10 Pantai Selatan Pulau Jawa yang Sarat dengan Mitos tetapi Sangat Indah

Pantai selatan Pulau Jawa sarat dengan mitos akibat seringnya terjadi musibah orang atau kapal tenggelam dan tsunami, hingga menyebabkan korban jiwa. Sebut saja, pantai-pantai di selatan Yogyakarta yang sering terendam oleh gelombang tinggi. Karena hal ini, sebagian masyarakat di selatan Pulau Jawa mempercayai mitos yang berhubungan dengan keselamatan mereka di sana.

Dikutip dari situs Ilmu Geografi, laut di selatan Pulau Jawa yang merupakan bagian dari Samudra Hinda, yang memang memiliki arus yang besar dan gelombang yang tinggi. Hal ini terkait Samudra Hindia itu sendiri yang memiliki banyak cekungan atau lubuk laut yang dalam. Meski jarang terjadi badai besar, di laut ini sering terjadi tsunami akibat pertemuan 3 lempeng tektonik, yang disebut dengan Rodrigues Triple Point. Karakter laut yang berbahaya tersebut menambah kepercayaan masyarakat terhadap mitos-mitos di daerah mereka.

Meski demikian, soal keindahannya, pantai selatan Pulau Jawa juga tersohor. Bahkan di Gunungkidul, deretan pantai yang memanjang dari timur ke barat seakan tiada putus, dan memiliki pasir putih dan air laut biru yang luar biasa indah.

10 Pantai Selatan Pulau Jawa yang Sarat Mitos

Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia. Karena itu, garis pantai di pulau Jawa memiliki banyak nama, sesuai dengan nama daerah tersebut atau nama legenda yang ada. Berikut adalah 10 pantai selatan pulau Jawa yang sarat dengan mitos.

Pantai Selatan Pulau Jawa Pelabuhan Ratu

1. Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pelabuhan Ratu adalah objek wisata pantai selatan favorit masyarakat, terutama dari Jawa Barat, Banten dan DKI, karena pemandangan laut yang lepas dan pasir pantai yang lembut. Di sini ada hotel yang terkenal karena dihubungkan dengan mitos Nyi Roro Kidul, yaitu Inna Samudera Beach Hotel. Hotel tersebut dibangun menggunakan uang kompensasi penjajahan Jepang.

Kamar 308 di hotel itu didesain dengan nuansa hijau, berisi lukisan Nyi Roro Kidul yang dibuat oleh Basuki Abdullah. Konon, kamar 308 merupakan wujud perjanjian Presiden Soekarno dan Nyi Roro Kidul sebelum pembangunan hotel. Kamar tersebut terbuka untuk umum tapi tidak disewakan untuk menginap.

Baca juga: Kangen Liburan? Ini Rekomendasi Wisata Pantai di Malang

2. Pantai Karang Hawu Sukabumi

Nama Karang Hawu merupakan gambaran pantai selatan dengan banyak karang yang menjorok ke laut dan memiliki beberapa cekungan mirip tungku. Dalam bahasa Sunda, tungku disebut hawu. Pantai Karang Hawu dipercaya sebagai gerbang menuju kerajaan gaib Nyi Roro Kidul. Banyak pengunjung yang percaya bahwa membasuh muka atau mandi dari air di cekungan tersebut akan mendatangkan rezeki dan menyembuhkan penyakit.

3. Pantai Sodong Cilacap

Pantai Sodong yang ditumbuhi pohon cemara udang, telah dikembangkan menjadi objek wisata dengan sarana lengkap. Ada kafe, gua meditasi, hingga ATV untuk menyusuri pantai. Namun banyak kisah mistis yang juga beredar di Pantai Sodong.

Di sini ada pertapaan tertua di Jawa Barat, peninggalan Kerajaan Sunda. Pertapaan itu kemudian digunakan untuk upacara Ngambek Geni oleh penganut Hindu. Konon, di Sodong ada pula gua tempat ular yang bisa menyemburkan api. Masyarakat percaya ular-ular tersebut dikumpulkan oleh Nyi Blorong. Yang terakhir adalah Gunung Selo yang angker. Di hari Jumat atau Selasa Kliwon, banyak pengunjung yang bertapa di Gunung Selo ini.

4. Pantai Karangbolong Kebumen

Karangbolong merupakan pantai yang kental dengan mitos Nyi Roro Kidul. Di sini terdapat kisah sarang burung walet, yang diambil Kyai Surti setelah bertapa dan mendapat izin Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan. Sarang burung walet tersebut digunakan untuk obat bagi istri Raja Mataram. Sejak itu selalu ada ritual sesaji dan pertunjukan kesenian sebelum masyarakat memanen sarang burung walet di Gua Karangduwur, Gua Pasir, dan Gua Karangbolong.

5. Pantai Parangkusumo Yogyakarta

Parangkusumo merupakan pantai yang letaknya tak jauh dari Parangtritis. Pantai ini lebih sepi dibandingkan Parangtritis. Namun di pantai inilah terdapat tempat pertapaan Panembahan Senopati, pendiri Kerajaan Mataram, yang bernama Cepuri. Di tempat ini pula, Panembahan Senopati bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Parangkusumo merupakan salah satu dari empat petilasan yang digunakan untuk upacara labuhan dalam rangka Hajad Dalem Sultan Keraton Yogyakarta.

6. Pantai Parangtritis Yogyakarta

Parangtritis merupakan pantai paling ramai di Yogyakarta karena fasilitasnya lengkap dan mudah dijangkau dari kota.  Garis pantai Parangtritis cukup panjang dan akses jalan bagus sehingga banyak wisatawan bersama keluarga besar memilih pantai ini untuk berwisata.

Namun Pantai Parangtritis dikenal luas sebagai daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Beredar kabar bahwa pengunjung disarankan tidak mengenakan baju berwarna hijau agar tidak hanyut karena konon pasukan Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau.

7. Pantai Buyutan Pacitan

Pacitan memiliki deretan pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Buyutan. Di sini terdapat batu karang yang bentuknya mirip mahkota milik Batara atau Dewa Narada. Batara Narada adalah dewa kepercayaan Batara Guru. Konon, mahkota tersebut jatuh dari langit ketika Dewa Narada terbang menuju kayangan. Seiring waktu, mahkota tersebut menyatu dengan pantai yang menjadi lokasi jatuhnya mahkota tersebut.

8. Pantai Ngliyep Malang

Memasuki wilayah timur Pulau Jawa, mitos tentang Nyai Roro Kidul masih terus menyelubungi pantai selatan. Di Pantai Ngliyep, terdapat Gunung Kumbang yang dipercayai sebagai tempat Nyi Roro Kidul bertapa sebelum menjadi Ratu Pantai Selatan. Masyarakat sering datang ke tempat ini untuk mencari berkah.

Ngliyep sendiri merupakan pantai yang indah dan masih alami. Pasirnya putih dan air lautnya biru. Pantai ini juga berdekatan dengan pantai terkenal lainnya di Malang, antara lain Balekambang dan Pasir Panjang. Pengunjung dapat berkemah atau mengikuti upacara labuhan di hari tertentu.

Baca juga: Intip Pesona Pantai Kasap yang Disebut Sebagai ‘Raja Ampat Pacitan’

9. Pantai Watu Ulo Jember

Nama Watu Ulo diambil dari batu besar berbentuk ular yang ada di pantai. Mitosnya, dahulu daerah tersebut dikuasai oleh ular yang sangat besar, yang disebut Nogo Rojo atau Raja Naga.

Ada dua kubu yang berpendapat tentang batu besar tersebut. Kubu pertama berpendapat bahwa itu adalah satu dari tiga bagian tubuh ular yang terbelah akibat bertempur dengan penduduk. Kubu lainnya berpendapat bahwa itu adalah utusan Ajisaka yang sedang bertapa dengan anggota tubuh yang memang tidak lengkap. Tubuh dan ekornya ada di Watu Ulo, sedangkan kepalanya ada di Banyuwangi.

10. Pantai Papuma Jember

Papuma atau Pasir Putih Malikan adalah pantai selatan yang terkenal keindahannya di Jember. Bentang alamnya sangat indah di balik bukit. Pantai yang juga disebut Tanjung Papuma ini sering disejajarkan dengan Raja Ampat.

Namun karena ada beberapa orang yang hilang terseret ombak, masyarakat percaya bahwa mereka diculik oleh pasukan Nyi Roro Kidul. Di dekat pantai ini juga ada Gua Lawa, tempat pertapaan Dewi Sri Wulan. Gua ini hanya terlihat ketika air laut surut.

Itulah deretan pantai selatan di Pulau Jawa yang memiliki pesona alam luar biasa, meskipun diselimuti mitos-mitos mistis. Terlepas percaya atau tidak, wisatawan harus selalu bersikap sopan dan menghargai budaya setempat.

Exit mobile version