5 Lokasi Pemandian Air Panas Terbaik di Jawa Barat untuk Healing

Pemandian air panas telah lama dikenal sebagai sumber relaksasi dan penyembuhan alami. Di Jawa Barat, kekayaan alam ini bisa ditemukan di berbagai sudut provinsi, menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam dan manfaat kesehatan.

Pemandian air panas di Jawa Barat tak hanya menyajikan mata air hangat alami yang kaya mineral, tetapi juga pemandangan yang memanjakan mata. Lokasi-lokasi ini menjadi tempat healing yang ideal bagi mereka yang mencari ketenangan jauh dari hiruk-pikuk kota. Dengan beragam fasilitas yang disediakan, mulai dari kolam renang alami hingga spa dan penginapan, pengunjung dapat merasakan kehangatan alami sambil menikmati keindahan alam Jawa Barat yang menakjubkan.

Lokasi Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Berikut adalah beberapa lokasi pemandian air panas yang terbaik di Jawa Barat, yang cocok banget digunakan sebagai tempat healing yang sebenar-benarnya.

5 Lokasi Pemandian Air Panas Terbaik di Jawa Barat untuk Healing

1. Gracia Spa Natural Hot Spring Pool

Gracia Hot Spring menawarkan berbagai fasilitas, termasuk tiga kolam besar untuk dewasa dan satu kolam khusus untuk anak-anak, serta kolam rendam anak-anak dengan suhu air yang bervariasi. Kolam dewasa terbesar memiliki suhu paling panas dan dilengkapi dengan pancuran untuk pijat leher dan bahu. Kolam anak-anak memiliki suhu yang lebih rendah dan kedalaman yang aman.

Selain kolam, terdapat fasilitas seperti kursi kayu, meja dengan payung, kamar mandi, kantin, musala, dan sistem pengumuman untuk keselamatan anak-anak. Lingkungan sekitar kolam dikelilingi pemandangan pepohonan yang menenangkan.

Fasilitas tambahan meliputi Wi-Fi gratis, parkir gratis, penginapan, penyewaan mobil, ruang rapat, dan spa. Gracia Hot Spring menyediakan fasilitas lengkap yang serupa dengan resort dan spa untuk memastikan pengalaman liburan yang menyenangkan.

HTM: Rp60.000 per orang

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Alamat: Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281

Baca juga: 6 Pantai Terdekat dari Kota Bandung: Wisata Pantai Seru Tanpa Perlu Jauh-jauh

2. Pemandian Air Panas Ciater

Dikutip dari situs Indonesia Kaya, Ciater berada di lereng gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di tepi Jalan Raya Subang.

Ciater menawarkan lebih dari 10 jenis kolam renang di fasilitas pemandian air panasnya, melayani berbagai kebutuhan pengunjung. Tersedia kolam untuk orang dewasa dan anak-anak dengan suhu yang nyaman dan tidak terlalu panas. Banyaknya pilihan kolam air panas ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk memilih kolam sesuai keinginan dan kebutuhan.

Perbedaan suhu dan kedalaman kolam menjadi ciri khas dari setiap kolam air panas di Ciater. Beberapa kolam dirancang khusus untuk terapi pijat tubuh dan membantu melancarkan aliran darah. Kolam terapi ini dirancang dengan bebatuan di dasar kolam, sehingga pengunjung bisa berjalan di atasnya seperti sedang melakukan terapi pijat.

Saat berendam di air panas, disarankan untuk masuk ke dalam air secara bertahap, dengan tubuh yang rileks. Mulailah dengan memasukkan kaki ke dalam air, agar tubuh dapat cepat menyesuaikan dengan suhu air. Baru kemudian berendam, untuk merelaksasi seluruh otot yang ada di tubuh.

HTM: Rp35.000 per orang

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB

Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154

3. Cipanas Nagrak Parongpong

Curug Cipanas Nagrak merupakan destinasi wisata alam yang menarik dengan fasilitas pemandian air panas alami.

Uniknya, pemandian ini bukan berupa kolam biasa, melainkan air terjun alami yang terletak di tengah perkebunan. Air terjun ini mengalir dari mata air yang deras, membentuk air terjun kecil di tengah perbukitan hijau yang subur. Pengunjung dapat menikmati berendam di kolam air panas alami yang terletak di lingkungan alam terbuka.

Di sini, ada tiga tingkatan tanah, masing-masing dengan kolam pada setiap tingkatannya. Kolam-kolam ini memiliki kedalaman sekitar 50 hingga 70 sentimeter, membuatnya aman untuk semua usia. Masing-masing dari ketiga kolam ini dipisahkan oleh dinding batu dan jembatan bambu, memberikan pengalaman unik dan terpisah.

Kolam pertama berada langsung di bawah air terjun, dengan suhu air yang dikatakan lebih hangat dari kolam lain. Kolam kedua dibagi menjadi dua bagian, salah satunya berbentuk hati dari pandangan atas. Kolam ketiga, yang paling luas, memiliki air terjun buatan yang lebar, sempurna untuk relaksasi atau bermain air.

Air panas di Curug Cipanas Nagrak mengandung belerang, yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit.

HTM: Rp25.000 per orang

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

4. Pemandian Air Panas Puncak Darajat

Pemandian Air Panas Darajat di Garut adalah bagian dari objek wisata Puncak Jaya Darajat, menawarkan berbagai pilihan fasilitas bagi pengunjung. Nah, salah satu yang paling ramai dipilih untuk dikunjungi adalah fasilitas pemandian air panas.

Di area pemandian air panas, ada kolam renang air panas, area bermain anak yang mencakup water boom, ayunan, dan lain-lain, serta akomodasi penginapan. Area parkir yang luas juga memudahkan pengunjung untuk parkir kendaraan.

Untuk akomodasi, ada sekitar 19 cottage yang tersedia dengan berbagai tipe dan harga. Meskipun belum ada restoran atau kantin khusus, tetapi boleh saja kalau ingin memesan makanan melalui petugas di penginapan.

HTM: Rp30.000 per orang

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Alamat: Pasirwangi, Kecamatan Garut, Jawa Barat 44161

5. Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya Natural Hot Spring Resort di Lembang, yang terletak di bawah Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat, menawarkan pemandangan pegunungan yang memukau, dikelilingi oleh hutan pinus dan kehijauan pedesaan.

Resor ini memungkinkan pengunjung untuk mandi sambil menikmati pemandangan air terjun Cikawari yang menawan dan airnya yang segar dan menyehatkan. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan dari kota besar yang mencari tempat untuk healing dan menenangkan pikiran.

Pemandian di The Lodge Maribaya kaya akan mineral penting yang bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Mulai dari radang sendi, otot, dan kulit, rematik, gangguan saraf, penyakit kulit, masalah kesehatan wanita, anemia, luka ringan, hingga masalah pernapasan.

Air di sini, yang tinggi kandungan natriumnya, dikenal dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan mengembalikan elastisitas kulit wajah serta tubuh. Maribaya Natural Hot Spring Resort adalah destinasi yang ideal bagi pengunjung yang ingin menikmati healing di tengah pemandangan alam yang indah.

HTM: Rp5.828.000 per orang

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Baca juga: 10 Playground di Bandung untuk Liburan Keluarga yang Seru

Masih ada banyak pemandian air panas di Jawa Barat yang bisa dikunjungi selain lima lokasi di atas. Masing-masing memiliki keunikan, keunggulan, dan fasilitasnya sendiri.

Dengan kekayaan alam dan manfaat terapeutiknya, tempat-tempat ini memberikan kesempatan untuk melepas lelah, meremajakan tubuh dan pikiran, serta menghubungkan kembali dengan keindahan alam. Menyambut hari dengan berendam di perairan hangat yang kaya mineral ini, dijamin akan meninggalkan kenangan dan pengalaman yang berharga, sekaligus menyegarkan jiwa.

Exit mobile version