Pemerintah Gulirkan BLT Minyak Goreng, Cek Cara Penerimanya

 

Atas kelangkaan dan mahalnya minyak goreng di Indonesia akhir-akhir ini, akhirnya pemerintah memutuskan untuk memberikan donasi atau bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat.

Secara total, BLT minyak goreng akan diberikan bagi 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan PAngan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2.5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dampak dari lonakakan harga minya ksawit di pasar internasional, harga minyak goren naik cukup tinggi. Karena itu, untuk meringgankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goren.

Selain minyak goren, Jokowi juga mengatkan dana sebesar Rp 100.000 setiap bulannya juga akan diberikan kepada penerima BLT. Adapun bantuan tersebut akan rutin setiap tiga bulan sekaligus, yakni April, Mei, dan Juni.

BACA JUGA : Cabut HET Minyak Goreng Sawit, Pemerintah Akan Subsidi Minyak Goreng Curah

atasi kelangkaan minyak goreng, Kemendag sebar 12.000 liter minyak goreng di Bandung

Lebih tepatnya BLT minyak goren dan dana Rp 100.000 akan diberikan selaam periode ramadhan. DEngan begitu, penerima BLT minyak goreng akan mendapat uang sebeser Rp 300.000.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI, dan Polri berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Jokowi.

Lantas, siapa saja kirteria penerima BLT minyak goren yang disalurkan via Kementerian Sosial. Untuk mengatahui hal tersebut, bisa langsung melakukan pengecekan ke situs resmi Kemensos, dengan cara :

– Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id\
– Isi data yang diminta, mulai wilayah dan nama
– Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
– Klik “Cari Data” Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis “Ya”
– Buka halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya.

BACA JUGA : Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Kemendag Sebar 22.000 Liter di Palembang

Cara kedua bisa dilakukan via aplikasi cek bansos yang tentu sebelumnya wajib diunduh lebih dulu lewat smartphone, baik AppleStore atau PlayStore. Setelah itu tinggal melakukan pengecekan dengan memasukan data diri, lalu ikuti pentunjuk lainnya.

 

 

Exit mobile version