7 Rekomendasi Penginapan di Raja Ampat yang Eksotis

Pemandangan eksotis di Raja Ampat, bak surga alam yang tak akan pernah didapatkan di wisata perairan mana pun. Jika berkesempatan pergi ke Raja Ampat yang terletak di Papua Barat, pastikan kamu memilih penginapan di Raja Ampat yang memiliki panorama memukau.

Raja Ampat berlokasi di barat bagian Semenanjung Kepala Burung (Vogelkop) Pulau Papua. Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 11 distrik mencakup 85 kampung di area daratan seluas 6.084,5 km persegi.

Pemandangan eksotis di Raja Ampat, Indonesia adalah surga bagi pencinta alam dan penyelam. Di Raja Ampat, kamu akan menemukan kepulauan karang, pantai berpasir putih, hutan tropis yang hijau, laguna biru, terumbu karang langka, hingga pesona bawah laut.

Raja Ampat adalah rumah bagi berbagai spesies laut, termasuk hiu, penyu, dan ikan karang yang langka. Kamu dapat melihatnya saat menyelam atau mengikuti tur perahu. Kekayaan alam di Raja Ampat juga menghadapi tantangan yakni terumbu karang yang terancam oleh perubahan iklim.

Untuk menikmati berbagai keindahan dan kekayaan alam dengan khidmat, tempat penginapan di Raja Ampat yang strategis merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dengan matang.

7 Rekomendasi Penginapan di Raja Ampat yang Eksotis

Penginapan di Raja Ampat yang Eksotis
Foto hanya ilustrasi

Jangan khawatir, Raja Ampat banyak menawarkan penginapan dengan pemandangan eksotis yang luar biasa. Pulau-pulau di Raja Ampat menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang menghadap ke laut dan terumbu karang yang spektakuler.

Beberapa di antaranya adalah resor mewah sementara yang lain adalah homestay atau penginapan budaya yang lebih sederhana. Berikut 7 rekomendasi yang dapat dijadikan referensi sebelum berlibur.

1. Meridian Adventure Marina Club and Resort

Sebuah kompleks resor mewah yang terletak di Pulau Batanta, Raja Ampat. Resort ini menawarkan akomodasi yang eksklusif dengan pemandangan spektakuler ke laut biru dan keragaman terumbu karang. Harga penginapan di resort ini yakni mulai dari Rp2 juta per malam.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Meridian Adventure Marina Club and Resort mencakup vila-vila mewah dengan teras pribadi, kolam renang, restoran, bar, dan berbagai kegiatan rekreasi air, seperti snorkeling dan penyelaman. Resor ini juga terkenal sebagai titik awal bagi banyak petualangan dan eksplorasi di Raja Ampat.

Baca juga: 4 Pulau Tersembunyi di Raja Ampat: Menemukan Tempat yang Jarang Dikunjungi

2. Waiwo Dive Resort

Waiwo Dive Resort adalah salah satu penginapan yang populer di Raja Ampat. Resor ini terletak di Pulau Waigeo, salah satu pulau utama di Raja Ampat, dan menawarkan akses mudah ke keindahan bawah laut yang luar biasa di sekitarnya.

Resor ini menawarkan berbagai jenis akomodasi, termasuk bungalow tepi pantai dengan pemandangan ke laut. Bungalow-bungalow ini dilengkapi dengan fasilitas modern dan teras pribadi untuk menikmati pemandangan alam. Adapun, harga penginapan di kisaran Rp1,8 juta per malam.

Waiwo Dive Resort adalah tempat yang baik untuk penyelam yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut Raja Ampat. Fasilitas penyelaman yang disediakan pun sangat lengkap sekaligus juga ada tur penyelaman.

3. Hamueco Raja Ampat Dive Resort

Resor yang terletak di Waisai ini dibanderol harga mulai dari Rp899.000 per malam. Namun, harga  umumnya dapat berbeda seiring dengan fasilitas dan pergantian musim. Fasilitas yang ditawarkan mencakup pemandangan laut yang memukau hingga restoran dengan kuliner yang menarik.

Tak hanya itu, Resort ini dikelilingi oleh terumbu karang yang subur dan beragam, menjadikannya tempat ideal untuk snorkeling dan menyelam. Penginapan di Raja Ampat ini dekat dengan aktivitas bawah laut sehingga kamu dapat dengan mudah mencoba snorkeling, penyelaman, dan lainnya.

4. Raja Ampat Dive Lodge

Tempat penginapan ini terletak di Pulau Mansuar, yang merupakan salah satu pulau di Raja Ampat. Pulau ini adalah tempat yang luar biasa untuk para penyelam dan pencinta alam.

Lodge ini menawarkan berbagai tipe akomodasi, termasuk bungalow-bungalow dengan pemandangan pantai atau laut. Mereka dirancang untuk menciptakan pengalaman alam yang autentik dengan tetap memberikan kenyamanan yang diperlukan.

Resor ini memiliki dermaga dengan hamparan terumbu karang memukau. Adapun, harga penginapan di Raja Ampat Dive Lodge berkisar mulai dari Rp3 juta per malam.

5. D Coral Paradise Resort

Dengan tarif mulai dari Rp1,6 juta per malam, kamu bisa menikmati pengalaman menginap di Raja Ampat dengan pemandangan eksotis. Resort ini terkenal karena kental akan nuansa kearifan lokal, salah satunya dicirikan melalui bentuk atap yang rumah adat Papua.

Jika menginap di resor ini, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan lautan di depan kamar. Fasilitas resor ini pun terbilang mewah sekaligus tetap menjunjung tinggi budaya khasnya. Di sisi lain, terdapat fasilitas bermain air untuk anak hingga kuliner menarik di sekitarnya.

6. Kri Eco Resort

Tempat penginapan ini terletak di salah satu lokasi paling indah di Raja Ampat, yang terkenal dengan terumbu karangnya yang luar biasa dan keanekaragaman hayati lautnya yang kaya. Penginapan ini unik karena arsitekturnya menggunakan material lokal dari alam dan hutan sekitar.

Kri Eco Resort menawarkan akomodasi yang sederhana dan nyaman dalam bentuk bungalow yang tersebar di sepanjang pantai. Pulau Kri adalah rumah bagi beberapa situs penyelaman terbaik di Raja Ampat. Harga penginapan ini di kisaran mulai dari Rp3 juta per malam.

Foto hanya ilustrasi.

7. Papua Paradise Eco Resort

Lokasinya sangat dekat dengan bibir pantai yang berada di daerah Birie, pulau tak berpenghuni di Raja Ampat. Kamar yang disewakan memiliki pemandangan yang memukai karena langsung menghadap ke laut. Selain itu, ada berbagai jebis burung yang tinggal di pepohonan hijau disekeliling resor.

Tak hanya itu, tersimpan pula terumbu karang yang cantik untuk temani aktivitas diving pengunjung. Arsitektur bangunan tetap mengusung tradsional meskipun di dalam ruangan cukup modern dan nyaman. Adapun terdapat 16 bungalow yang disewakan dengan harga Rp4,5 juta per malam.

Baca juga: Ketika Pemandangan Alam dan Pelestarian Menjadi Satu dalam 6 Kawasan Konservasi Indonesia

Nah, beberapa rekomendasi di atas dapat menjadi pertimbangan kamu untuk membuat rencana liburan ke Raja Ampat yang seru bersama kerabat terdekat. Jangan lupa cek kembali harga-harga sewa hotel di situs tepercaya.

Exit mobile version