Pengalaman Backpackeran Jakarta – Singapura – Malaysia dan Berakhir di Phuket Thailand (bagian 1)

Patong beach, phuket

Keindahan senja di Pantai Phatong Beach, Pukhet, Thailand.

JNEWS – Sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di dunia, Phuket, Thailand, bukan saja indah dan mempesona saat siang hari, akan tetapi malam hari pun sangat menakjubkan. Mulai dari eksotisnya pemandangan pantai, lokasi belanja yang serba lengkap hingga tempat-tempat hiburan dengan segala fasilitas penunjangnya.

Berikut cerita perjalanan JNEWS yang beberapa waktu lalu berkunjung ke sana melalui jalur backpacker, Batam-Singapura-Kuala Lumpur dan Hatyai – Thailand.

Langit kota Batam, malam itu nampak mendung disertai hujan rintik-rintik. Meski jarum jam baru menunjukkan pukul 20.00 WIB, namun suasana tidak begitu ramai. Kendaraan yang melintas di jalan-jalan utama lebih didominasi oleh angkutan umum, seperti bus kota, taksi online, ojol dan juga angkot.

Kami, yang baru saja tiba di Bandara Internasional Hang Nadim, setelah menempuh penerbangan sekitar 1 jam lebih dari Jakarta terasa agak kedinginan padahal biasanya udara kota Batam lumayan panas.

Meski demikian, lantaran malam itu juga harus melanjutkan perjalanan ke Singapura, tanpa mempedulikan hujan rintik-rintik, kami langsung ke luar bandara menaiki taksi online guna melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Batam Center. Dan, selanjutnya menaiki speedboat menuju Pelabuhan Harbourfront Singapura.

Setelah sekitar satu jam lebih, speedboat yang kami tumpangi merapat di pelabuhan yang terkenal juga dengan sebutan World Trade Center (WTC) itu. Agar pukul 05.00 pagi sampai di Terminal Bus Pudi Raya Kuala Lumpur, tanpa menghiraukan rasa lelah terlebih setelah digoyang ombak dan angin laut dalam perjalanan Batam-Singapura, kami segera menuju kawasan Bedok (terminal bus kecil) untuk kemudian menaiki bus melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur.

Tepat pukul 04.30, bus akhirnya tiba di Terminal Pudi Raya, Kuala Lumpur. Sekedar mengusir rasa kantuk dan lelah sambil menunggu keberangkatan bus menuju Hatyai-Thailand, kami minum teh tarik dan roti canai sebagai jajanan khas Malaysia yang banyak dijajakan kedai-kedai makanan di kawasan terminal.

Tepat jam 05.00 bus segera meluncur menuju Hatyai, dengan mengambil rute yang dilewati beberapa negara bagian Malaysia, seperti negara bagian Penang, Kuala Perlis dan terakhir Kuala Kedah.

Baca juga: Keindahan Eksotis Pantai Dreamland di Bawah Tebing Terjal Pecatu

Pemandangan selama perjalanan di beberapa negara bagian itu, tak ubahnya perjalanan di jalur selatan antara Lampung – Palembang, yang dipenuhi hamparan kebun sawit ataupun kebun karet. Jalan tol di Malaysia lebih lebar dan kondisinya bagus sehingga terasa nyaman.

Usai menempuh perjalanan sekitar 8 jam, bus yang kami tumpangi akhirnya tiba di Kota Hatyai, sebuah kota kecil di selatan Thailand yang juga menjadi tujuan wisata para turis asing, karena terkenal dengan budaya dan keindahannya. * (bersambung)

Exit mobile version