Keindahan Pantai Senggigi: Destinasi Wisata Utama di Lombok

JNEWS – Pulau Lombok dan pantai adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pantai-pantai di Lombok tidak kalah populer dengan yang ada di Bali. Pemandangan alam yang eksotis, warna air laut yang jernih, pasir putih halus, semuanya dimiliki di pantai yang ada di Pulau Lombok. Salah satu yang populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Senggigi.

Berada di Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, jarak tempuh dari Kota Mataram menuju pantai ini pun tidak jauh. Jaraknya hanya sekitar 17,9 km atau 31 menit berkendara via Ampenan-Pamenang/Jl. Raya Senggigi. Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, membuat lokasi wisata ini ramai dikunjungi baik liburan maupun hari biasa.

Tiba di pantai ini, wisatawan akan disambut dengan panorama alam yang menakjubkan, pasir putih halus bersih alami, gradasi warna laut yang indah, dan garis pantai yang panjang.

Menilik Keindahan Alam dan Daya Tarik Pantai Senggigi

 

Keindahan alam Pantai Senggigi yang terletak di Lombok Barat sudah tidak perlu diragukan lagi. Daya tarik utama inilah yang membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berikut ini ulasan sejumlah daya tarik dan keindahan dari Pantai Senggigi yang sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi Pulau Lombok.

Keindahan Pantai Senggigi: Destinasi Wisata Utama di Lombok

1. Memiliki Garis Pantai Panjang dan Unik

Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dan tergolong unik. Dikatakan unik karena di Pantai Senggigi memiliki pasir dua warna yakni putih dan hitam. Dengan bibir pantai yang luas dan landai, membuat wisatawan lebih leluasa untuk bersantai, bermain di pantai, jalan-jalan hingga berenang karena airnya cukup dangkal.

Baca juga: 5 Alasan Pura Batu Bolong Harus Masuk dalam Itinerary Liburan di Lombok

2. Air Laut Jernih

Air laut pantai ini jernih dan bersih dengan warna biru yang dominan. Saking jernihnya, wisatawan bisa melihat jelas terumbu karang yang ada di  bawah permukaan air. Gelombangnya pun tidak terlalu besar sehingga cocok dimanfaatkan sebagai tempat berenang dan snorkeling untuk melihat langsung keindahan alam bawah lautnya.

Di musim tertentu seperti bulan Juni-September, banyak yang datang ke Pantai Senggigi untuk surfing. Ombaknya yang tidak terlalu besar sangat ideal untuk tempat berlatih surfing oleh pemula.

3. Panorama Sunset yang Menakjubkan

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Senggigi adalah sore hari. Karena pantai ini memiliki panorama sunset atau matahari terbenam yang sangat menakjubkan.

Hal ini tidak lepas dari posisi pantai yang menghadap ke barat. Ketika sore hari dan cuacanya serah, pemandangan eksotisnya sunset yang berwarna jingga hingga jatuh di balik laut bisa disaksikan dengan jelas.

4. Aktivitas Menarik

Surfing

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, ombak di pantai ini yang tidak besar sangat cocok untuk berselancar. Namun, apabila wisatawan tidak membawa perlengkapan surfing tidak perlu khawatir. Di pantai ini terdapat sejumlah jasa penyewaan papan selancar. Selain itu, bagi peselancar pemula juga bisa menyewa jasa guide untuk mendampingi saat surfing.

Snorkeling

Snorkeling bisa dilakukan di beberapa spot yang ombaknya tidak terlalu besar. Jasa penyewaan peralatan snorkeling pun ada di pantai ini dengan harga relatif terjangkau.

Berenang

Pantai Senggigi mempunyai bibir pantai yang landai, sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin berenang. Namun, saat cuaca buruk hindari untuk berenang karena berpotensi terjadi ombak besar.

Bersantai di Pantai

Umumnya wisatawan yang datang ke pantai ini memilih untuk duduk santai sambil bercengkrama, menikmati panorama alam terlebih saat sunset dan foto-foto. Kegiatan sederhana ini sudah cukup menyenangkan bagi wisatawan.

5. Wisata Edukasi di Kawasan Senggigi

Di sekitar Pantai Senggigi ternyata ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut berupa pantai dan juga taman wisata. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Wisata Alam Kerandangan.

Taman Wisata Alam Kerandangan memiliki luas 396,10 hektare dan kawasan wisata ini ramah anak. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sambil menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi dan rindang serta nuansa alam yang menenangkan.

Tempat ini juga merupakan kawasan konservasi berbagai flora dan fauna yang dimanfaatkan secara komersil untuk tujuan wisata edukasi.

Ada 56 jenis burung yang hidup di kawasan ini dan dikelola oleh Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat. Bahkan, beberapa jenis burung tersebut termasuk ke dalam kategori terancam punah seperti Celepuk Rinjani, Kehicap Ranting, Raja Udang Biru, Elang Flores, Cekakak Sungai dan lain-lain.

6. Fasilitas dan Tiket Masuk

Fasilitas umum di pantai ini cukup memadai. Akses menuju pantai tidak begitu jauh sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di pantai ini antara lain:

Lantas bagaimana dengan harga tiket masuk? Wisatawan tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar, harga tiket yang perlu dibayarkan adalah Rp15.000 per orang. Untuk jam operasionalnya, buka setiap hari selama 24 jam.

Baca juga: Spot Diving Terbaik di Nusa Tenggara Barat untuk Menikmati Keindahan Bawah Laut

Pantai ini adalah surga bagi wisatawan pencinta wisata bahari. Keindahan alam yang eksotis, fasilitas dan akomodasi memadai membuat Pantai Senggigi akan selalu menjadi primadona wisata Pulau Lombok.

 

Exit mobile version