10 Pohon Natal Tertinggi dan Terbesar di Dunia

Pohon Natal adalah hiasan wajib yang dipajang setahun sekali oleh penganut Kristiani di seluruh dunia. Di Indonesia, umumnya pohon tersebut bukan asli dan diletakkan di dalam ruangan. Belakangan masyarakat menunjukkan banyak kreativitas dalam pembuatannya, misalnya dari cokelat, kemasan minuman, hasil kebun, dan sebagainya.

Di negara-negara subtropis, pohon asli lebih banyak digunakan karena pohon cemara mudah didapatkan. Karena ukurannya besar, banyak yang ditempatkan di halaman rumah. Pendirian pohon di luar ruangan memang lebih leluasa sehingga banyak yang menjadi atraksi wisata saking besarnya.

Daftar 10 Pohon Natal Tertinggi dan Terbesar di Dunia

Pohon Natal tertinggi dan terbesar di dunia tersebar dari Eropa, Amerika, Australia, bahkan Asia Selatan yang pendudukanya bukan mayoritas Kristen. Berikut adalah pohon-pohon tersebut yang dikutip dari berbagai sumber.

10 Pohon Natal Tertinggi dan Terbesar di Dunia

1. Seattle, Amerika Serikat

Seattle secara tradisi bukan daerah yang terkenal dengan peringatan Natal-nya. Namun pada tahun 1950, ada pohon setinggi 221 kaki atau 67.23 meter yang didirikan untuk menghiasi suasana Natal di Northgate Shopping Center.

Meski ini bukan kegiatan rutin dan hanya tercatat sekali, tetapi hingga sekarang masih bertengger di Guiness World Records sebagai pohon Natal tertinggi.

2. Rio De Janeiro, Brazil

Tak seperti di Eropa, umumnya Natal di Rio jatuh pada musim semi. Namun itu tak mengurangi antusiasme masyarakat untuk memperingati Natal.

Pohon untuk memeriahkan Natal didirikan di daerah wisata Ipanema yang terkenal. Tingginya bervariasi dari tahun ke tahun, tetapi pernah mencapai 278 kaki atau sekitar 84,73 meter. Letak pohon ini cukup aneh, yaitu terapung di kolam pasang surut kota. Pohon yang digunakan bukan cemara asli, melainkan berbagai terdiri dari berbagai hiasan, terutama lampu-lampu.

3. Kolombo, Sri Lanka

Keberadaan pohon setinggi 237 kaki atau 72,24 meter untuk memperingati Natal di Kolombo ini memang cukup aneh.

Sri Lanka adalah negara kecil di sebuah pulau di Asia Selatan yang mayoritas penduduknya beragama Budha dan Islam. Sri Lanka juga bukan negara kaya yang akan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak fungsional. Pohon di Kolombo ini bukan pohon asli sehingga pohon tersebut pernah meraih predikat sebagai pohon Natal palsu tertinggi di dunia.

4. Gubbio, Italia

Pohon untuk hiasan Natal di Gubbio ini mungkin bukan yang tertinggi tetapi pernah memecahkan rekor sebagai yang terbesar di dunia.

Dengan lebar 450 meter dan panjang 750 meter di lereng Gunung Ingino, lebar pohon ini setara dengan 30 lapangan sepakbola. Hiasan bintang pada pohon ini terletak di Basilika Patron Saint Ubaldo.

Pohon untuk hiasan Natal di Gubbio ini sudah ada sejak tahun 1981, dan sejak tahun 1991 berusaha bersaing untuk memecahkan rekor pohon terbesar.

5. London, Inggris

Sebenarnya pohon untuk memeriahkan Natal di London ini bukan berasal dari Inggris melainkan hadiah dari Norwegia yang secara rutin dilakukan setiap memperingati Natal sejak tahun 1947. Pemerintah Norwegia selalu memilihkan pohon terbesar sebagai tanda terima kasih atas bantuan Inggris selama Perang Dunia II.

Pohon Natal tersebut secara konsisten diletakkan di Trafalgar Square dengan hiasan-hiasan konvensional.

6. New York, Amerika Serikat

Pohon dengan hiasan Natal yang spektakuler di Rockefeller Center telah terkenal ke seluruh dunia dan menghiasi film-film Natal dan keluarga yang diproduksi Hollywood. Salah satunya film Home Alone 2.

Setidaknya 125 juta orang mengunjungi lokasi ini setiap tahunnya, terutama mendekati perayaan Hari Natal. Pohon cemara yang digunakan di sini asli dan secara rutin didatangkan dari Norwegia dengan tinggi 69 – 100 kaki atau 21,03 – 30,48 meter.

7. Dortmund, Jerman

Dortmund memang tidak seterkenal kota-kota besar lainnya di Jerman, seperti Berlin dan Munich. Namun untuk urusan Natal, Dortmund memiliki Pasar der Kӧnig yang terkenal dengan pohon yang menjulang setinggi 145 kaki atau 44,196 meter untuk memeriahkan Natal.

Pohon ini terlihat spektakuler dan terkenal karena merupakan pohon asli yang ditebang khusus untuk peringatan Natal. Umumnya pohon cemara asli lebih menarik perhatian meski tidak setinggi pohon hiasan.

8. Phoenix, Amerika Serikat

Meskipun Natal sering kali diidentikkan dengan pemandangan salju yang putih, kondisi di Phoenix yang didominasi oleh gurun tak mengurangi semangat warganya untuk merayakan.

Di tengah situasi unik ini, mereka berhasil mendirikan pohon  yang megah dan tinggi, mencapai ketinggian 110 kaki atau sekitar 33,53 meter. Pohon yang ditebang dan didirikan setiap tahun di Phoenix ini bukan hanya sekadar dekorasi, tetapi juga sebuah pernyataan tentang bagaimana pohon Natal tunggal terbesar seharusnya terlihat.

Ini menunjukkan bahwa semangat Natal dapat berkembang dan dirayakan dalam berbagai cara, bahkan di tempat yang tak lazim sekalipun.

9. Praha, Ceko

Natal di Eropa adalah yang terbaik karena didukung oleh suasana musim dingin yang bersalju. Namun jika tidak ingin berada di kota-kota yang terlalu padat seperti London, Praha bisa menjadi pilihan.

Dengan tinggi 72 kaki atau 21,95 meter, pohon di Praha ini memang kecil jika dibandingkan dengan pohon-pohon lain di atas. Namun dengan latar belakang Kota Praha yang sarat bangunan tua khas Eropa yang eksotik, pohon tersebut dapat menyatu dengan indah.

10. Sidney, Australia

Natal di Sidney juga jatuh pada musim semi. Sidney dengan Bondi Beach yang terkenal merupakan salah satu destinasi wisata Natal favorit di Australia.

Pohon Natal tertinggi di Australia ada di kawasan Newtown setinggi 69 kaki atau 21,04 meter. Pohon di Sidney ini dihiasi dengan pernak-pernik khas Australia, seperti gantungan kangguru, sehingga berbeda dengan dekorasi pada umumnya di dunia.

Baca juga: 9 Tradisi Natal dari Seluruh Penjuru Dunia yang Unik dan Masih Dilakukan Hingga Kini

Itulah daftar 10 pohon Natal tertinggi dan terbesar di dunia. Pohon cemara atau pohon yang menyerupai cemara dengan hiasan-hiasan yang meriah merupakan penggugah semangat Natal yang luar biasa. Semua orang yang melihatnya akan tersenyum dan berbahagia.

Exit mobile version