Pelajari Tips Sukses Bisnis Toko Kelontong

Inspirasi Bisnis Dengan Perputaran Uang yang Cepat

Toko Kelontong

Bisnis usaha toko kelontong salah satu jenis usaha menjanjikan, agar berhasil mari simak dan pelajari tips sukses bisnis toko kelontong berikut ini

Hampir semua orang pasti pernah melakukan transaksi di toko kelontong. Mulai dari membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari sampai hanya sekedar membeli camilan saja.

Meskipun minimarket atau supermarket sudah menjamur, namun toko kelontong atau warung sembako masih tetap bertahan di tengah persaingan.

Toko kelontong memiliki target marketnya sendiri yang membuatnya mampu bersaing dengan toko sembako modern lainnya.

Tapi jangan salah, untuk mengembangkan toko kelontong tentunya juga ada trik dan tips jitunya. Untuk itu pelajari tips sukses bisnis toko kelontong berikut ini:

BACA JUGA: Simak Tampilan Toko Official Garmin di Central Park Mall Jakarta

Tips Sukses Bisnis Toko Kelontong

1. Pilih Lokasi Strategis

Memilih letak yang strategis menjadi penentu kesuksesan berjualan kelontong, pilihlah area yang padat penduduk.

Membuka toko kelontong di lokasi yang padat penduduk membawa keuntungan menuju toko kelontong Anda. Padatnya masyarakat di daerah tersebut membuat permintaan serta kebutuhan pun juga meningkat sehingga Anda akan mendapatkan pelanggan yang cukup banyak.

2. Survey Kebutuhan Calon Pembeli

Ada baiknya Anda mengetahui barang apa saja yang mereka butuhkan, supaya Anda dapat menyediakan barang-barang tersebut untuk mereka beli. Setiap tempat bisa saja memiliki demand yang berbeda.

3. Siapkan Daftar Supplier

Untuk memenuhi barang-barang usaha kelontong, Anda harus memilih supplier dengan harga murah tetapi memiliki kualitas bagus.

Usahakan memiliki lebih dari satu supplier, agar Anda tidak kocar-kacir ketika ada supplier yang kinerjanya mengecewakan. Anda bisa mencari toko-toko kelontong besar yang khusus menjual barang dengan sistem grosir.

4. Dekorasi/Tata Barang Agar Terlihat Menarik

Display barang yang menarik dan tidak berantakan akan membuat nyaman konsumen memilih barang yang akan mereka beli.

Buat senyaman dan serapi mungkin toko sembako anda. Klasifkasikan barang dengan baik sesuai dengan jenisnya. Misalnya, rak untuk display plastik jangan dicampur dengan barang lain seperti makanan, sayur atau gula merah.

BACA JUGA: Tips Agar Tetap Aman Saat Belanja Online Selama Pandemi Covid-19

5. Cek Kualitas Barang/Produk Secara Berkala

Jangan lupa untuk selalu cek barang terkait tanggal kedaluwarsa. Jika barang sudah melewati tanggal expired, Anda harus menariknya dari rak ke dalam gudang.

Biasanya barang-barang kedaluwarsa bisa di tukar ke agen dan diganti dengan barang baru. Produk yang kedaluwarsa akan memberikan image yang tidak bagus terhadap toko kelontong Anda.

6. Berikan Service Terbaik

Berikan servis terbaik pada konsumen toko kelontong Anda. Dengan demikian, konsumen anda akan loyal terhadap Anda.

7. Sediakan Gudang Penyimpanan

Manajemen stok dan display barang juga harus Anda perhatikan dengan benar. Pisahkan barang antara stok barang di gudang dan stok barang display. Catat setiap pengeluaran dari gudang, catat setiap barang yang terjual dari stok display

Demikianlah tips sukses bisnis toko kelontong, tips ini bisa Anda jadikan sebagai rujukan jika tertarik membuka bisnis kelontong.

BACA JUGA: Tips Memperlakukan Konsumen Agar Usaha Laris Manis

Exit mobile version