Pengen Snorkeling Tapi Gak Bisa? Ini Tips Bagi Pemula

Pengen Snorkeling Tapi Gak Bisa? Ini Tips Bagi Pemula

Pengen Snorkeling Tapi Gak Bisa? Ini Tips Bagi Pemula

Tips Snorkeling untuk Pemula – Mumpung weekend nih, apa kegiatan seru yang ingin Anda lakukan? Selain hiking ke puncak gunung, melihat keindahan bawah laut dengan diving dan snorkeling adalah kegiatan seru bagi jiwa-jiwa petualang.

Jika diving biasanya dilakukan di kedalaman 200-300 meter atau bahkan lebih dalam, berbeda dengan snorkeling yang hanya dilakukan di permukaan air dengan kedalaman 1-3 meter saja.

Pengen Snorkeling Tapi Gak Bisa? Ini Tips Bagi Pemula, aktivitas luar ruang seperti snorkeling memang tidak membutuhkan persiapan selama diving. Meski begitu, tetap saja ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan snorkeling agar Anda tetap aman.

BACA JUGA: Hobi Gowes? Ini Tips Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat

Tips Snorkeling Bagi Pemula

1. Gunakan Snorkeling Mask Sesuai Ukuran

Tekan masker ke wajah Anda dan hirup sedikit udara melalui hidung, jika masker pas dengan wajah Anda setelah dilepaskan, itu tandanya Anda telah menemukan ukuran yang tepat, tetapi jangan juga memasangnya terlalu erat di wajah. Sebab, menggunakan masker yang terlalu ketat dapat menyebabkan sakit kepala dan tidak nyaman.

Pakailah snorkeling mask di atas mata dengan ikatkan karet elastis di sekeliling kepala, pastikan tidak ada lilitan dan tali karetnya rata di atas telinga Anda.

Jangan memakai tali masker di dasar kepala karena masker bisa terlepas dari tempatnya dan menyebabkan air meresap. Sebaliknya, tali masker harus pas di sekitar area terlebar di kepala Anda.

2. Ambil Napas Dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam adalah kunci hidup saat melakukan aktivitas luar ruangan seperti scuba diving atau snorkeling. Penting untuk mengambil napas dalam-dalam agar Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dalam durasi yang cukup lama.

Selain itu, menarik napas dalam-dalam juga dapat membantu Anda menjadi rileks.

3. Keluarkan Air Berlebih dari Masker

Ingat, jika masker Anda terisi air, maka jangan panik! Anda selalu bisa naik ke permukaan untuk mengeluarkan air yang ada di dalam masker.

Untuk mengeluarkannya, tarik bagian bawah masker dari wajah Anda dan tiup ke luar. Jaga pernapasan tetap normal dan pastikan Anda nyaman dan rileks. Sebelum Anda kembali ke dalam air, periksa apakah masker Anda bocor dan selalu pastikan masker dipasang dengan benar.

4. Gunakan Snorkeling Fins

Snorkeling fins atau sirip kaki menambah mobilitas di bawah air serta membuat pengalaman menjadi lebih dinamis. Bagi para pemula, penggunaan sirip kaki penuh sering kali menjadi pilihan yang tepat.

Sebelum mencoba menggunakannya secara langsung di laut lepas, Anda bisa berlatih terlebih dahulu di kolam renang khusus.

Sama halnya seperti masker, penggunaan sirip kaki juga perlu yang pas dan sesuai. Setelah sirip kaki terpasang dengan aman, bergeserlah ke ujung dangkal kolam latihan, atau lakukan ‘moon walk’ dengan hati-hati.

Nah itulah tips snorkeling bagi pemula, bagaimana tertarik mencoba kegiatan ini untuk melihat keindahan bawah laut? Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya akhir pekan ini.

BACA juga: Jenuh di Rumah? Deretan Pantai Eksotis Sabang Bisa Jadi Pilihan Liburan

Exit mobile version