6 Pantai Terdekat dari Kota Bandung: Wisata Pantai Seru Tanpa Perlu Jauh-jauh

Kondisi topografi Kota Bandung yang terletak 700 m di atas permukaan laut, membuat udaranya sejuk dan segar. Tak hanya itu saja, kota ini menyajikan beragam destinasi wisata alam yang memesona. Walaupun terkenal dengan wisata pegunungan, tapi ada juga pantai terdekat dari Kota Bandung yang bisa dijadikan destinasi liburan bersama keluarga.

Wisata bahari memiliki kesan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Birunya laut, pasir putih dan embusan angin laut sambil menikmati matahari terbit atau tenggelam merupakan magnet utama dari wisata yang satu ini.

Kota Bandung yang dikelilingi bukit dan gunung akan sulit menemukan pantai di sini. Tapi, jangan khawatir, wisatawan bisa mengunjungi beberapa daerah yang tidak jauh dari Bandung untuk menikmati wisata pantai.

Ada beragam wisata pantai terdekat dari kota Bandung yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Akses menuju daerah wisata ini aman untuk dilalui. Untuk harga tiket masuk pun relatif terjangkau. Lantas apa saja rekomendasi pantainya? Berikut ini ulasannya.

6 Pantai Terdekat dari Kota Bandung

1. Pantai Rancabuaya

Pernah menonton film Perahu Kertas yang dibintangi Maudy Ayunda dan Adipati Dolken? Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Dee Lestari tersebut mengambil lokasi syuting di Pantai Rancabuaya.

Terletak di desa Purbayani, Garut, daya tarik utama dari pantai ini adalah air laut tiga warna. Jika melihat pantai ini dari dekat, akan terlihat air laut yang sangat jernih. Tapi, ketika melihat dari ketinggian, maka akan nampak perpaduan tiga warna air laut yaitu biru tua, hijau dan putih. Tak hanya itu saja, pasir putih di Pantai Rancabuaya ini bersih.

Untuk berwisata ke pantai ini, perjalanan ditempuh kurang lebih 3 jam 50 menit melewati jalur Ciwidey-Cidaun. Apabila melewati jalur Pangalengan, perjalanannya kurang lebih 4 jam.

Lokasi : Desa Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat.

Harga tiket masuk : Rp5.000/orang

6 Pantai Terdekat dari Kota Bandung: Wisata Pantai Seru Tanpa Perlu Jauh-jauh

2. Pantai Santolo

Pantai dengan panorama laut hijau kebiruan ini terletak di Kecamatan Cikelet, kabupaten Garut. Yang menarik dari pantai ini adalah suasananya yang membuat wisatawan serasa berada di perkampungan.

Beragam fasilitas penunjang menjadi nilai tambah Pantai Santolo. Mulai dari area parkir yang luas, kursi santai, penyewaan pelampung, peralatan olahraga hingga musala. Tidak ketinggalan, ada deretan warung makanan dengan sajian utama menu seafood yang lezat.

Untuk mencapai pantai ini dibutuhkan waktu kurang lebih lima jam dari Kota Bandung. Atau kurang lebih 4 jam 37 menit jika mengambil jalur via Ciwidey-Cidaun.

Harga tiket masuk : Rp4.000/orang

Baca juga: 10 Pantai Selatan Pulau Jawa yang Sarat dengan Mitos tetapi Sangat Indah

3. Pantai Pondok Bali

Jika ingin berwisata ke daerah Subang, kamu bisa mengunjungi pantai Pondok Bali. Wisata pantai ini terletak di desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang.

Hamparan pasir putih bersih yang membentang sepanjang bibir pantai dengan pemandangan laut yang indah, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti berenang, memancing hingga menikmati terbenamnya matahari.

Perjalanan ke Pantai Pondok Bali akan ditempuh kurang lebih 2 jam 37 menit melalui jalur tol Cipularang dan Jalan Raya Pantura.

Harga tiket masuk : Rp15.000/orang (dewasa), Rp10.000/orang(anak-anak).

4. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas menjadi setting novel trilogi Rapijali karya Dee Lestari. Lokasi pantai ini ada di Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Sama seperti di novel, pantai ini memang terkenal sebagai surganya para surfer baik lokal maupun mancanegara.

Sebagai spot surfing terbaik di Pulau Jawa, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tingginya ombak di Pantai Batu Karas menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta olahraga yang memacu adrenalin ini.

Panorama di sekitar pantai sangat memukau. Birunya Samudera Hindia bisa terlihat dengan jelas dari atas Bukit Batu Karang. Di area ini masih sepi pengunjung, jadi apabila ingin menikmati indahnya matahari terbenam dan deburan ombak yang menabrak karang bisa dilihat dari sini.

Jika tidak bisa surfing, tenang di sekitar pantai ada juga menyediakan body rafting sambil menikmati indahnya tebing-tebing ala Grand Canyon. Fasilitas penunjang juga cukup lengkap ada musala, tempat peminjaman papan surfing, tempat parkir luas, toilet hingga deretan warung makan akan memanjakan para wisatawan.

Untuk tiba di pantai ini, membutuhkan waktu tempuh 30 menit dari Pangandaran.

Harga tiket masuk : Rp6.000 untuk pejalan kaki, Rp 37.000 (mobil), Rp14.000 (motor).

5. Pantai Jayanti

Walaupun tidak seterkenal dengan pantai lainnya, tapi pantai Jayanti memiliki panorama laut yang memikat dan masih asri karena belum terjamah industri. Lokasi dari pantai ini dekat dengan Ciwidey.

Yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini adalah ombak besar dan banyaknya batu karang yang berjejer di bibir pantai. Tak kalah menarik adalah pasir hitam kecokelatan yang masih bersih.

Tidak jauh dari pantai, ada deretan kapal para nelayan yang berjejer rapi di tepi pantai. Inilah menjadi salah satu spot foto instagramable yang selalu diincar oleh para wisatawan. Fasilitas menarik lainnya adalah penginapan dengan harga relatif murah. Untuk menuju ke Pantai Jayanti, memerlukan waktu tempuh kurang lebih 3 jam 41 menit dari kota Bandung.

Harga tiket masuk : Rp5.000 untuk parkir motor, Rp15.000 untuk mobil.

6. Pantai Pangandaran

Tak afdal rasanya jika tidak memasukkan Pantai Pangandaran di rekomendasi pantai terdekat dari Kota Bandung. Pantai yang satu ini sudah terkenal di seluruh Nusantara, apalagi daerah ini merupakan tempat lahir Ibu Susi Pudjiastuti.

Lokasi Pantai Pangandaran ada di Desa Pananjung, Kabupaten Ciamis. Dengan julukan pantai tercantik di Jawa Barat, pantai ini memiliki sejumlah pesona yang memikat wisatawan. Pemandangan lautnya langsung menghadap ke Samudra Hindia. Pantainya yang landai memiliki air jernih dan kerap dijadikan tempat untuk bermain air. Menariknya lagi, jarak antara pasang dan surut yang relatif lama menjadikan Pantai Pangandaran istimewa di kalangan wisatawan.

Ada beberapa spot pantai yang bisa dikunjungi di sini yaitu Pantai Timur, Pantai Barat dan juga Kawasan Kampung Turis. Untuk tiba di sini, pengunjung akan menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam 5 menit melalui jalan Nanggeleng-Cirahayu dan jalan raya Banjar-Pangandaran.

Harga tiket masuk mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000/orang.

Baca juga: 6 Daya Tarik Pantai Pangandaran yang Tetap Memukau dari Dulu Hingga Sekarang

Wisata pantai akan selalu menjadi destinasi favorit masyarakat Indonesia. Deretan pantai terdekat dari Bandung di atas cocok dijadikan panduan saat liburan nanti bersama keluarga atau teman-teman.

Exit mobile version