Pemerintah Bikin Hari BBI, Tokopedia: Ini Positif untuk UMKM

Hari BBI ditetapkan, Tokopedia bilang ini hal yang positif untuk UMKM

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menetapkan 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI). CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya pun mengatakan program ini membawa dampak positif bagi UMKM lokal di Tokopedia.

“Contohnya, Stayhoops dari kategori Fashion di Tokopedia berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38 kali lipat selama Januari 2021 dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI pada Juni 2020,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Menurut William, penetapan Hari BBI yang diadakan secara online hingga 13 Mei 2021 bertema ‘Semakin Bangga Buatan Indonesia’ ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa memudahkan masyarakat menemukan berbagai produk UMKM lokal sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Riset juga menyebut 3 provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia, yakni NTB (144,6%), Sulawesi Tengah (73,4%) dan Sulawesi Selatan (73,3%). Sementara tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2%), Yogyakarta (42,2%) dan DKI Jakarta (28,3%).

Baca Juga: Cara Ruben Onsu Kelola Transaksi UMKM dengan BukuKasPay

Pada Hari BBI, Tokopedia menghadirkan berbagai penawaran, seperti diskon flash sale hingga 90% dan diskon GoSend hingga Rp 20 ribu untuk pengiriman instant dan same day. Masyarakat juga bisa menikmati produk serba Rp 5 ribu, bebas ongkir hingga Rp 50 ribu dan cashback hingga Rp 600 ribu.

Ada pula rangkaian webinar dan kelas dari bernama Obrolan Seller yang bisa diakses gratis supaya para pegiat UMKM lokal bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk dan pemasaran. Selain itu juga dapat berbagi inspirasi atau pengalaman dengan sesama penjual di Tokopedia melalui komunitas penjual Keluarga Tokopedia.

“Tokopedia berharap hadirnya Hari Bangga Buatan Indonesia ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal dalam mengembangkan potensi produk asli Indonesia, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia demi pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi,” lanjut William.

Baca Juga: Telkomsel dan Kemenkop UKM Dukung UKM Go Digital 

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi mengatakan pencanangan Hari BBI 2021 yang didukung oleh 72 platform e-commerce ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo supaya momen Ramadhan dan Idul Fitri 2021 harus bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik,” katanya.

Turut menambahkan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” pungkasnya.

Baca Juga: Pertamina Sodorkan Peluang Usaha Pertashop ke BUMDES Se-Jawa Tengah

Exit mobile version