Pelajari tips Memilih Supplier dengan Tepat

Tips memilih supplier

ilustrasi Tips memilih supplier dengan tepat

Dalam menjalankan bisnis baik secara online maupun offline, mengalami hambatan dan kekurangan bahan baku sudah menjadi hal yang wajar. Tetapi bagaimanakah cara Anda mengatasinya?

Disinilah pentingnya peran supplier. Walaupun terlihat sepele, tapi supplier dapat mempengaruhi kekuatan produksi dan omzet bisnis Anda secara langsung.

Mencari supplier yang tepat sudah menjadi hukum wajib dalam berbisnis, demi mempertahankan bisnis yang sedang Anda kembangkan. Salah-salah dalam memilih supplier bisa mendatangkan kerugian bagi bisnis yang Anda kelola. Agar tidak salah langkah hingga mendatang kerugian, pelajari tips memilih supplier untuk bisnis Anda di bawah ini.

BACA JUGA: Jadilah Pebisnis Produktif Tanpa Stres, Ini Caranya!

Tips Memilih Supplier untuk Bisnis

1. Perhatikan Kualitas dengan Seksama

Sebagai seorang pebisnis, jangan mudah terpengaruh dengan harga dan biaya murah yang ditawarkan  supplier maupun vendor, tetapi memiliki kualitas buruk. Jangan pernah berkompromi dengan kualitas.

Jika bisnis yang Anda jalankan saat ini ingin bertahan dalam jangka waktu yang panjang, kualitas bahan yang akan dijual kepada pelanggan akan menjadi taruhan utama.

Jika barang yang Anda hasilkan atau jual bagus, otomatis rasa kepercayaan dan puas pun akan timbul dari pelanggan sehingga mereka akan selalu tertarik untuk membeli barangnya dari tempat Anda

2. Analisis Track Record Sebelum Memutuskan

Luangkan sedikit waktu Anda untuk mencari tahu lewat sumber-sumber informasi yang ada, seperti pada media sosial, forum, komunitas, dan lain sebagainya tentang Supplier yang akan Anda ajak bekerja sama

Melihat track record terhadap pembeli merupakan salah satu cara termudah untuk mengetahui bibit dan bobot supplier. Pastikan bahwa supplier tersebut tidak pernah bermasalah dengan para pembeli sebelumnya.

BACA JUGA: Tips Menguasai Instagram untuk Bisnis Online

3. Pertimbangkan Konsistensi Supplier

Konsistensi supplier juga menjadi satu hal penting yang perlu Anda diperhatikan, apakah mereka mampu tepat waktu dalam pengiriman barang.

Terkadang, ada supplier yang sering mengalami kendala dalam pengiriman barangnya sehingga membuat bisnis Anda jadi terhambat.

Perhitungkan faktor-faktor kemungkinan adanya kendala seperti jarak pengiriman, waktu tempuh, jarak kerja, hingga peralatan kerjanya.

4. Cari Supplier yang Sekaligus Produsen Langsung

Tips memilih supplier berikutnya adalah usahakan mencari supplier tangan pertama atau yang benar-benar menjadi produsen langsung.

Langkah ini untuk memberikan keuntungan lebih pada.bisnis Anda, jika dibandingkan saat Anda membeli barang dari supplier tangan kedua, ataupun ketiga.

Ini perlu jadi pertimbangan buat keuntungan bisnis Anda, tetapi jangan hanya tergiur harga yang murah tanpa melihat kualitas.

BACA JUGA: Herdiansyah, Kurir Teladan Dari JNE HUB Poglar

5. Mintalah Sampel

Jangan lupa untuk meminta sampel supplier guna meyakinkan Anda dalam hal kualitas prosuk yang ditawarkan supplier tersebut.

Meskipun sampel yang dikirim berkualitas bagus, jangan lupa untuk mengecek ketika barang sudah sampai di tangan Anda. Teliti dalam berbisnis itu penting.

6. Pahami Sistem Retur dan Garansi

Saat memutuskan untuk berbisnis, baik secara online maupun offline pahami kebijakan pengembalian barang secara detail. Saat barang yang Anda terima rusak ataupun bermasalah, Anda bisa mengembalikannya lagi kepada supplier.

Selain itu Anda juga harus memperlajari kebijakan garansi, meskipun tidak semua supplier memberikan garansi terhadap barangnya, carilah supplier yang memberikan garansi atau pengembalian uang jika barang yang dikirim rusak. Tentunya kebijakan tersebut tidak merugikan Anda.

Nah itulah tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih supplier yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

BACA JUGA: Tips Mengelola Keuangan untuk UMKM di Era New Normal

Exit mobile version