Potret JNE Talaud di Perbatasan Indonesia-Filipina

Potret JNE Talaud di Perbatasan Indonesia-Filipina

JNEWS – Setelah berkiprah hampir 33 tahun, jaringan JNE telah merentang di seluruh penjuru Tanah Air, bahkan  mencapai pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain. Salah satunya adalah JNE Cabang Talaud, yang proses pengantaran paketnya hingga ke Pulau Mianggas yang berbatasan langsung dengan Filipina Selatan.

Kepulauan Talaud adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang beribu kota di Melonguane. Kabupaten ini terletak di ujung utara bagian Indonesia Timur, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Davao Barat dan Timur, Mindanao, Filipina Selatan.

Kabupaten Kepulauan Talaud yang pada akhir 2022 jumlah penduduknya mencapai 100.265 jiwa tersebut merupakan daerah bahari dengan potensi hasil lautnya yang melimpah, serta salah satu destinasi wisata yang punya pemandangan pantai yang mempesona.

Selain terdapat dua pulau besar, yaitu pulau Karakelang dan Pulau Salibabu, kepulauan yang terkenal dengan julukan Pulau Nusa Utara ini juga memiliki  pulau-pulau kecil lainnya, salah satunya Pulau Miangas.

Sebagai kepulauan terluar, yang butuh waktu 12 jam perjalanan dengan kapal laut dari Kota Manado, JNE punya kantor cabang di Kepulauan Talaud yang berada langsung di bawah operasional JNE Cabang Utama Manado.

Baca juga: JNE Angkat Kepala Cabang Baru di Labuan Bajo

Kantor JNE Cabang Talaud yang beralamat di Jl. Raya Pelabuhan, Kompleks Pelabuhan Speed Melonguane, Kepulauan Talaud tidak hanya melayani para pelanggan di Talaud, akan tetapi hingga ke pulau-pulau terluar yang lokasinya sangat jauh seperti ke Pulau Miangas.

Kepala Cabang JNE Talaud, Linda.

“JNE Miangas sudah ada semenjak JNE berdiri di Kepulauan Talaud, tepatnya di Kota Meloguane. Proses delivery ke daerah terjauh masih menggunakan tol laut dengan jadwal 2 minggu sekali,” ucap Kepala Cabang JNE Talaud, Linda, mengawali percakapan dengan JNEWS, Senin (18/9/2023).

Pulau Miangas merupakan pulau yang masuk dalam gugusan Nusantara, dan pulau terluar serta terjauh yang ada di Kepulauan Talaud, di mana letaknya berdekatan dengan Filipina. Mengingat letak geografisnya yang sangat jauh, dari segi infrastruktur pulau ini masih belum memadai.

Terkait potensi yang ada di Kepulauan Talaud yang akan terus dikembangkan ke depannya, menurut Linda yaitu dari sektor wisata, perikanan dan UMKM, meski produknya masih sebatas produk rumahan berupa ikan kering.

“Memang saat ini tingkat volume kiriman masih terfokus di Melonguane. Untuk proses pengiriman paket mengikuti jadwal kapal dari pelabuhan di Manado setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat dengan jam keberangkatan pukul 5 sore. Harapannya ke depan semoga sektor dari perikanan dan pariwisata akan terus berkembang di sini dan JNE Talaud ikut berkembang maju juga,” tandas Linda.

Baca juga: Panduan Liburan ke Pantai Sawarna: Aktivitas, Akomodasi, dan Kuliner Lokal

JNE Cabang Talaud sendiri sekarang sudah mempekerjakan 5 karyawan, dengan didukung oleh dua agen yaitu agen Lirung dan Kabaruan. Sedangkan area operasionalnya meliputi seluruh Kabupaten Kepulauan Talaud termasuk pulau-pulau yang ada di sekitarnya.

Exit mobile version