Paralayang Batu: Informasi dan Panduan Penting untuk Pemula

Bagi pencinta aktivitas yang menantang adrenalin, wajib mencoba Paralayang Batu. Destinasi wisata hits ini terletak di atas bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.326 mdpl.

Lokasi dari tempat wisata ini ada di kawasan Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur. Setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mencoba sensasi terbang dari atas ketinggian sambil menikmati pesona alam Kota Batu.

Tak hanya wisatawan saja, Paralayang Batu kerap menjadi arena untuk landasan take-off oleh para atlet paralayang. Para atlet biasanya melakukan latihan atau persiapan menghadapi turnamen Paralayang.

Yang menarik dari destinasi wisata ini adalah dibuka selama 24 jam! Jadi, wisatawan bisa mencoba sensasi terbang saat malam hari dan menikmati pemandangan city light kota Malang dan Batu yang memikat.

Informasi Lengkap dan Panduan Paralayang Batu

Paralayang Batu

Memang tidak semua orang bisa menjajal aktivitas ini, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi demi keamanan dan keselamatan wisatawan. Bagi yang tertarik untuk menguji adrenalin dengan aktivitas ini, berikut ulasan informasi lengkap Paralayang Batu yang wajib disimak.

1. Kategori Umur

Demi keamanan serta keselamatan, wisatawan harus mematuhi peraturan terkait kategori umur yang harus diperhatikan untuk bisa menjajal aktivitas ini.

Di Paralayang Batu bisa dilakukan untuk wisatawan yang berusia 18-60 tahun. Untuk anak yang berusia di bawah 18 tahun harus ada persetujuan dari orang tua dan didampingi instruktur selama terbang.

Baca juga: Daftar Lengkap Destinasi Wisata Batu Malang, Sehari Liburan Saja Tidak Cukup

2. Lokasi dan Jam Operasional

Wisata ini ada di kawasan Pegunungan Banyak, lebih tepatnya di Jl. Arumdalu No.20 M Songgokerto, Batu. Dari kota Batu jaraknya sekitar 10 km dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit.

Akses menuju tempat wisata ini mudah. Sayangnya, rute menuju Paralayang Batu menanjak dan berkelok sehingga agak berbahaya pada saat musim hujan. Apabila tidak mau repot, bisa memesan paket paralayang di berbagai travel agent lokal. Namun, jika ingin pergi dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan cek cuaca juga.

Destinasi wisata ini buka dari Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00-17.00 WIB, khusus di hari Jumat jam buka 13.00-17.00 WIB . Namun, di akhir pekan wisata ini buka 24 jam dan untuk wahana rekreasi sekitarnya mengikuti jadwal tersebut.

3. Waktu Terbaik untuk Terbang

Waktu terbaik untuk menjajal paralayang paling cocok dilakukan selama musim kemarau karena cuacanya cerah dan jalan menuju lokasi terbilang aman. Sebaliknya, di musim hujan, angin kencang kerap datang, jadi tidak cocok untuk melakukan aktivitas ini.

Untuk memantau kondisi cuaca di Gunung Banyak, bisa melalui website resmi Paralayang Batu. Di navigasi ‘Cek Cuaca’ akan menampilkan kondisi cuaca mulai dari suhu, hujan, angin hingga arah angin.

Singkatnya, untuk waktu terbaik harus memerhatikan tiga poin ini, yaitu kondisi cuaca, langit cerah serta tiupan angin tidak terlalu kencang. Untuk musim panas di Pulau Jawa biasanya mulai dari bulan Juni sampai akhir Oktober.

4. Harga Tiket Masuk dan Paket

Mengunjungi wisata ini, wisatawan harus menyediakan bujet untuk harga tiket masuk dan paket menjajal Paralayang. Berikut harga tiket masuknya.

Bagaimana dengan paket Paralayang Batu?

Ada beberapa paket yang bisa dipilih, mengutip dari website resminya, berikut pilihan paketnya.

Paralayang

Mulai dari Rp500.000

Fasilitas:

Paket Sunrise

Mulai dari Rp650.00 untuk domestik

Fasilitas:

Paket VIP

Mulai dari Rp1.000.000

Fasilitas:

Apabila wisatawan ingin mengambil paket di luar Paralayang Batu di atas, ada sejumlah travel agent yang menawarkan paket menarik dengan rentang harga mulai dari Rp400.000 per orang dan fasilitas menarik lainnya.

5. Cara Memilih Operator Paralayang

Ada sejumlah operator paralayang yang bisa dijadikan pilihan. Sebaiknya memilih operator yang telah mempunyai reputasi keamanan dan keselamatan yang baik.

Cara untuk memilih bisa dengan membaca ulasan di internet, meminta rekomendasi dari teman yang telah mencoba Paralayang Batu atau dari travel agent. Dari Paralayang Batu sendiri menyediakan instruktur yang telah memiliki sertifikat lisensi pilot sekaligus atlet paralayang.

6. Tip Keamanan

Agar bisa menikmati paralayang dengan aman, ada sejumlah tip yang mesti diperhatikan untuk keselamatan bersama.

Baca juga: Daftar Hotel di Batu Malang Kids Friendly untuk Liburan bersama Anak-Anak

Demikian ulasan lengkap panduan Paralayang Batu bagi pemula yang bisa diterapkan saat akan berwisata di tempat ini demi keamanan dan keselamatan. Selamat berlibur!

Exit mobile version