Pilihan Aplikasi Kasir Digital bagi UMKM

Kasir Digital

 

Bagi UMKM yang melakukan proses jual-beli atau transaksi melalui media digital alias online, tentu membutuhkan pencatatan transaksi sebagai data atau arsip. Untuk itu, agar memudahkan dibutuhkan bantuan atau peran sistem mesin kasir.

Namun, bila melihat perangkat kasir yang ditawarkan, secara harga memang tidak murah. Banderolnya mencapai jutaan yang membuat pelaku UMKM kemungkinan mikir hingga dua kali untuk membelinya.

Bila hal itu memang menjadi kendala bagi UMKM, sebenarnya ada solusi mudah untuk mengatasinya, yakni dengan mencari aplikasi kasir yang bisa dioperasikan secara gratis, baik di platform iPhone atau Android. Pilihannya juga beragam dan mudah untuk di-download pada smarthone.

BACA JUGA : MotGP Mandalika Berlangsung Maret 2022, Pertamina Mulai Buka Pesanan Tiket

Apa saja aplikasi tersebut, berikut pilihan-pilihannya ?

– Tiny POS

Aplikasi ini bisa didapat secara gratis, khususnya bagi yang menggunakan iPhone atau Ipad via App Store. Dalam sajian fiturnya, Tiny POS menawarkan sistem pencatatan informasi penjualan yang bisa dikoneksikan ke printer.

Dengan demikian, penjualan bisa mencetak struk atau bukti kerta sehingga memudahkan dalam hal pembukuan keuangan hingga arsip sebagai informasi ke depannya.

– Qasir

Dikembangkan PT Solusi Teknologi Niaga, Qasir hadir sebagai aplikasi kasir digital yang bisa diunduh secara gratis oleh pengguna Android. Sama dengan aplikasi sebelumnya, Qasir juga memiliki fitur pencetak struk, bahkan tanpa ada batasan cabang, pembayaran virtual, laporan hutang atau kasbon, hingga laporan penjualan 30 tahun terakhir.

Tentu hal ini akan sangat memudahkan UMKM, apalagi bila memilih mengoprasikan Qasir dengan sistem berbayar yang menawarkan fitur lebih lengkap dan bertam, seperti laporan yang lebih mendetail, absensi karyawan, dan terkonsek dengan layanan pesana antar-makanan Grabfood.

– Loyverse POS

Untuk aplikasi yang ini bisa dinikmati pelaku UMKM baik via Play Store atau App Store. Fiturnya juga sama, ceta struk, menyingkat daftar item, bahkan bisa beropasari secara offline. Selain kasir online, aplikasi ini juga memiliki fitur dasar berupa manajemen invetaris.

BACA JUGA : Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Booster

– Kasir Toko Pertable

Aplikasi satu ini juga bisa dimanfaatkan pelaku UMKM, khususnya pengguna ponsel android. Fitur-fitur yang ditawarkan tak kalah menarik, bahkan bisa melakukan transaksi nontunai atau tunai, catatan keuangan harian, bulanan, tahunan, sampai impor dan ekspor data produk yang dipasarkan.

– Kasir dan Wirausaha – Majoo

UMKM pengguna andorid juga bisa melirik aplikasi yang dikambkan PT Majoo Teknologi Indonesia. Secara fitur yang disajikan masih sama, yakni kasir online, inventori, akutnasi, analisa bisnis, aplikasi untuk karyawan, sampai fitur loyalti bagi konsumennya.

 

 

Exit mobile version