Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 36 Sudah Dibuka, Simak Cara dan Syarat Daftarnya!

Sobat JNEWS, dimulai pada hari minggu 10 Juli 2022, pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-36 sudah dibuka lho! Pembukaan pendaftaran gelombang ini secara langsung diumumkan oleh akun resmi instagram program Prakerja. Untuk kamu yang berminat mengikuti program ini tapi bingung bagaimana cara mendaftar tenang aja! Kita punya solusinya!

Sumber: prakerja.go.id

Syarat mendaftar kartu prakerja gelombang 36

Kamu harus tahu nih sobat JNEWS, tidak semua orang memenuhi syarat sebagai pendaftar kartu prakerja gelombang 36. Yuk simak syarat yang harus dipenuhi sebagai pendaftar!

Pertama, adalah warga negara Indonesia yang sudah menginjak usia 18 tahun atau lebih, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Kedua adalah individu dengan status pekerja yang sedang mencari pekerjaan, pekerja yang terkena pemecatan, pekerja yang perlu meningkatkan keterampilan, pekerja yang dirumahkan, pekerja non-penerima upah, pelaku UMKM. Ketiga, individu bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19. Keempat adalah individu non-pejabat negara. Terakhir, pendaftar maksimal memiliki dua NIK pada satu KK.

Sumber: prakerja.go.id

Cara Daftar Kartu Prakerja

Untuk kamu yang ingin mengikuti gelombang ini untuk yang pertama kali, kamu harus membuat akun dan melakukan beberapa langkah terlebih dahulu nih sobat JNEWS!

Pertama-tama kamu harus mengakses situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar melalui aplikasi browser yang berada di ponsel atau perangkat laptop kamu. Setelah itu, layaknya membuat akun untuk sosial media kamu harus memasukan e-mail dan kata sandi yang nantinya harus dikonfirmasi. Setelah kamu mengkonfirmasi e-mail dan kata sandi, kamu akan menerima e-mail pemberitahuan di alamat e-mail yang kamu gunakan pada saat mendaftar di situs prakerja. Setelah pembuatan akun selesai kamu harus melakukan verifikasi KTP dengan melengkapi data pribadi, termasuk mengunggah foto diri kamu. Selanjutnya kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel. Dalam langkah ini kamu cukup memasukan kode OTP yang telah dikirim ke melalui SMS ke nomor ponsel kamu.

Setelah nomor ponsel kamu diverifikasi kamu harus menjalankan tes motivasi dan kemampuan dasar, nantinya hasil dari tes ini akan dievaluasi oleh tim kartu prakerja. Setelah kamu menyelesaikan kedua tes tersebut kamu hanya perlu memilih gelombang yang sesuai dengan domisili kamu. Sehabis itu, pernyataan persetujuan prakerja yang berisi beberapa pernyataan akan muncul, kamu cukup membaca dan memilih setuju untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Selamat! kamu sudah menyelesaikan tahap pendaftaran! Sekarang kamu hanya perlu menunggu konfirmasi kelolosan melalui SMS dan e-mail. Cukup mudah kan sobat JNEWS!

Exit mobile version