Pulihkan Ekonomi, Pertamina Dampingi 22.000 Srikandi UMKM

Muria Batik Kudus/ Pertamina

PT Pertamina (Persero) mendampingi 22.000 perembuan pengusaha UMKM agar busa mengembakan usahanya serta mencapai kinerja terbaik. Hal ini dilakukan juga dalam rangka pemulihan nasional akibat pandemi Covid-19.

Dari data yang ada di 2020, mitra binaan UMKM Pertamina yang telah berjalan dari 1993 silam, jumlahnya mencapai sebanyak 65.000. Dari angka itu, 33.8 persen pemilik usahanya adalah perempuan.

“Perempuan pengusaha mitra binaan Pertamina ini telah menopang ekonomi keluarga dan turut menggerakkan roda perekonomian nasional yang akan berperan dalam pemulihan ekonomi,” jelas Agus Suprijanto, Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina.

BACA JUGA : Rejeki di Bulan Penuh Berkah! Ikuti Lomba Penulisan Blog JNE 2021!

rtamin

UKM Jenk'Ranaa
Bumbu Instan Jenk’Ranna/ Pertamina

Lebih lanjut Agus menambahkan, dari jumlah tersebut sebanyak 4.126 diantaranya bergabung dalam Rumah BUMN (RB) Pertamina yang tersebar di 30 titik yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui beberapa program UMK naik kelas yang dirancang oleh perusahan energi milik bangsa tersebut, perempuan pengusaha UMKM mitra binaan itu telah mendapatkan ragam pelatihan, pendampingan, sampai dengan sertifikasi usaha.

Dampaknya pun cukup jelas terlihat lantaran pada 2020 saja, terdapat sekitar 672 binaan perempuan yang berhasil mengembangkan pasar baik di dalam maupun luar negeri.

“Pencapaian yang luar biasa ini tidak terlepas dari komitmen mereka dalam berkontribusi untuk lingkungannya. Berupa penyediaan lapangan kerja untuk para rumah tangga dan para wanita dari golongan lemah lainnya,” tutur Agus.

Muria Batik Kudus/ Pertamina

Agus memaparkan bila hal tersebut senada dengan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-8, yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA : Langkah Pertamina Dongkrak Kemajuan UMK di Era Pandemi Covid-19.

Selain itu juga mendukung ESG (Environmental, Social & Governance) dibidang sosial. Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Ilustrasi Program Kemitraan Pertamina/ dok. Pertamina

“Pertamina memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas segala upaya para srikandi UMKM ini,” katanya.

Exit mobile version