Pelanggan E-commerce Meningkat 38 Persen Selama Pandemi

ilustrasi gambar memilih jasa kirim krusial dalam bisnis online

Perusahaan penyedia layanan hosting di Indonesia, Exabytes mencatat bahwasanya pelanggan e-commerce meningkat sebanyak 38,3 persen selama pandemi, dimulai sejak Januari sampai Juli 2020.

Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan menyebutkan, ada titik cerah di balik situasi ekonomi yang perlahan merosot di mana perkembangan teknologi bisa melahirkan peluang baru khususnya di bidang E-Commerce.

“Hal ini dilihat dari kenaikan jumlah pelanggan yang berbentuk PT atau CV dengan rata-rata sebesar 38,3 persen dibandingkan tahun lalu,” ujar Indra dalam rilisnya.

Terutama di bulan Februari naik 120 persen dibandingkan Februari 2019 lalu. Hal ini membuktikan bahwa banyak orang atau pebisnis yang mulai aware untuk membangun bisnis online dibandingkan tahun lalu.

Artinya secara perlahan-lahan pebisnis sudah menyadarinya pentingnya go digitali terhadap kemajuan bisnis, agar mampu bertahan terutama pada situasi pandemi seperti sekarang ini.

BACA JUGA: Ranking E-commerce Dengan Pengguna Terbanyak

UMKM Mulai Sadar Go Digital

Tidak hanya adanya peningkatan pelanggan, transaksi E-commerce juga mengalami kenaikan sebesar 26 persen selama pandemi. Kemudian peningkatan transaksi harian juga meningkat hingga 4,8 juta dan persentase konsumen baru hingga 51 persen selama masa pandemi.

Menurut Exabytes, pertumbuhan E-commerce yang naik pesat disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja online terutama di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selain itu, peningkatan ini juga didorong oleh pelaku UMKM yang berlomba- lomba untuk beralih online dengan bergabung di marketplace atau membangun toko online-nya sendiri.

Perubahan ini, sebut Exabytes, dibuktikan dengan data survei yang dikutip dari Sea Insights yang menemukan bahwa 45 persen pelaku usaha bisnis lebih aktif berjualan di E-commerce pada saat pandemi.

Hal ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku bisnis yang mulai bergerak untuk go digital dengan membangun platform online sendiri untuk bisnis mereka. Banyak juga diantara mereka yang sudah mulai membuat website untuk toko online-nya.

Pada dasarnya jualan secara online memberi banyak keuntungan, selain memperluas jangkauan pasar, menimalisir biaya juga tentunya, terutama bagi pebisnis yang memiliki budget terbatas.

BACA JUGA: JNE Online Booking & Cashless Kini Hadir di Tokopedia

Exit mobile version