Pelaku UMKM Mau Maju? Perhatikan 3 Tips Ini!

Xendit adalah perusahaan teknologi keuangan yang menyediakan solusi pembayaran yang menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia dan Filipina, dari UMKM, startup e-commerce hingga perusahaan besar

Banyak tantangan untuk memulai usaha dari nol di Indonesia. Namun, salah satu tantangan yang paling umum dihadapi pelaku UMKM adalah keterbatasan modal. Banyak pelaku UMKM yang memulai usaha dengan modal yang sangat terbatas.

Mereka berharap seiring berjalannya waktu dan meningkatnya omzet, nantinya mereka bisa merekrut karyawan profesional. Juga dapat membeli peralatan dan fasilitas usaha yang lebih baik. Agar usaha atau bisnisnya makin maju.

Untungnya, di era modern ini ada banyak jalan untuk bisa sukses tanpa modal besar. Dengan ketersediaan teknologi dan informasi, sudah banyak cara bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis dengan ‘dukungan gratis’ dari pihak ketiga.

Salah satunya, Xendit sebagai perusahaan payment gateway. Baru-baru ini Xendit meluncurkan Program Xendit Level Up. Dimana pelaku UMKM dapat mendaftar dan berkesempatan menggunakan layanan Xendit payment gateway selama setahun tanpa harus membayar biaya.

Nah, Xendit payment gateway atau gerbang pembayaran berfungsi sebagai “jembatan” yang memfasilitasi dan memproses berbagai metode pembayaran digital. Mulai dari virtual account, kartu kredit atau debit, dompet digital, sampai outlet ritel. Dengan Xendit payment gateway, kini pembeli bisa memilih metode pembayaran favorit mereka.

BACA JUGA : 30 Juta UMKM Ditargetkan Sudah Digital di 2024

Ada beberapa tips untuk UMKM memanfaatkan tools dan program bebas biaya, untuk mengembangkan usahanya. Simak tips berikut ini :

Manfaatkan software gratis yang tersedia secara cuma-cuma

Ada banyak software gratis yang dapat dimaksimalkan untuk menjalankan bisnis. Mulai dari software keuangan, sumber daya manusia, digital workspace, pemasaran media sosial, hingga manajemen proyek. Beberapa contohnya:
Canva.co untuk desain grafis, BukuKas untuk catatan keuangan, Trello untuk manajemen proyek dan Hootsuite untuk manajemen media sosial.

Manfaatkan fitur-fitur gratis ini semaksimal mungkin sehingga tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk berlangganan software berbayar. Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar?

Bergabunglah dengan kelas gratis dan dapatkan kesempatan pendanaan

Pandemi membawa perubahan gaya hidup. Salah satunya adalah dengan maraknya acara virtual. Saat ini banyak webinar gratis yang bisa diikuti. Terutama untuk mendapatkan visi praktis yang bisa dipraktekan pelaku UMKM.

UMKMIndonesia, sebuah situs web khusus UMKM oleh Universitas Indonesia, mengumpulkan semua program dan kesempatan pendanaan yang dapat diikuti. Bahkan, sebagian besar tanpa perlu bayar sama sekali.

Sebagai contoh, jika kamu baru saja membeli mesin atau peralatan untuk mendukung operasi bisnis sejak Agustus 2020, kamu berhak untuk mendapatkan penggantian biaya dari Kementerian Perdagangan.

Atau mungkin kamu membutuhkan desain kemasan baru yang menarik? Kamu bisa mendapatkan konsultasi dan desain gratis dari Klinik Desain Merek Kemas. Semua tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun!

Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas, webinar, atau acara gratis dari Xendit payment gateway, hanya dengan mengikuti akun Instagram atau Facebook untuk mendapatkan informasi terbaru.

BACA JUGA : UMKM Jabar : Tinggal di Desa, Rejeki Kota, Bisnis Mendunia

Jangan ragu untuk mengikuti kompetisi bisnis

Kompetisi bisnis bisa menjadi peluang baik untuk menambah modal usaha. Baik secara material maupun non-material. Pelaku UMKM bisa mendapatkan eksposur dan koneksi. Juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama.

Misalnya saja, untuk mengikuti Program Xendit Level Up yang dibuka hingga 30 Juni 2021, pelaku UMKM hanya perlu mengunggah video berdurasi 3 menit yang menjelaskan bisnis mereka dan alasan mengapa mereka membutuhkan program bebas biaya dari Xendit.

Hanya dengan mengunggah video, pelaku UMKM memiliki peluang besar untuk memenangkan kompetisi ini. Bahkan, juga bisa menggunakan video yang sebelumnya sudah ada untuk menjelaskan bisnism yang dikelola. Atau membuat video baru sederhana hanya dengan menggunakan handphone.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memanfaatkan tools dan program gratis untuk mengembangkan bisnismu? Yuk mulai dengan berpartisipasi dalam Program Xendit Level Up dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan layanan bebas biaya Xendit payment gateway senilai 1 miliar rupiah!

BACA JUGA : Baru Mau Berkarir di Dunia UMKM, Cek Tipis Strateginya

Exit mobile version