biasa pada pemandangan lautnya.

Selain batu karang “Gajah”, ada juga batu karang lain yang memiliki bentuk menarik, seperti formasi batu yang menyerupai gerbang atau pintu masuk, serta batu-batu karang lainnya yang terhampar di sepanjang garis pantai. 

5. Ombak Besar

Pantai Klayar dikenal dengan ombaknya yang cukup besar, menjadikannya tempat yang menarik bagi para peselancar. Namun, ombak yang besar juga dapat membuat lokasi ini kurang cocok untuk kegiatan berenang bagi mereka yang bukan peselancar berpengalaman.

6. Goa Tempat Ibadah

Di sekitar area ini, juga terdapat Goa Maria yang dijadikan sebagai tempat ibadah oleh umat Katolik. Di dalamnya, ada patung Bunda Maria dan merupakan destinasi wisata religi dan spiritual bagi pengunjung.

Baca juga: Daftar Lengkap Destinasi Wisata Batu Malang, Sehari Liburan Saja Tidak Cukup

7. Tebing Sphinx

Tak kalah uniknya, bentuk tebing karst yang terlihat sejauh mata memandang merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya. 

Tebing karst di Pantai Klayar berwarna gading pucat dan berukuran sangat besar dan tinggi hingga puluhan meter. Daratan yang memanjang ke arah laut, sehingga Tanjung Klayar pun sangat indah untuk dipandang dari sini. 

Bebatuan yang di sini bahkan berbentuk mirip seperti patung sphinx di Mesir. Batu tersebut oleh masyarakat disebut Watu Lumbung.

Jika kamu tertarik untuk melihat keindahan alam Pantai Klayar kamu dapat berkunjung dengan harga tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk hari Senin hingga Jumat, sedangkan saat weekend tarifnya menjadi Rp10.000 per orang. Selamat berkunjung!

Exit mobile version